Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Lipatan Layar Galaxy Z Flip 6 Bakal Lebih Kecil dari Z Flip 5

Galaxy Z Flip 6_1a
Galaxy Z Flip 6. (Sumber: Hardware Zone Forums)

Unbox.id – Samsung Galaxy Z Flip 6 dikabarkan akan meluncur pada Juli 2024 bersamaan dengan saudaranya Galaxy Z Fold 6. Nampaknya kedua smartphone lipat terbaru ini tidak akan terlalu banyak mengalami peningkatan besar namun akan memberikan dampak yang signifikan. Menurut laporan baru dari pabrik Samsung di Korea yang dikutip GSM Arena, Samsung Galazy Z Flip 6 akan menggunakan lapisan kaca ultra tipis (Ultra Thin Glass/UTG) yang lebih tebal dibandingkan pendahulunya. Panel kaca terakhir ini akan membuat lipatan yang tidak terlalu terlihat di bagian tengah layar. Ini merupakan peningkatan yang tentunya merupakan kabar baik karena banyak pesaing Z Flip 6 kini memiliki lipatan layar yang minimal, atau bahkan sama sekali tidak terlihat.

Tidak Ada Perubahan di Desain Engsel

Galaxy Z Flip 6_2b

Galaxy Z Flip 6. (Sumber: Reddit)

Menariknya, desain engsel Galaxy Z Flip 6 tidak mengalami perubahan meski menggunakan UTG lebih tebal, sehingga kerutan tetap terlihat di layar meski lebih kecil dari pendahulunya. Laporan tersebut juga mengatakan ketebalan UTG Flip6 akan menjadi sekitar 50 μm, dibandingkan dengan 30 μm pada Flip5.

Selain itu, lipatan Galaxy Z Flip 7 yang baru diluncurkan tahun depan dikatakan mendapat engsel baru yang akan memberikan lipatan lebih halus pada layar.

Sebelumnya dikabarkan Samsung Galaxy Z Flip 6 akan tersedia dalam varian warna Light Blue, Light Blue, Silver, dan Gold. Laporan terbaru Young menyebutkan varian biru muda akan diberi nama Mint, sedangkan varian perak akan diberi nama Silver Shadow.

Selain itu, pilihan warna Galaxy Z Flip 6 akan mencakup beberapa pilihan, seperti hitam, peach, dan putih. Namun, warna ikonik ungu/lavender yang menjadi ciri seri Z Flip sebelumnya tidak ada dalam daftar ini.

Pakai Prosesor Snapdragon 8 Gen 3

Sementara itu, ponsel layar lipat ini dikabarkan akan menggunakan chipset Qualcomm, bukan diproduksi oleh Samsung sendiri. Sebelumnya Samsung Galaxy Z Flip 6 dikabarkan akan dirilis dengan dua tipe prosesor berbeda. Di AS dan beberapa negara akan menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 3, sedangkan sisanya akan ditenagai chipset Exynos 2400.

Ada kabar, meski baru-baru ini News menyebutkan bahwa ponsel layar lipat Samsung ini akan menggunakan Prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, alih-alih menggunakan chipset Exynos.

Menurut laporan dari Tom’s Guide yang dikutip Phone Arena, Samsung kemungkinan tidak akan meluncurkan Galaxy Z Flip 6 dengan dua prosesor berbeda tersebut. Laporan tersebut juga memperkirakan bahwa pabrikan ponsel asal Korea tersebut akan menggunakan prosesor Qualcomm di semua negara, tidak hanya di Amerika Utara.

Berita ini populer di kalangan pengguna yang lebih menyukai ponsel Samsung yang dilengkapi dengan chipset Snapdragon yang ternama. Pasalnya, mereka menilai SoC tersebut lebih andal dalam hal performa komputasi dan gaming dibandingkan chipset Exynos.

Baca juga: Samsung Galaxy Watch 7 Muncul Ke Publik, Apa Yang Menarik?

Hadir dengan RAM 8GB dan 12GB

Samsung Galaxy Z Flip 6_3c

Samsung Galaxy Z Flip 6. (Sumber: Times Bull)

Baru-baru ini spesifikasi ponsel layar lipat Samsung Galaxy Z Flip 6 bocor di situs benchmark Geekbench.

Menurut Gizchina, Galaxy Z Flip 6 akan menggunakan chipset tercanggih Samsung Qualcomm, khususnya Snapdragon 8 Gen 3. dilengkapi dengan RAM 8 GB.

Di situs web ini juga ditemukan 17 pengujian Vulkan sintetis. Hasilnya, Galaxy Z Flip 6 menampilkan skor 15084 poin. Skor tersebut serupa dengan hasil pengujian yang dilakukan pada ponsel Galaxy S24 Ultra.

Samsung Galaxy Z Flip 6 akan memiliki dua konfigurasi memori: RAM 8 GB dan RAM 12 GB. Namun, tidak semua negara mendapatkan keuntungan dari versi dengan RAM 12 GB. Memori internal ponsel ini akan memiliki dua kapasitas: 256 GB dan 512 GB. Dengan kapasitas tersebut, Galaxy Z Flip 6 mampu menyediakan ruang yang cukup untuk aplikasi, game, dan file media.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Samsung diperkirakan akan meluncurkan Galaxy Tab S10 Ultra awal tahun ini. Rumor tersebut semakin diperkuat dengan munculnya gambar render Galaxy Tab S10...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Samsung meluncurkan Galaxy Tonton FE. Ini adalah versi Galaxy Watch yang lebih terjangkau. Jam tangan pintar ini dirancang untuk mendukung gaya hidup...

Tech Industry

Unbox.id – Galaxy Z Fold 6 diperkirakan akan diluncurkan dalam beberapa minggu. Meski spesifikasinya masih belum jelas, namun beberapa rumor dan bocoran terkait smartphone...

Software

Unbox.id – Samsung merilis kembali pembaruan One UI 6.1 untuk banyak ponsel lama. Baru-baru ini, perusahaan merilis pembaruan ini untuk ponsel Galaxy A25. Mengutip...