Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Samsung Akan Hadirkan Galaxy Z Fold 6 Versi Terjangkau

Galaxy Z Fold 6_1a
Galaxy Z Fold 6. (Sumber: Smartprix)

Unbox.id – Samsung dikabarkan akan meluncurkan dua Samsung Galaxy Z Fold 6 tahun ini. Model Galaxy Z Fold 6 akan dijual dengan harga lebih terjangkau. Persaingan pasar smartphone layar lipat inilah yang berujung pada peluncuran Z Fold 6 versi terjangkau. Saat ini Samsung mendominasi pasar ponsel layar lipat. Namun belakangan merek smartphone lain juga meluncurkan smartphone layar lipat dengan fitur dan harga yang lebih kompetitif. Laporan terbaru dari Display Supply Chain Consultants (DSCC) menunjukkan Samsung kemungkinan akan kehilangan singgasananya di segmen smartphone layar lipat tahun ini.

Huawei Diperkirakan Ungguli Samsung

Huawei Company_3c

Huawei Company. (Sumber: Cursin)

DSCC memperkirakan Huawei akan mengungguli Samsung Electronics pada kuartal pertama dan kedua tahun ini dengan model smartphone layar lipatnya. Dikutip dari Android Authority, persaingan ini menyebabkan pangsa pasar perusahaan turun dari 90% menjadi 60% selama dua tahun terakhir.

Oleh karena itu, Samsung harus mengambil strategi untuk meningkatkan penjualan smartphone layar lipatnya. Kini, pabrikan asal Korea tersebut punya strategi jelas untuk meredam persaingan yang semakin ketat di segmen smartphone lipat.

Laporan dari ETNews menyebutkan Samsung berencana merilis dua perangkat Galaxy Z Fold 6, satu dengan fitur input S Pen dan satu lagi tanpa dukungan stylus.

Bocoran ini menjelaskan hilangnya dukungan S Pen pada varian Samsung Galaxy Z Fold 6 versi terjangkau sebagai upaya untuk menurunkan harga Z Fold 6. Masih belum jelas apakah varian Z Fold 6 dengan dukungan stylus akan hadir.

Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S6 Lite Versi Terbaru

Sementara itu, Samsung dikabarkan sedang bersiap meluncurkan tablet barunya yang akan meluncur pada 2024. Menurut sejumlah pemberitaan, perusahaan asal Korea tersebut akan memperkenalkan Galaxy Tab S6 Lite.

Menurut bocoran terbaru Seperti dikutip GSM Arena, Samsung tidak akan melakukan pembaruan besar – besaran pada tablet ini dibandingkan pendahulunya. Diketahui tablet ini akan dibekali chipset Exynos 1280. Chipset ini menggantikan Snapdragon 732G/720G yang digunakan pada Galaxy Tab S6 Lite (2022).

Sedangkan untuk spesifikasi teknisnya, tidak ada perubahan signifikan. Galaxy Tab S6 Lite versi terbaru ini akan tetap memiliki layar LCD berukuran 10,4 inci dengan kamera utama 8MP dan kamera depan 5MP. Tablet ini juga akan mendukung S Pen.

Untuk menunjang kinerjanya, terdapat baterai berkapasitas 7.040 mAh. Dari segi memori, tablet ini hanya hadir dalam satu varian, yakni RAM 4GB/ROM 64GB. Laporan tersebut juga menyebutkan kemungkinan harga tablet Samsung tersebut.

Tablet ini dikatakan hanya memiliki dua pilihan konektivitas: LTE dan Wi-Fi. Sedangkan untuk tablet berkemampuan LTE, Galaxy Tab S6 Lite dibanderol 450 euro (Rp 7,6 juta). Sedangkan untuk varian Wi-Fi only, Samsung membanderolnya dengan harga 400 euro (Rp 6,7 juta).

Baca juga: Samsung Bawa Fitur Keamanan Knox Vault Untuk Galaxy A55 Dan A35 5G

Samsung Pernah Luncurkan Galaxy Tab S6 Lite 2022 di Indonesia

Galaxy Tab S6 Lite 2022_2b

Galaxy Tab S6 Lite 2022. (Sumber: Tech Spot)

Sekadar informasi, Samsung terakhir kali meluncurkan Galaxy Tab S6 Lite pada Juni 2022 silam. Menurut Annisa Maulina, Product Marketing Manager Mobile SEIN, tablet tersebut menawarkan performa lebih tangguh, layar lebar, dan dukungan S Pen.

“Inovasi ini kami hadirkan untuk Anda agar “pengguna semakin berdaya dalam menjamin produktivitas dan menikmati hiburan”, kata Annisa dalam keterangan resmi yang diterima Unbox.id.

Galaxy Tab S6 Lite 2022 dibekali Snapdragon 720G Menurut Samsung, chipset ini menghadirkan 1,5 kinerja CPU kali lebih tinggi dan kinerja GPU 1,5 kali lebih tinggi, 6 kali lipat dari Galaxy Tab S6 Lite 2020.

Oleh karena itu, kinerja tablet ini lebih cocok untuk berbagai kebutuhan konferensi, bekerja dari rumah, membuat catatan pada dokumen rapat atau kelas.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Bocoran informasi mengenai Samsung Galaxy C55 5G telah terungkap di laman Konsol Google Play. Kehadiran smartphone ini juga akan menjadi langkah langsung...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah Joe Biden akan memberikan subsidi hingga $6,4 miliar atau sekitar Rs 103,5 triliun kepada Samsung. Menurut...

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Software

Unbox.id – Belum lama ini, Samsung meluncurkan fitur andalan dari smartphone seri Galaxy S24 terbarunya yakni Galaxy AI ke beberapa smartphone lawas. Seri Galaxy...