Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Penjualan Smartphone Android Diprediksi Lampaui iPhone pada 2024

Smartphone Android_1a
Smartphone Android. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi IDC yang dikutip GizChina, penjualan ponsel Android akan mengalami pertumbuhan yang signifikan pada tahun 2024. Potensi pertumbuhan ini disebabkan oleh fakta bahwa setelah periode penurunan penjualan, ponsel Android memiliki lebih banyak ruang untuk memulihkan pangsa pasarnya yang sebelumnya lesu. Pertumbuhan pasar saat ini tidak hanya ditandai dengan peningkatan pengiriman tetapi juga peningkatan nilai dan harga jual rata-rata (ASP).

Peningkatan Secara Global

Smartphone Android_2b

Smartphone Android. (Sumber: Tech.net)

Secara keseluruhan, pengiriman ponsel pintar global pada Q1 2024 mengalami peningkatan sebesar 7,8% dibandingkan tahun lalu. Peningkatannya mencapai sekitar 289 juta unit. Sementara itu, penjualan ponsel pintar Apple turun 10% pada kuartal terakhir, menurut IDC. Penurunan ini sebagian besar disebabkan oleh penurunan penjualan yang signifikan di Tiongkok.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan penjualan iPhone di China. Mulai dari tingginya kesadaran nasional di kalangan masyarakat, kendala perekonomian dan semakin ketatnya persaingan dengan produk dalam negeri.

Penurunan penjualan juga mungkin disebabkan oleh para pengguna setia iPhone yang sebelumnya semakin tertarik dengan produk smartphone Android dalam negeri. Penurunan signifikan pangsa pasar Apple di Tiongkok mencerminkan semakin besarnya pengaruh merek dalam negeri seperti Huawei, Xiaomi, dan Oppo.

Sentimen nasionalis, ditambah dengan keinginan untuk mendukung bisnis lokal, telah mempengaruhi keputusan pembelian ponsel konsumen Tiongkok. Tren ini juga didukung oleh ketegangan geopolitik yang sedang berlangsung antara Amerika Serikat dan Tiongkok, yang selanjutnya dapat berdampak pada dinamika pasar global.

Penjualan iPhone Lesu, Samsung Makin Melejit

Di sisi lain, penjualan ponsel Samsung kian kokoh, bahkan melampaui posisi nomor satu Apple sebelumnya. “Sangat berarti bagi Samsung untuk kembali ke posisi kepemimpinan,” kata Popal sambil menekankan keunggulan strategis perusahaan.

Menurutnya, integrasi fitur berbasis AI di lini smartphone Galaxy menjadi salah satu faktor yang mendorong Samsung untuk kembali ke posisi terdepan. membantu Samsung mencapai puncak. Lebih lanjut, Nabila Popal menuturkan, salah satu faktor penyebab menurunnya penjualan iPhone adalah belum terintegrasinya fitur AI.

“Kami memperkirakan pendekatan Apple di WWDC 2024 pada bulan Juni. Kami yakin jika mereka melakukan hal tersebut,” Pertumbuhan penjualan ponsel pintar tahun ini terutama akan datang dari ponsel kelas menengah dan andalan, sedangkan penjualan ponsel. Harga laptop dengan harga terjangkau justru mengalami penurunan.

Hal ini menunjukkan bahwa konsumen lebih mengutamakan fitur fungsional dibandingkan harga terjangkau.

Hal ini tidak hanya mencerminkan perubahan perilaku konsumen, khususnya pengguna yang memilih untuk membeli perangkat kelas atas yang mereka beli. ingin digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Baca juga: Inggris Mau Larang Penjualan Smartphone Ke Dibawah 16 Tahun

WWDC 2024 Jadi Pembuktian Apple untuk Dongkrak Penjualan iPhone

WWDC 2024_3c

WWDC 2024. (Sumber: ZDNET)

Meski terjadi penurunan penjualan iPhone, Nabila Popal dari IDC memperkirakan Apple akan pulih dari penurunan penjualan ini.

“Meskipun ini merupakan penurunan yang signifikan bagi Apple, penting untuk melihat kinerja mereka selama empat tahun terakhir,” Nabila Popal katanya.

Dia menambahkan: “Apple bisa dibilang merupakan merek yang paling tangguh, mampu mengatasi gangguan dan tantangan rantai pasokan secara ekonomi dengan lebih efisien dibandingkan produsen lain.”

Untuk mengatasi masalah ini, Apple diperkirakan akan memperkenalkan fitur AI di WWDC pada bulan Juni 2024. “Kami memperkirakan pendekatan Apple di WWDC 2024 pada bulan Juni. Kami yakin jika mereka menghadirkan produk yang disukai konsumen, mereka dapat mengatasi tantangan yang mereka hadapi saat ini,” kata Nabila.

Acara WWDC 2024 pada bulan Juni akan menjadi kesempatan bagi Apple untuk memperkenalkan fitur-fitur terbaru yang dapat menarik kembali perhatian pengguna.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google telah menemukan cara baru untuk meningkatkan keamanan perangkat Android. Perusahaan dikatakan telah menerapkan fitur anti maling ini pada perangkat Android melalui...

Tech Industry

Unbox.id – Apple baru-baru ini membuat marah banyak orang setelah merilis iklan kontroversial untuk iPad Pro OLED barunya. Iklan tersebut memperlihatkan mesin press hidrolik...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Setelah beberapa waktu meluncurkan fitur multi view di aplikasi YouTube TV, kini fitur tersebut akan segera hadir di perangkat Android. Dengan...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple diperkirakan akan meluncurkan jam tangan pintar barunya tahun ini. Ada rumor yang menyebutkan jam tangan ini akan diberi nama Apple Watch....