Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apple

iPad Mini 6 Punya Masalah Tampilan ‘Jelly Scrolling’

ipad mini jely scrolling

Jakarta, Unbox.id – Setelah bertahun-tahun yang terasa seperti diabaikan, tampaknya iPad mini Apple akhirnya akan segera mendapatkan penyegaran yang layak.

Pada gelaran ajang terbesar Appel tahun ini, tablet itu akan mulai dikirim ke pelanggan yang sudah antusias menunggu.

Meski demikian ada kabar yang mengungkapkan bahwa tablet itu memiliki masalah dengan tampilannya.

Menurut laporan, pengguna mengalami efek “jelly scrolling” di mana tampaknya satu bagian layar iPad mini lebih cepat refresh dibandingkan dengan sisi lainnya.

Akibatnya, ini menciptakan goyangan di tengah layar, seperti bagaimana jeli akan bergoyang jika Anda mengocoknya.

Karena hal ini maka dapat saja memengaruhi penerimaan pengguna terharap lebih banyak unit yang dirilis.

Baca juga : Dua Hal Terbaik tentang iPhone 13

Melansir dari review pembaca dari 9to5Mac, mereka mengatakan bahwa ketika mereka membawa iPad mini kembali ke Apple Store untuk diganti. Mereka juga menemukan bahwa semua unit demo yang dipajang memiliki masalah yang sama.

Hal ini menunjukkan bahwa dari hasil review ini  bukan masalah yang terbatas pada segelintir pelanggan yang tidak beruntung, tetapi bisa jadi hampir semua mendapatkan masalah yang sama.

Dieter Bohn dari The Verge juga melaporkan bahwa unitnya terpengaruh oleh masalah yang sama dan telah membagikan video di Twitter untuk menunjukkannya kepada lebih banyak publik.

 

Penyebab jelly scrolling

Saat ini belum diketahui apakah jelly scrolling terjadi karena masalah pada perangkat keras atau perangkat lunak. Apakah ini kesalahan panel LCD itu sendiri, pengontrol tampilan, atau masalah firmware/perangkat lunak?

Namun dengan pengontrol tampilan yang dipasang di samping daripada di bawah atau di atas, ada kemungkinan bahwa sinyal tampilan hanya mencapai setengah layar lebih cepat, dalam hal ini masalahnya akan menjadi konsekuensi yang melekat pada desain perangkat keras.

Layar Apple biasanya memenuhi spesifikasi kualitas yang sangat tinggi dan model iPad lainnya tidak memiliki masalah ini, atau jika mereka melakukannya kurang terlihat.

Pada model iPad Pro, kecepatan refresh 120Hz membantu menyembunyikan masalah sinkronisasi apa pun selama gerakan.

Baca juga : Microsoft Surface Duo 2 – Ponsel Lipat Harga Fantastis

Tentu saja semuanya terserah individu untuk menentukan apakah masalah pengguliran jeli sudah cukup bagi mereka untuk menyerah pada iPad mini atau masih belum. Kembali kepada masing-masing.

Namun mudah-mudahan ini adalah masalah perangkat lunak karena itu berarti masih sangat mungkin untuk diperbarui atau dibenahi segera.

Meskipun ini adalah hal pertama kalinya terjadi pada iPad mini dari generasi mana pun, namun tampaknya tetapbanyak yang menunggu segera dapat memilikinya.

Berukuran mini dan memiliki desain yang cukup lawas, iPad mini tetap memberi kesan pertama bahwa ini iPad yang lucu.

Desain klasiknya mungkin terasa ketinggalan zaman dibandingkan dengan iPad Pro, dan di satu sisi, memiliki tombol Beranda pun terasa sangat kuno.

Layar iPad mini jauh lebih kecil, sehingga tidak memiliki keluhan tentang membaca di tempat tidur sejauh ini, dan pengguna pasti lebih suka tata letak dua halaman bahkan pada layar berukuran mini.

Perangkat satu ini juga memiliki responsivitas yang lebih besar di atas layar e-ink Kindle. (Eli/Eve)

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Oppo

Jakarta, Unbox.id – OPPO meluncurkan OPPO Enco Free2 merupakan earphone nirkabel bersama dengan seri OPPO Reno6 di Cina pada akhir Mei. Sekarang, perusahaan siap...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id – Pernah bertanya-tanya bagaimana beberapa video yang tampak mencapai efek meluncur yang mulus saat bergerak maju, mundur, dan menyamping? Ini sebagian besar...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Setelah iOS 15.1 dirilis, maka artinya pengguna dapat mulai memeriksa fitur SharePlay yang telah lama ditunggu-tunggu pengguna Apple. Setelah melihat seberapa...

Apple

Jakarta, Unbox.id – Banyak sekali penggemar yang menantikan MacBook Air (2022). Tidak heran mengingat model saat ini berada di atas laptop terbaik. McBook Air...