Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Deretan Ponsel Samsung Galaxy Yang Tidak Mendapat Update One UI 6.0

One UI 6.0_1samsung
Ada beberapa model dari Samsung Galaxy yang tidak mendapatkan update sistem One UI 6.0 yang terbaru di perangkatnya tersebut. (Sumber: Reddit)

Unbox.id – Salah satu produsen smartphone terbesar di dunia, Samsung, dikenal aktif berpartisipasi dalam memperbarui perangkat lunak terbaru untuk perangkatnya. Belum lama ini, Samsung juga mengumumkan kehadiran Android 14 yang akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang. Samsung sedang bersiap untuk menghadirkan pembaruan One UI 6.0 terbaru ke Android 14. Perusahaan asal Korea itu akan segera mendistribusikan Android 14 pada smartphone yang kompatibel. Mengutip Gizchina, Kamis (4 Mei 2023), Android 14 merupakan versi terbaru dari sistem operasi Android. Versi sistem operasi ini diharapkan menghadirkan fitur dan peningkatan baru pada perangkat Samsung.

Samsung One UI 6.0

One UI 6.0_2samsung

Sistem One UI 6.0 pada Samsung cukup canggih sebagai platform sistem software terbarukan untuk produk Samsung. (Sumber: Gizchina)

Samsung mengatakan telah bekerja sama dengan Google untuk memastikan bahwa versi baru ini terintegrasi dengan mulus ke dalam smartphone atau perangkatnya. One UI 6.0 juga diharapkan menghadirkan beberapa fitur baru dan peningkatan pada antarmuka pengguna.

Namun, tidak semua model ponsel Samsung akan menerima pembaruan One UI 6.0 berbasis Android 14. Samsung baru-baru ini mengubah kebijakan dukungan dan pembaruan perangkat lunak ponsel cerdasnya.

Sebelumnya, perusahaan telah berjanji bahwa beberapa model ponsel cerdasnya akan menerima pembaruan Android 14, sementara beberapa perangkat Samsung lainnya tidak akan menerima pembaruan Android 14.

Sekadar informasi, Google akan meluncurkan Android 14 untuk pertama kalinya pada konferensi pengembang Google I/O pada 10 Mei. Pengujian kemungkinan akan berlanjut untuk sementara, hingga sekitar akhir Juni tahun ini. Sedangkan versi baru akan siap digunakan pada Juli mendatang.

Deretan Ponsel Samsung Yang Bisa Update ke Android 14

One UI 6.0_3samsung

Tidak semua, berikut ada beberapa produk Samsung yang bisa mendapatkan update ke Android 14. (Sumber: ShiftDelete)

Samsung akan mulai memperbarui model smartphone yang kompatibel dengan mengintegrasikan versi baru Android ke dalam One UI 6.0.

Smartphone Samsung yang pasti akan mendapatkan pembaruan Android 14 dan One UI 6.0 adalah seri Galaxy S21, termasuk Galaxy S21 FE, dan semua smartphone seri Galaxy S yang masih mengimplementasikan pembaruan yang dijanjikan untuk empat tahun ke depan.

Sedangkan Galaxy A33, Galaxy A53, Galaxy A73 dan model yang lebih baru masih bisa mendapatkan update One UI 6.0. Namun, beberapa smartphone Samsung tidak akan menerima pembaruan One UI 6.0 berbasis Android 14.

Ponsel Samsung yang tidak dapat ditingkatkan ke One UI 6.0 meliputi:

  • Galaxy S10 Lite
  • Galaxy S20 FE
  • Galaxy S20
  • Galaxy S20 Plus
  • Galaxy S20 Ultra
  • Galaxy Note 10 Lite
  • Galaxy Note 20
  • Galaxy Note 20 Ultra
  • Galaxy Z Flip
  • Galaxy Z Fold 2
  • Galaxy A22
  • Galaxy A32
  • Galaxy A51
  • Galaxy A71
  • Galaxy Tab A8
  • Galaxy Tab A7 Lite
  • Galaxy Tab S6 Lite
  • Galaxy Tab S7
  • Galaxy Tab S7 Plus

Baca juga: Adu Performa Baterai Oppo Find N2 Flip Vs Samsung Galaxy Z Flip 4

Ajak Pengguna Update ke Smartphone Samsung Model Baru

Dukungan perangkat lunak ekstensif Samsung untuk perangkatnya merupakan langkah yang disambut baik bagi pengguna. Pasalnya, pengguna bisa mengupdate perangkatnya ke versi OS terbaru dan mengupdate patch.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua perangkat menerima pembaruan One UI 6.0 berbasis Android 14. Selain itu, perangkat yang disebutkan di atas mungkin perlu diperbarui ke model yang lebih baru.

Pengguna disarankan untuk melakukan upgrade ke perangkat yang lebih baru untuk dapat merasakan software terbaru dari Samsung. Samsung sendiri juga berjanji akan memberikan update keamanan pada perangkat yang memenuhi persyaratan update OS selama 4 tahun sejak rilis awal.

Ini berarti bahwa pengguna smartphone Samsung dengan perangkat yang memenuhi syarat dapat menerima tambalan keamanan dan pembaruan perangkat lunak setidaknya selama empat tahun setelah mendonasikan perangkat.

Secara keseluruhan, pengumuman Samsung tentang pembaruan One UI 6.0 berbasis Android 14 telah membuat pengguna senang sekaligus kecewa. Sementara itu, beberapa model Samsung lama tidak akan menerima pembaruan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Rumor mengenai ponsel layar lipat Samsung Galaxy Z Fold 6 kian santer seiring semakin dekatnya tanggal perilisannya. Belakangan ini bocoran harga ponsel...

Handphone & Tablet

Unbox.id – Galaxy A35 5G menjadi salah satu ponsel kelas menengah besutan Samsung terpopuler di tahun 2024. Ponsel ini banyak diminati karena memiliki kamera...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Samsung Galaxy Watch FE dikabarkan akan segera diluncurkan. Semakin dekat tanggal rilisnya, semakin banyak bocoran informasi terkait desain jam tangan pintar ini....

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Samsung diketahui sedang menyiapkan beberapa produk wearable barunya. Berdasarkan rumor yang beredar, Samsung setidaknya akan mengumumkan dua perangkat dalam waktu dekat, yakni...