Connect with us

Hi, what are you looking for?

Google

Simak Cara Manfaatkan Google Drive Sebagai Mitra Sekolah

Google Drive
Ilustrasi menggunakan layanan Google melalui ponsel dan desktop | foto : berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Bermitra dengan Google Drive untuk mengerjakan tugas sekolah di era digital seperti saat ini memang bukanlah hal yang asing lagi. Mulai dari anak sekolah, karyawan kantor, hingga orang tua pun menggunakan Google untuk kebutuhan mereka sehari-hari.

Akan tetapi, bagi anda yang baru masuk kuliah atau orang tua, tentunya hal ini bukan perkara yang mudah. Terlebih, jika pihak sekolah atau atasan menuntut untuk memanfaatkan fitur yang belum anda ketahui sama sekali.

Nah, pada kali ini redaksi akan memberikan tips bagaimana cara memanfaatkan Google Drive sebagai mitra pekerjaan sekolah anda. Tidak hanya sekolah saja, anda juga bisa menggunakan drive ini untuk berbagai kebutuhan lain seperti mencadangkan data dan membuat album.

Menggunakan Google Drive Sebagai Mitra

Jika ponsel anda belum memiliki aplikasi Google Drive, pastikan anda melakukan download dan instal aplikasi tersebut di Google Play. Tidak perlu khawatir, anda tidak dikenakan biaya berlangganan untuk fitur serba bisa ini. Jika sudah, masukkan data email untuk mendapatkan akses ke akun penyimpanan pribadi anda.

Google Drive sendiri memiliki fungsi seperti gudang penyimpanan yang ukurannya kurang lebih 15 GB. Anda dapat memperbesar ukuran tersebut jika anda memanfaatkan fitur premium. Dengan memanfaatkan layanan aplikasi ini, anda tidak perlu khawatir kehilangan data anda. Sebab, jika ponsel anda hilang atau rusak, anda tetap bisa membukanya lewat perangkat lain.

baca juga : Google Rilis Android 13 Versi Beta 2, Simak Fitur Barunya

ilustrasi foto : berbagai sumber

Terhubung dengan Aplikasi Google Lainnya

Saat mengerjakan tugas seperti menulis naskah melalui laptop, pastinya anda tidak ingin tulisan tersebut hilang tiba-tiba karena mati listrik. Nah, dengan menggunakan aplikasi Google Docs, Sheets, Sites, atau yang lainnya, anda tidak perlu khawatir hilang saat mati listrik.

Pekerjaan dan tugas tersebut akan tersimpan secara otomatis di Google Drive. Sistem akan secara otomatis menyimpan hasil pekerjaan anda dalam hitungan detik. Dengan kata lain, anda tidak perlu menekan tombol Ctrl+S setelah selesai mengerjakan tugas.

Aplikasi penyimpanan serbaguna tersebut akan menjadi mitra anda saat anda bepergian kemanapun. Anda tidak perlu membawa laptop atau flashdisk jika ingin ke kampus atau ke tempat lain. Jika tiba-tiba guru atau dosen meminta file, anda tinggal membuka aplikasi Drive melalui ponsel dan mengirimkannya dengan link atau download dan bagikan.

Nah, bagi anda yang memiliki ponsel dengan kapasitas rendah, sangat lama untuk mengirimkan file berukuran besar, drive bisa menjadi solusi. Anda bisa menaruh file tersebut di Drive, kemudian membagikan link kepada orang-orang yang ingin anda bagikan. Caranya bisa anda simak di bawah ini.

baca juga : Google Drive: Cara Cepat Menyimpan dan Membagikan Link

Demikian artikel cara memanfaatkan Google Drive sebagai mitra sekolah dan tugas pada kali ini, semoga bermanfaat, selamat mencoba!

sumber : berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini aplikasi pembuat konten ‘Tiktok’ mendapatkan sorotan tajam dari pihak regulator Amerika Serikat. Setelah sempat mengalami masalah beberapa waktu lalu,...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Usai mengakhiri Google Talk pada beberapa waktu lalu, kini Google kembali berencana akan menyuntik mati salah satu aplikasi mereka, Hangouts. Aplikasi...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Dewasa ini, kegiatan belajar mengajar menggunakan media kertas perlahan-lahan sudah mulai banyak ditinggalkan. Salah satu penyebab yang paling kentara adalah adanya...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Google Chrome adalah merupakan sebuah peramban web yang paling populer di dunia. Google Chrome ini dikembangkan oleh perusahaan raksasa Google dan...