Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Youtube Shorts Bisa Diuangkan Mulai 1 Februari 2023

YouTube Shorts_1_1
YouTube Shorts kini bisa di monetisasi oleh para penggunanya. (Sumber: Clipchamp)

Unbox.id – YouTube memberikan apa yang dijanjikannya, dapat dijadikan sebagai sumber pemasukan (monetisasi) bagi pembuat konten mulai 1 Februari 2023 khususnya pada sebuah Youtube Shorts yang selama ini belum bisa di monetisasikan. Tentunya jika dilihat lebih lanjut, maka penggunanya bisa mendapatkan pundi-pundi dari konten Shortnya tersebut.

YouTube Shorts Sudah Bisa di Monetisasi

YouTube Shorts_1_2

Aplikasi YouTube Shorts dapat di monetisasi untuk setiap konten-konten yang dibuatnya di dalam aplikasinya. (Sumber: Search Engine Journal)

Kini, para pembuat konten di YouTube bisa mendapatkan hasil dari konten yang telah dibuatnya itu. Dengan kata lain, pembuat konten dapat mulai memonetisasi konten vertikal video pendek di YouTube mulai bulan depan. Caranya adalah dengan bergabung dengan Program Mitra YouTube (YPP) dan menerima bagian Modul Monetisasi Singkat.

YouTube mengumumkan-Nya langsung di halaman dukungan Google. “Bagi hasil (dari iklan) di YouTube Shorts dimulai 1 Februari 2023,” tulis YouTube di laman dukungan Google, Rabu (11/1/2023).

Pada awal September, YouTube berjanji bahwa kreator dapat berpartisipasi dalam monetisasi konten Shorts melalui Program Partner YouTube (YPP) mulai tahun 2023. Janji tersebut terpenuhi dan YouTube akhirnya mewujudkannya.

Pada saat yang sama, program Shorts Fund juga akan resmi berakhir dan digantikan oleh program afiliasi YouTube untuk mengkomersialkan film pendek. Sebelumnya pada 2021-2022, kreator yang menghasilkan video pendek paling menarik dan paling banyak ditonton ditawari hadiah/gaji sebesar 100 juta dolar AS atau Rp 1,43 triliun melalui program bernama Shorts Fund.

Baca juga: YouTube Hadirkan Fitur Live Q&A Di Chat

Skema Pembagian Hasil

Dalam beberapa postingan yang sama, Youtube juga memberikan beberapa penjelasan soal skema bagi hasil dari iklan di Youtube Shorts. Nantinya, iklan akan muncul di antara video YouTube Shorts di video pendek tersebut. Oleh karena itu, iklan tidak akan muncul pada video pendek yang berdurasi tidak lebih dari 15-60 detik.

Sekarang, setiap bulan, pendapatan dari iklan yang muncul di antara klip video pembuat konten yang memenuhi persyaratan monetisasi wilayah tertentu diakumulasikan dan digabungkan sebelum didistribusikan ke pembuat konten.

Hal ini karena pendapatan dari iklan tersebut harus dipotong terlebih dahulu dari biaya musik (jika video Shorts menggunakan musik). YouTuber kemudian menerima 45 persen dari pendapatan, yang dibagi berdasarkan bagian penayangan singkat mereka.

Untuk memberikan gambaran kepada kreator, YouTube juga memberikan contoh bagaimana pendapatan kreator film pendek di Negara A dihitung pada bulan tersebut. Misalnya, Video Shorts di Negara A memiliki total 100 juta penayangan dan semua Shorts diupload oleh kreator yang melakukan monetisasi.

Dalam skenario ini, pendapatan iklan dari iklan di antara video pendek adalah $100.000. Namun, hingga 20 persen film pendek pembuat konten menggunakan satu karya musik. Menurut kebijakan YouTube, potongan $10.000 digunakan untuk membayar royalti musik.

Jadi gabungan pendapatan iklan dari video pendek untuk Kreator di Negara A adalah $90.000. Dari jumlah tersebut, YouTube mendistribusikan pendapatan iklan kepada pengguna sesuai dengan jumlah penayangan video pendek mereka.

Misalnya, kreator bernama Janedoe memiliki 1 juta penayangan (1 persen) dari semua penayangan Shorts di negara A. Sejak saat itu, kreator Janedoe telah berbagi 1 persen dari pendapatan iklan Shorts sebesar $90.000, yang sama dengan $900.

Amerika Serikat Ini bukan uang yang penulis terima. Itu karena YouTube menagih pembuat konten bagian 45 persen dari pendapatan iklan. Jadi, kreator Janedoe dibayar untuk memonetisasi film pendek sebesar 45% dari $900, yaitu $405 untuk menyiarkan film pendek di negara A.

Perlu dicatat bahwa konten film pendek dapat disiarkan oleh kreator di banyak negara lain. Ini juga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan bagian yang lebih besar dari hasil singkat.

Baca juga: Tips Cara Membagikan YouTube Music Ke IG Stories

Syarat Untuk Mendapatkan Uang dari Shorts

YouTube Shorts_1_3

Ada beberapa syarat yang perlu diikuti oleh para penggunanya untuk memonetisasi ragam konten di YouTube Shorts. (Sumber: TechViral)

Youtube Shorts dapat dimonetisasi oleh kreator yang memiliki minimal 10 juta short view dalam waktu 90 hari atau mencapai 1.000 pengikut.

YouTube tidak menghitung penayangan konten untuk film pendek yang tidak dapat ditonton. Contoh kemungkinan pengiriman film pendek yang tidak memenuhi syarat. Misalnya, Video tidak autentik seperti klip film atau acara TV yang belum diedit, konten yang diunggah ulang dari YouTube atau platform lain dari pembuat konten lain, atau kompilasi tanpa konten asli lainnya.

Film pendek unggulan yang tidak sesuai dengan pedoman konten ramah iklan kami juga tidak akan dipertimbangkan.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Layanan berbagi video YouTube kini lebih aktif memerangi AdBlocker. Salah satu cara untuk mencegah aktivitas pemblokiran iklan adalah dengan menyasar aplikasi pemblokir...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...

Tech Industry

Unbox.id – YouTube terus meningkatkan program monetisasi kontennya melalui video pendek. Dikutip Engadget, perusahaan mengumumkan bahwa lebih dari seperempat pembuat konten yang tergabung dalam...

Social Media

Unbox.id – Media sosial kini tidak hanya sekedar platform untuk berinteraksi tetapi juga menjadi alat penting bagi masyarakat dan pelaku industri untuk melakukan pemasaran...