Connect with us

Hi, what are you looking for?

Oppo

Intip Sejarah Oppo Find X Series dan Perkembangannya

Oppo Find X Series_1a
Kenali varian model Oppo yaitu Oppo Find X Series dari masa ke masa yang canggih dan berspek menarik. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Salah satu seri smartphone andalan Oppo adalah seri Oppo Find X, di mana kamera dan layar bisa dibilang menjadi dua fitur yang paling diandalkan dari seri tersebut. Sementara itu, seri Find X merupakan penerus dari lini Find Oppo yang sudah ada sejak 2011. Dalam keterangannya, Minggu (25/6/2023), Oppo juga mengatakan bahwa seri Find X merupakan penemuan mereka, smartphone”. melalui pengenalan inovasi teknologi terbaru dan konsep desain.

Oppo Find X

HP Oppo yang pertama kali bernama Find X ini pertama kali dirilis pada tahun 2018 tepatnya tanggal 19 Juni 2018. Tanpa ada kendala sedikit pun, Oppo meluncurkan perangkat tersebut di Museum Louvre di Paris.

Saat itu, Find X memiliki inovasi sumbu kamera, menyembunyikan struktur kamera di bagian atas bingkai. Sumbu kamera ini mencakup kamera depan 25MP dan kamera belakang 16MP + 20MP, serta modul lampu terstruktur 3D yang terdiri dari beberapa komponen berteknologi tinggi, seperti lampu sorot, kamera inframerah, sensor, variabel asimptotik dan lain-lain. Dot proyektor, penerima dan kamera RGB.

Sedangkan untuk spesifikasi Oppo Find X, ponsel ini dibekali dengan panoramic arc display dimana teknologi COP flexible screen digunakan untuk mencapai rasio layar sebesar 93,8%. Prosesor yang menggunakan Snapdragon 845 merupakan platform Qualcomm Mobile AI generasi ketiga, dilengkapi sistem operasi Color OS 5.1 berbasis Android 8.1, RAM 8 GB, dan memori internal 256 GB.

Di Indonesia, HP Oppo ini resmi diluncurkan pada 18 Juli 2018 dengan harga Rp 12.999.000. Indonesia juga menjadi negara kedua di Asia Tenggara yang meluncurkan perangkat ini, setelah Malaysia.

Oppo Find X2 Pro

Oppo Find X2 Pro_2b

Model Oppo yang cukup menarik yaitu Oppo Find X2 Pro hadir sebagai pilihan yang pas dan juga cocok untuk kebutuhan spek penggunanya. (Sumber: Digital Trends)

Pada 6 Maret 2022, Oppo Find X2 Pro dirilis. Ini menyematkan sensor Sony IMX689 yang dirancang khusus, untuk membawa pengalaman fotografi dan pembuatan film ke level berikutnya.

Layarnya adalah Super View Monitor 120Hz QHD+ 240Hz yang dikatakan mampu menawarkan lebih dari satu miliar variasi tampilan warna. Sedangkan resolusinya 3168 x 1440, dengan 513 ppi, pantulan layar rendah dan kecerahan layar maksimal hingga 1200 nits.

Kualitas tampilan Find X2 Pro juga mendapat peringkat A+ dari DisplayMate, lembaga pengujian tampilan profesional yang telah menetapkan 12 standar performa tampilan smartphone. Oppo Find X2 Pro juga mengusung teknologi pengisian daya 65W SuperVOOC 2.0 dan platform prosesor flagship Snapdragon 865.

Find X2 Pro juga menjadi smartphone pertama yang mendukung All-Pixel Omni-directional Focus dan dapat mengambil foto hingga 12 bit. Selain itu, ponsel ini berbasis Android 10 terbaru OPPO, ColorOS 7.1. Itu juga ditingkatkan ke ColorOS 13.1 berdasarkan Android 13.1. Sedangkan RAM 12 GB dan ROM 512 GB.

Baca juga: Oppo Find N2 Flip Dan Enco X Edisi Khusus Wimbledon Hadir Di Indonesia

Oppo Find X5 Pro 5G

Diluncurkan pada 2 Juni 2022, OPPO Find X5 Pro 5G resmi hadir di Indonesia. Di sini dihadirkan teknologi khusus Neural Processing Unit (NPU), MariSilicon X, untuk mengatasi berbagai keterbatasan saat merekam video di malam hari.

Dengan MariSilicon X, pengguna dapat merekam video 4K kualitas tertinggi ke ponsel pintar Android mereka untuk rekaman yang tajam dan bebas bintik dengan kualitas gambar yang sama seperti saat merekam gambar diam.

Kamera ditetapkan ke kamera sudut lebar dan ultra lebar dengan sensor Sony IMX766 50 MP, ukuran sensor 1/1,56″, ukuran piksel 2 um dengan teknologi pengelompokan piksel. Smartphone ini juga dilengkapi teknologi jaringan 5G supercepat, pengisian daya SUPERVOOC 80W, dan dukungan pengisian daya nirkabel AIRVOOC 50W.

Smartphone ini hadir dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 generasi terbaru. Dilengkapi dengan RAM 12GB dan memori internal 256GB, Find X5 Pro menjalankan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka ColorOS 12.1.

Perangkat tersebut juga sedang mendapatkan pembaruan ke sistem operasi ColorOS 13.1 berbasis Android 13. Smartphone ini dijual di pasar Indonesia dengan harga Rp14.999.000.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Oppo

Unbox.id – Oppo telah menyatakan komitmennya untuk menjadikan smartphone AI terjangkau bagi semua orang. Hal ini sejalan dengan pandangan Oppo bahwa AI tidak boleh...

Oppo

Unbox.id – Oppo A60 dikenal sebagai ponsel yang menarik perhatian netizen di media sosial. Alasannya karena ada beberapa konten yang memperlihatkan keawetan smartphone tersebut....

Oppo

Unbox.id – Jika Anda sedang mencari ponsel dengan performa luar biasa namun dengan harga terjangkau, ponsel OPPO RAM 4GB mungkin bisa menjadi pilihan yang...

Oppo

Unbox.id – Jika Anda mencari harga yang murah, mungkin Anda bisa mempertimbangkan ponsel RAM 3 GB milik OPPO. Pasalnya di segmen ini Anda bisa...