Connect with us

Hi, what are you looking for?

Merk

Dua iPhone Lipat Gaya Flip dari Apple Bakal Dirilis

iPhone Lipat Gaya Flip_1a
iPhone Lipat Gaya Flip. (Sumber: Gadget Zone)

Unbox.id – Apple disebut-sebut sedang mengembangkan dua prototipe iPhone lipat, seperti Galaxy Z Flip5 dan Oppo Find N3 Flip. Rumor iPhone flip ini datang dari sumber anonim yang mengaku mengetahui langsung rencana Apple tersebut. Meski demikian, bukan berarti perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, AS itu akan langsung meluncurkan iPhone layar lipat pada tahun ini. Ada kemungkinan Apple masih menguji ide desain serupa dengan Galaxy Z Flip5 dan Oppo Find N3 Flip. Beberapa pihak meyakini model iPhone baru ini tidak akan menjadi bagian dari rencana produksi Apple pada tahun ini atau 2025. Menurut laporan GSM Arena, ponsel layar lipat Apple akan diluncurkan paling cepat musim gugur 2026 jika pengujian berjalan dengan baik. Saat ini, perusahaan sedang bernegosiasi dengan setidaknya satu pabrikan Asia mengenai suku cadang pengganti iPhone lipat.

Tersiar Rumor Apple

iPhone Lipat Gaya Flip_2b

iPhone Lipat Gaya Flip. (Sumber: Gadget News)

Namun, Apple mungkin memutuskan untuk tidak memiliki pabrikan ini jika tidak memenuhi kriteria ketat perusahaan Amerika tersebut. Dalam beberapa tahun terakhir, beredar rumor bahwa Apple “nekad” untuk menciptakan perangkat yang dapat dilipat, entah itu iPhone atau iPad.

Banyak perbincangan di tahun 2018, Apple ingin menciptakan perangkat setipis Apple. iPhone saat ini saat ditutup. Namun saat itu teknologi baterai dan layar belum ada. Kemudian pada tahun 2020, Apple dikabarkan memutuskan untuk berhenti mengembangkan iPhone yang dapat dilipat dan hanya ingin membuat iPad dengan layar yang dapat dilipat.

Saat itu, iPad dengan layar Ponsel lipat pertama Apple diperkirakan akan memasuki pasar sebelum tahun 2026. Apakah perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini merealisasikan rencananya untuk memiliki iPhone atau iPad pertama dengan layar yang dapat dilipat? Kami sedang menunggu hari pertandingan.

Apple Bakal Hadirkan Kemampuan AI Generatif di iPhone 16

Di sisi lain, Apple dikabarkan mulai menerapkan teknologi AI secara umum pada lini iPhone terbaru. Hal tersebut diungkapkan CEO Apple Tim Cook saat bertemu dengan investor usai laporan keuangan tahunan perusahaan.

Mengutip informasi dari GSM Arena, dalam pertemuan tersebut, Tim Cook mengatakan akan membahas Generative AI pada akhir tahun ini. Ada keraguan kuat bahwa adopsi AI generasi ini akan mulai digulirkan di iPhone 16.

Untuk itu, kemungkinan Apple akan membahas teknologi ini lebih jauh pada ajang WWDC pada pertengahan tahun 2024, sebelum acara tersebut perusahaan secara resmi mengumumkan jajaran iPhone 16, yang biasanya terjadi pada bulan September.

Tim Cook mengatakan dalam pernyataannya: “Dalam hal AI kreatif, yang menurut saya maksud Anda, kami telah melakukan beberapa pekerjaan internal seperti yang saya sebutkan sebelumnya”.

Baca juga: Apple Ungkap Adopsi IOS 17 Masih Kalah Cepat Dari IOS 16

Bocoran iOS 18

iPhone Lipat Gaya Flip_3c

iPhone Lipat Gaya Flip. (Sumber: American News)

Di sisi lain, kehadiran Generative AI di iPhone 16 juga diperkuat dengan bocoran seputar iOS 18. Seperti diketahui, saat diperkenalkan nanti, kemungkinan besar iPhone 16 akan langsung menjalankan iOS.

Ya, klaim Bocoran dari reporter Bloomberg, Mark Gurman bahwa iOS 18 akan membawa beberapa perubahan besar pada sistem operasinya. Salah satunya adalah meningkatkan kemampuan Siri.

Sepertinya Apple akan menghadirkan kemampuan AI umum ke iOS menggunakan LLM (Large Language Model) miliknya sendiri. Dukungan AI sintetis ini akan meningkatkan kemampuan Siri dan beberapa aplikasi lainnya, seperti Messages, Apple Music, Pages, Keynote, dan Shortcuts.

Selain itu, Apple akhirnya akan mengizinkan toko aplikasi pihak ketiga di iOS di Uni Eropa untuk pertama kalinya. Hal ini untuk mematuhi peraturan Digital Markets Act yang akan berlaku di blok ini.

Dengan adanya perubahan pada iOS 17.4 Maret mendatang, App Store tidak lagi menjadi distributor atau satu-satunya toko aplikasi yang disahkan oleh Apple.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Apple telah memperbarui masa pakai baterai iPhone 15. Namun, bukan dengan memberikan baterai baru atau melalui pembaruan perangkat lunak, melainkan dengan memperbarui...

Software

Unbox.id – Pengguna iPhone akan mendapatkan 118 emoji baru. Ratusan emoji akan tersedia di pembaruan iOS 17.4. Sebelumnya, 118 emoji ini hadir pada update...

Tech Industry

Unbox.id – Apple telah memperkenalkan tombol tindakan baru di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, menggantikan tombol mute yang tersedia sebelumnya. Banyak...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Apple dikabarkan akan menambah kapasitas RAM untuk iPhone 16 yang diluncurkan tahun ini. Informasi ini berasal dari laporan analis Jeff Pu dari...