Connect with us

Hi, what are you looking for?

Oppo

Review OPPO Color OS 14: Diperbarui Dengan Desain, Fitur, dan AI

Color OS
Review OPPO Color OS 14 | foto: Gizchina

Jakarta, Unbox.id Color OS memiliki reputasi yang baik karena tampilannya yang sederhana dan tajam. Ia memiliki beberapa fitur baru yang dapat Anda manfaatkan, seperti Desain Aquamorphic, lebih banyak fitur cerdas AI, dan perlindungan privasi. 

Sekarang fitur-fitur ini tampil berbeda dari sekian banyak ponsel OPPO dan Flip. Fitur-fitur tersebut memiliki sesuatu yang unik ketimbang yang lain. Misalnya, Anda dapat mengetuk dua kali untuk mengaktifkannya, sehingga akan muncul waktu dan beberapa widget aplikasi.

Anda dapat mengatur aplikasi apa saja yang muncul di layar kunci. Di layar tersebut, Anda dapat menggunakan paket aplikasi Google, serta beberapa aplikasi yang menampilkan berita, seperti X atau platform lainnya.

Fitur Spesial yang Terdapat di Color OS 14

Ketimbang sistem operasi ColorOS 13, Color OS 14 mengoptimalkan Desain Aquamorphic dengan efek suara baru, sistem warna, interaksi, dan sebagainya. Untuk efek suara baru, ada segmen yang memungkinkan Anda memilih semuanya. 

Color OS

Review OPPO ColorOS 14 | foto: newupdate.tech

Tema yang ada juga sangat bersih dan memiliki suara layar belakang yang enak. Anda juga dapat menyesuaikan sistem warnanya. Di mana rata-rata orang tidak memiliki pemahaman yang baik tentang kombinasi warna. Namun, setiap orang memiliki sudut pandang tertentu.

Baca juga: Generator Gambar ‘Cocreator’ OpenAI dari Microsoft Paint Telah Hadir

Di Color OS 14, mereka meletakkan update di mana-mana, seperti di aplikasi perekaman. Anda dapat menjalankannya di latar belakang sambil membuat atau menulis beberapa catatan. Ini akan sangat berguna, terutama untuk pekerjaan-pekerjaan penting.

Dukungan Fitur AI

Saya rasa kita semua percaya bahwa AI dapat memberdayakan manusia dan juga merevolusi cara kita berinteraksi dengan segala hal. Kini di Color OS 14, File Dock baru di Smart Sidebar memungkinkan Anda berbagi konten di seluruh aplikasi dengan lebih mudah.

Baca juga: Aplikasi Catatan Pintar XNote Berhasil Kumpulkan Dana 200 ribu Dolar di Kickstarter

Anda dapat mengakses konten melalui layar terpisah, jendela mengambang, atau Dock itu sendiri. Anda dapat menyimpan konten secara otomatis di File Dock dan menghubungkannya di banyak perangkat, baik smartphone maupun tablet untuk produktivitas.

Review OPPO ColorOS 14 | foto: newupdate.tech

Pada dasarnya, Anda dapat secara manual memilih konten seperti gambar teks, dan video dari sistem dan aplikasi pihak ketiga, lalu mengumpulkannya di File Dock, atau bahkan menggabungkannya ke dalam satu catatan hanya dengan memilih dan menyeretnya. 

Optimasi Dan Perlindungan Privasi Color OS 14

Jika Anda adalah pengguna Android lama, Anda pasti tahu bahwa ada kalanya ponsel orang mudah diretas. Atau ada beberapa aplikasi acak yang terinstal tanpa izin Anda, hal ini membuat ponsel hampir tidak dapat berfungsi normal setelah waktu tertentu. 

Kini di ColorOS 14, Trinity Engine dapat melakukan Vitalisasi untuk ROM, RAM, dan CPU. ColorOS juga telah diakui oleh organisasi pihak ketiga resmi seperti ISO, ePrivacy, TrustArc dan lainnya untuk meningkatkan perlindungan privasi.

Semua fitur ini ada di dalamnya, sehingga Anda tidak akan merasakan keberadaannya setiap menit. Namun jika Anda merasa ponsel beroperasi dengan lancar setiap hari, Rom tidak terisi dengan cepat, atau muncul peringatan untuk menyembunyikan beberapa informasi pribadi.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – MWC 2024 memperkenalkan sederet smartphone lipat dengan harga terjangkau, bahkan salah satunya bisa dibeli di situs e-commerce Tanah Air. Smartphone lipat merupakan...

Software

Jakarta, Unbox.id — MediaTek kini berhasil menyaingi dominasi SoC Snapdragon dari Qualcomm dengan seri Dimensity 9000 miliknya. Hal ini terbukti dari skor milik Oppo...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Adobe kembali meluncurkan alat unik yang mereka sebut sebagai Project Music GenAI Control. Sebuah alat yang mampu mengubah teks menjadi musik...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id — Xiaomi telah resmi meluncurkan produk ponsel pintar andalan terbarunya dari tipe ultra. Ia adalah Xiaomi 14 Ultra di Cina yang meluncur...