Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Penjualan Ponsel Samsung Tembus 3 Miliar Unit

Smartphone Samsung_1a
Smartphone Samsung. (Sumber: ZDNET)

Last updated on 20 Juni, 2024

Unbox.id – Samsung baru saja mencetak rekor luar biasa, ketika perusahaan asal Korea ini meraih penjualan besar-besaran, mengalahkan setiap merek smartphone yang ada di pasaran. Sebuah studi pasar baru-baru ini mengungkapkan bahwa selama dekade terakhir, Samsung telah menjual hampir 3 miliar ponsel.

Pencapaian tersebut menunjukkan bahwa Samsung merupakan raksasa smartphone yang akan kesulitan bersaing dengan merek lain bahkan dalam beberapa tahun ke depan.

Smartphone Samsung_2b

Smartphone Samsung. (Sumber: Techno Gadget)

Menurut data IDC yang dikutip Android Headlines, selama satu dekade terakhir, penjualan ponsel Samsung telah melampaui Apple sebesar 33%. Angka tersebut menunjukkan ponsel Samsung telah terjual sekitar 2,93 miliar unit di seluruh dunia.

Sementara itu, Apple mencatat penjualan ponsel mencapai 2,2 miliar USD pada periode yang sama. Sekadar informasi, IDC menggunakan pengiriman antara Q1 2014 dan Q1 2024 untuk penelitian ini. Tak hanya Samsung yang mengungguli Apple, penjualan smartphone-nya juga melampaui penjualan gabungan beberapa merek ponsel China seperti Xiaomi, Vivo, dan Huawei.

Meskipun merek ini telah tumbuh secara eksponensial selama dekade terakhir, merek ini masih perlu berbuat lebih banyak untuk melampaui Samsung dalam penjualan.

Baca juga: Hape Samsung Kamera Iphone

Ponsel Samsung tetap menjadi raja meski banyak kendala. Misalnya, penjualan ponsel pintar perusahaan ini mengalami penurunan setiap tahunnya selama beberapa tahun terakhir, hingga kehilangan 10% pangsa pasar globalnya selama dekade terakhir. Namun itu tidak cukup bagi Apple atau pesaing lainnya untuk menjadi nomor satu dalam penjualan selama 10 tahun terakhir.

Riset yang dilakukan IDC selama 10 tahun terakhir juga mencatat tahun penjualan terbaik dan terburuk Samsung. Pertama-tama, tahun tersukses perusahaan ini adalah tahun 2015, ketika Samsung meluncurkan Galaxy S6 dan Galaxy Note 5.

Galaxy S6 menjadi bintang saat itu berkat penggunaan bodi kaca dengan bingkai logam. Pada tahun itu, Samsung menjual 320,9 juta perangkat seluler, sementara Apple mencapai 231,5 juta.

2022 akan menjadi tahun terlemah perusahaan dalam hal penjualan ponsel. Samsung mencatatkan penjualan ponsel sebanyak 258,2 juta unit pada tahun ini, sedangkan Apple 225,3 juta unit.

Baca juga: Bocoran Samsung Galaxy M35, Apa Yang Menarik?

Samsung juga Kuasai Pasar Monitor OLED Dunia

Samsung OLED TV_2b

Samsung OLED TV. (Sumber: Trendtech.id)

Tidak hanya meraih kesuksesan besar di industri ponsel pintar, Samsung Electronics juga meraih posisi terdepan dalam penjualan layar OLED global, satu tahun setelah meluncurkan model OLED pertamanya: Odyssey OLED G8 34 inci (model G85SB). kepada International Data Corporation (IDC), Samsung Electronics memegang posisi teratas di pasar layar OLED global dengan meraih 34,7% pangsa pasar berdasarkan total pendapatan.

Samsung juga memegang posisi pangsa pasar berdasarkan penjualan, dengan 28,3% dari OLED layar terjual pada tahun 2023.

“Pasar layar OLED sangat kompetitif, sehingga untuk mencapai posisi pertama, diperlukan inovasi dan kualitas produk terbaik,” kata Hoon Chung, wakil presiden eksekutif layar di bisnis Samsung Electronics, seperti dikutip.

“Pencapaian ini menunjukkan komitmen kami bahwa perusahaan “adalah yang terbaik dan memahami kebutuhan konsumen, yang merupakan kunci dalam memproduksi layar OLED untuk para gamer di seluruh dunia yang mencari performa tinggi,” lanjutnya.

Samsung juga mempertahankan keunggulannya posisi di pasar monitor gaming global selama lima tahun berturut-turut, dengan pangsa pasar sebesar 20,8% dari total pendapatan.

Sejak memasuki pasar OLED, Samsung terus berinovasi dan mendapat pujian atas produk-produknya. layar baru, termasuk Odyssey OLED G9 (model G95SC), telah menerima pujian dari para ahli dan kritikus di seluruh dunia.

Pada gelaran CES 2024, Samsung mengumumkan ekspansi lini produk OLED-nya dengan meluncurkan tiga produk baru:

  • Odyssey OLED G8 (model G80SD) berlayar 32 inci dengan resolusi 4K UHD, rasio aspek 16:9, refresh rate 240Hz dan response time 0,03ms (GtG).
  • Odyssey OLED G6 (model G60SD) berlayar 27inci dengan resolusi QHD, rasio aspek 16:9, refresh rate 360Hz, dan respons time 0,03ms (GtG).
  • Pembaruan Odyssey OLED G9 (model G95SD), berlayar 49inci resolusi dual QHD dalam rasio aspek 32:9, refresh rate 240Hz, dan response time 0,03ms (GtG) dan fitur-fitur baru.

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Samsung meluncurkan Galaxy Tonton FE. Ini adalah versi Galaxy Watch yang lebih terjangkau. Jam tangan pintar ini dirancang untuk mendukung gaya hidup...

Tech Industry

Unbox.id – Galaxy Z Fold 6 diperkirakan akan diluncurkan dalam beberapa minggu. Meski spesifikasinya masih belum jelas, namun beberapa rumor dan bocoran terkait smartphone...

Tech News

Unbox.id – Rumornya, Galaxy S25 akan hadir dengan dua prosesor berbeda. Saat ini bocoran informasi terbaru menyebutkan ponsel ini hanya hadir dengan prosesor Snapdragon...

Tech Industry

Unbox.id – Kita tahu bahwa Samsung mengadakan acara Galaxy Unpacked keduanya tahun ini. Jelang acara tersebut, bocoran informasi mengenai acara tersebut mulai mengemuka. Salah...