Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Penjelasan Lengkap tentang Cara Kerja Pengisian Daya Nirkabel yang Perlu Anda Ketahui

Pengisian daya Nirkabel
ilustrasi | foto: PhoneArena

Jakarta, Unbox.id – Pengisian daya nirkabel itu ajaib. Ini adalah bukti kemajuan teknologi. Itu murni fiksi ilmiah! Oke, mari kita hentikan dramanya sedikit. Anda sampai di rumah, melakukan dekompresi, dan meletakkan ponsel cerdas Anda di atas bantalan pengisi daya. 

Apa yang sebenarnya terjadi? Bagaimana semua energi ini berpindah dari pengisi daya ke telepon melalui udara, tanpa melibatkan kabel? Kini, redaksi Unbox telah merangkum penjelasannya di bawah ini. Simak informasi di bawah ini selengkapnya. 

Induksi Elektromagnetik pada Pengisian Daya Nirkabel

Michal Faraday adalah seorang pria yang pertama kali menemukan induksi elektromagnetik pada hampir 2 abad yang lalu tepatnya di tahun 1831. Ia menemukan bahwa mengalirkan tegangan melalui satu kabel membuat hal-hal aneh terjadi pada kabel lainnya.

Baca juga: Honor Earbuds X5 Siap Meluncur Secara Global, Simak Ulasannya

Interaksi antara kabel-kabel terjadi meskipun tidak terhubung ke kabel tersebut satu sama lain. Dari keanehan tersebut, terdapat kesimpulan bahwa muatan listrik yang bergerak menghasilkan medan magnet. Itulah prinsip dasar di balik ini. 

Ketika elektron bergerak melalui kawat tembaga, medan magnet muncul; begitulah cara kerja elektromagnet. Jika Anda meletakkan kumparan tembaga lain dekat dengan kumparan pertama, medan magnet tersebut akan tertangkap dan elektron akan mulai bergerak.

Baca juga: Oppo A79 5G Kini Hadir di Kanal Penjualan Offline

Perpindahan energi ini unik karena tidak memerlukan medium. Pengisian daya nirkabel untuk ponsel cerdas Anda akan berfungsi di ruang hampa. Itu karena medan elektromagnetik ada di mana-mana di sekitar kita, bahkan di ruang hampa udara.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Anda mungkin pernah menonton video di mana orang-orang membongkar pengisi daya ini atau bahkan melakukannya sendiri. Pengisi daya nirkabel ponsel cerdas terdiri dari kumparan tembaga kecil yang mentransfer energi ke sistem serupa di dalam ponsel Anda.

Kedua kumparan harus terletak sejajar dengan benar agar transfer energi dapat terjadi. Anda mungkin pernah mengalaminya sendiri saat mencoba menemukan olahraga yang tepat untuk ponsel Anda di pengisi daya. Pengisi daya nirkabel yang lebih canggih.

Mentransfer listrik melalui udara bukanlah hal yang main-main, dan harus ada standar yang memberi tahu perusahaan bagaimana melakukannya dengan aman. Juga memungkinkan pengisi daya nirkabel berfungsi secara universal (hampir) dengan semua gadget yang mendukung pengisian daya nirkabel.

Sumber: Gizmochina

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk melarang penjualan ponsel pintar kepada anak-anak di bawah 16 tahun. Hal ini dilakukan untuk memerangi kecanduan smartphone...

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Vivo akan mengumumkan ponsel pintar terbaru model T3x dengan konektivitas 5G. Ponsel 5G baru yang ramah anggaran, pada 17 April di...