Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Android 15 Segera Hadir, Google Luncurkan Versi Pratinjau Developer

Android 15
Pratinjau pengembang Android 15 | foto: Gizbot

Jakarta, Unbox.id – Versi pratinjau pengembang pertama Android 15 telah rilis baru-baru ini. Pada pratinjau pengembang tersebut, Google menampilkan sedikit peningkatan privasi dan fitur baru yang sangat menarik bagi para penggemar sistem operasi ini.

Karena ini adalah rancangan khusus untuk pengembang, ini mungkin tidak cocok untuk pemakaian ponsel cerdas Anda saat ini. Oleh karena itu, Anda dapat menunggu beberapa waktu lagi untuk mencoba sistem operasi terbaru ini di perangkat Pixel Anda.

Baca juga: Google Rilis Alat Deteksi Phishing dan Malware untuk Pengguna Android

Google memberikan pengumuman resmi tentang peluncuran versi beta untuk publik dalam waktu dekat. Perusahaan tersebut rencananya akan segera merilis versi beta Android 15 untuk para pelanggan pada bulan Maret dan April 2024 mendatang.

Linimasa Peluncuran OS Android 15

Sistem operasi ini akan memungkinkan Anda memiliki kontrol lebih besar atas iklan yang Anda lihat secara lebih detail. Menu baru bernama “Iklan” telah tercantung di bawah menu “Privasi & keamanan” di pengaturan. Di sana Anda dapat melacak aktivitas ponsel untuk menampilkan iklan.

Beberapa aplikasi dapat menyediakan iklan yang dipersonalisasi dengan melacak aktivitas Anda di ponsel. Dengan FLEDGE API di Android 15, kini Anda dapat mencegah aplikasi melacak Anda. Ini tidak berarti bahwa iklan di perangkat Anda akan terhapus sepenuhnya.

Baca juga: TCL AR OLED 120Hz Terbaru Menawarkan Pengalaman Vision Pro Tanpa Biaya

Namun, hal tersebut memastikan bahwa data Anda tidak akan mendapatkan iklan dengan aplikasi pihak ketiga secara khusus. Fitur baru lainnya di Android 15 adalah kemampuan untuk melakukan perekaman layar sebagian.

Daripada merekam atau mentransmisikan seluruh layar saat merekam layar, kini Anda hanya dapat merekam bagian tertentu dari aplikasi. Ini dapat berguna bagi Anda yang sering merekam layar ponselnya atau harus mentransmisikan layar ponselnya saat panggilan video.

Seri Pixel 5 Tidak Akan Mendapatkan Pembaruan OS

Peningkatan lain yang disambut baik adalah Google akhirnya berupaya mengoptimalkan kamera yang lebih baik untuk aplikasi pihak ketiga. Gambar yang diambil di lingkungan dengan cahaya redup kini akan diproses secara real-time.

Hal tersebut dapat memberi Anda pratinjau cerah secara bersamaan, seperti yang muncul setelah mengetuk tombol rana. Aplikasi pihak ketiga juga bisa mendapatkan keuntungan dari gambar pratinjau yang mendapatkan peningkatan dari pihak pengembang.

Kabar buruknya adalah Pratinjau Pengembang Android 15 saat ini hanya tersedia untuk seri Pixel 6 dan Pixel yang lebih baru. Artinya, dukungan software untuk perangkat seri Pixel 5 telah resmi berakhir.

Sumber: Gizmochina

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple baru saja memperkenalkan sistem kecerdasan buatan (AI) Apple Intelligence. Ini adalah fitur AI terbaru yang terdapat di sistem operasi Apple, termasuk...

Tech Industry

Last updated on 9 Juni, 2024 Unbox.id – Google telah merilis NotebookLM versi terbaru. Sekadar informasi, NotebookLM merupakan asisten peneliti dan penulis yang didukung...

Artikel

Unbox.id – Saat ini, smartphone telah menjadi perangkat kebutuhan pokok yang membantu banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Pengguna mengandalkan smartphone untuk berkomunikasi, mengakses informasi,...

Hardware

Unbox.id – Akhir pekan sudah semakin dekat, setelah jam kerja yang melelahkan, masyarakat kerap disibukkan dengan persiapan acara akhir pekan. Berkemah di alam liar...