Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

iPhone 17 Pro Akan Jadi Gadget Apple Pertama Pakai Chipset 2nm

Chipset 2nm iPhone 17 Pro_1a
Chipset 2nm iPhone 17 Pro. (Sumber: Gadget Universe)

Unbox.id – Seri iPhone 16 memang belum diumumkan secara resmi oleh Apple, namun bocoran informasi mengenai seri iPhone 17 sudah mulai tersebar di Internet. Bocoran terbaru datang dari salah satu model iPhone 17 yaitu iPhone 17 Pro. Ponsel ini diklaim akan menjadi iPhone pertama di dunia yang memiliki chipset baru buatan TSMC. Gizchina mengabarkan iPhone 17 Pro akan dibekali chipset 2nm buatan TSMC. Hal ini didukung oleh laporan bahwa pembuat chip tersebut sudah mengerjakan chipset 2nm pada tahun 2022.

Produksi Chipset Kecil di Tahun Ini

Chipset 2nm iPhone 17 Pro_2b

Chipset 2nm iPhone 17 Pro. (Sumber: 91 Mobiles)

Diketahui, produksi skala kecil dari chipset 2nm ini diperkirakan akan dimulai pada tahun ini dan diperkirakan akan memasuki produksi massal pada awal tahun 2025. Timeline tersebut bertepatan dengan jadwal peluncuran iPhone 17, iPhone 17 Plus, iPhone 17 Pro, dan iPhone 17 Pro Max musim gugur mendatang.

Tentu saja rumor tersebut akan membuat pemberitaan terkait chipset 2nm andalan Apple semakin panas. Sebelumnya, Apple melakukan outsourcing seluruh chipset TSMC 2nm.

Hal ini pasti akan memberi perusahaan keunggulan dalam hal teknologi baru yang canggih dan Apple dapat dengan mudah membanggakan diri sebagai satu-satunya merek dengan chipset 2nm yang super efisien.

Selain iPhone 17 Pro, chip 2nm ini juga diperkirakan akan dipasang di beberapa produk Apple Silicon Mac mendatang. Terlepas dari rumor tersebut, Apple diperkirakan akan meluncurkan seri iPhone 16 dan iOS 18 akhir tahun ini, dengan fokus pada AI.

Penjualan iPhone Jeblok Gara-Gara Pengguna di Tiongkok Pindah ke Huawei

Dalam beberapa tahun terakhir, Apple mengalami penurunan penjualan iPhone di Tiongkok. Faktanya, pasar Tiongkok merupakan pasar yang sangat penting bagi pendapatan global Apple.

Namun, untuk sementara, posisi iPhone Apple yang dulunya merupakan merek ponsel pintar dominan di Tiongkok, terus mendapat tantangan dari persaingan dari perusahaan lokal. perusahaan. merek, khususnya Huawei.

Menurut Gizchina, hal ini terjadi karena konsumen Tiongkok kini semakin memilih produk dalam negeri dibandingkan iPhone, dalam konteks geopolitik antara Tiongkok dan negara-negara Barat.

Data UBS menunjukkan penjualan iPhone pada Februari mengalami penurunan sebesar 4% year-on-year (yoy). Apple dikatakan telah mengirimkan total 17,4 juta iPhone ke seluruh dunia. Jumlah ini turun dibandingkan 18,1 juta unit pada Februari 2023. UBS juga mengungkapkan bahwa penurunan penjualan terbesar terjadi di Tiongkok, India, dan Amerika Serikat.

Sebelumnya, analisis analis Counterpoint menyoroti perubahan nyata di pasar ponsel pintar Tiongkok. Apple melihat penjualan turun 24% dalam enam minggu pertama tahun 2024 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pada saat yang sama, penjualan merek lain seperti Huawei meningkat sebesar 64% berkat meningkatnya pangsa pasar merek ponsel pintar lokal seperti Huawei, Xiaomi, Vivo, dan Oppo yang menguasai sebagian besar pasar.

Baca juga: Apple Beri Akses Pengguna Hapus Aplikasi Bawaan Di IPhone

Penjualan Apple Turun 16 Persen

Apple iPhone_2b

Apple iPhone. (Sumber: Smartprix)

Laporan UBS menunjukkan penjualan iPhone turun 16% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hal ini mengharuskan Apple untuk lebih gigih dalam strateginya dan mendapatkan kembali posisinya.
Tidak hanya di Tiongkok, penjualan iPhone di India mengalami penurunan sebesar 13% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dalam Selama dekade terakhir, Tiongkok mengalami penurunan menjadi salah satu pasar terpenting untuk iPhone di luar Amerika Serikat. Tiongkok menyumbang 20% ​​dari penjualan global Apple.

Namun, dominasi Apple di negara tersebut menghadapi tantangan yang signifikan. Hal ini dimulai dengan menurunnya belanja konsumen dan meningkatnya persaingan lokal, terutama dari merek lokal seperti Huawei.

Penurunan penjualan iPhone di Tiongkok merupakan tren lebih luas yang memiliki implikasi bagi strategi dan pendapatan Apple di dunia.

Tiongkok biasanya menyumbang porsi besar bagi penjualan global Apple. Namun, seiring waktu, kini market share Apple di Tiongkok turun dari 19 persen (tahun lalu) menjadi 15,7 persen. Ini disebabkan karena konsumen yang memilih barang lokal serta kompetisi dengan berbagai merek.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple diperkirakan akan meluncurkan jam tangan pintar barunya tahun ini. Ada rumor yang menyebutkan jam tangan ini akan diberi nama Apple Watch....

Software

Jakarta, Unbox.id — Apple baru saja merilis pembaruan sistem operasi iOS 17.5 dan iPadOS 17.5 awal pekan ini. Sayangnya, tampak terjadi masalah yang ada...

Software

Jakarta, Unbox.id — Kali ini Apple mengumumkan serangkaian fitur aksesibilitas baru yang akan hadir di akhir tahun 2024 ini di iPhone dan iPad-nya. jadi...

Hardware

Unbox.id – Apple Vision Pro yang sebelumnya hanya tersedia di pasar AS, juga akan dijual di seluruh dunia. Informasi tersebut diketahui dari laporan terbaru...