Connect with us

Hi, what are you looking for?

Google

16 Juni 2022: Google Talk Resmi Pensiun Hari Ini

Talk
Google hentikan layanan GChat | foto : berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Secara resmi, Google hari ini mengumumkan bahwa perusahaan tersebut telah menutup layanan Google Talk secara permanen. Hari ini, tepatnya tanggal 16 Juni 2022, semua pengguna sudah tidak dapat lagi menggunakan layanan tersebut. Adapun pengguna yang masih mencoba membuka Google Talk, ia hanya akan mendapati pesan singkat bertuliskan ‘sign-in error’.

Pada keterangan yang tertulis dalam Google Talk Support, perusahaan besar Amerika Serikat tersebut telah menghentikan layanan yang juga sering disebut GChat. Mereka juga tidak lagi mendukung segala jenis aktivitas yang berhubungan dengan pihak ketiga.

baca juga : Google Maps Rilis Fitur Informasi Tarif Tol di Indonesia

Bagi pengguna setia produk layanan tersebut, tentunya sangat menyayangkan hal itu. Namun, Google telah memberi saran pada mereka untuk beralih dari Google Talk ke Google Chat untuk pengganti alternatif. Dalam kesempatan sebelum ini, layanan Google yang meluncur sejak 2005 tersebut menjadi solusi bagi pengguna Gmail yang kesulitan untuk mengobrol.

Kepopulerannya sempat menyaingi aplikasi perpesanan milik Microsoft, yakni MSN dan juga Skype. Akan tetapi, pada 2012 sebagian besar pemakai aplikasi Google Talk mulai beralih ke Hangouts. Akibatnya, aplikasi tersebut sudah tidak tersedia lagi di PC maupun Android.

Google hentikan layanan GChat | foto : berbagai sumber

Layanan Perpesanan Google Talk dan Hangouts Kalah Pamor dengan WhatsApp

“Para pemakai yang masih mencoba untuk mengakses GChat setelah 16 Juni akan mendapati pesan singkat berupa tulisan ‘sign-in error’. Jika masih ada pengguna yang ingin memakai Pidgin melalui alat dari Google, maka sebaiknya menggunakan Google Chat saja,” ungkap Google. Hal tersebut tertulis dalam keterangan situs The Verge pada Kamis (16/6).

baca juga: Chrome Google Antisipasi Kejahatan Phising Serta Minimalisir Notifikasi Peramban

Untuk informasi tambahan, Google Talk merupakan layanan yang rilis pada tahun 2005 oleh perusahaan Google sebagai salah satu aplikasi perpesanan. Dengan satu akun Google, anda bisa mengakses apa saja yang anda mau seperti email, maps, drive termasuk layanan perpesanan. Anda juga bisa melakukan panggilan serta video call melalui aplikasi tersebut.

Sayangnya, sejak kehadiran WhatsApp, semua orang memilih untuk meninggalkan layanan Google tersebut karena lebih sulit ketimbang WhatsApp. Karenanya, Google menarik layanan perpesanan tersebut dari aplikasi Android dan mengalihkan ke aplikasi Hangouts pada 2017. Akan tetapi, Hangouts juga mengalami nasib yang sama sejak Maret 2022 lalu.

sumber: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Di zaman serba teknologi ini, berbagai macam hal telah terkoneksi dengan cukup baik pada perangkat smartphone yang dimiliki oleh para penggunanya. Terlebih...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Bagi Anda yang ingin menerjemahkan sebuah gambar, baik buku, catatan, screenshot dan sebagainya namun malas untuk mengetik secara manual, terdapat beberapa...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Jika Anda baru saja beralih ke iPhone, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa semua kontak yang baru dibuat di iPhone Anda tidak...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Layanan email besutan Google yakni Gmail tentu sudah tidak diragukan lagi adalah merupakan layanan email paling populer di dunia. Baru-baru ini,...