Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

YouTube Offline-kan Bot Music Populer, Rythm Discord

YouTube-3D
YouTube-3D

Jakarta, Layar.id – Rythm Discord, bot musik yang popular di YouTube akan diminta untuk offline terhitung dari tanggal 15 September.

Sepertinya YouTube sedang rajin untuk menertibkan para penggunanya. Hanya beberapa minggu setelah memaksa bot musik Groovy Discord offline, kini YouTube mengalihkan perhatiannya ke Rythm, bot musik paling populer di Discord.

Raksasa pencarian telah mengirim informasi penghentian kepada pemilik Rythm, bot yang memungkinkan pengguna Discord memutar musik dari video YouTube dan digunakan oleh lebih dari 560 juta orang.

Google ingin bot Rythm ditutup dalam waktu tujuh hari, dan layanan mematuhinya dengan mematikan bot-nya pada 15 September.

Baca juga : Twitter Sedang Menguji Fitur ‘Soft Block’ Secara Resmi

TENTANG RYTHM DISCORD

Logo Rythm Discord

Logo Rythm Discord

Rythm saat ini diinstal di lebih dari 20 juta server Discord, dengan pengguna lebih dari 560 juta pengguna Discord. Dengan adanya penutupan ini menjadi pukulan besar bagi fitur inti Discord.

Rythm telah menjadi pekerjaan penuh waktu untuk Yoav, tetapi ia mengatakan bahwa pihaknya tahu bahwa hal ini akan terjadi suatu hari nanti. Terakhir, 15 September mereka harus menutup layanannya.

Bahkan untuk mempersiapkan hal itu, Yoav mengatakan pihaknya mulai mengerjakan sesuatu yang baru sejak setahun yang lalu. Ia mengatakan bahwa Groovy telah dihentikan, itu berarti cepat atau lambat mereka juga akan mengalaminya.

Tak sembarangan dalam membangun layanan ini,  setidaknya diperlukan 16 server dengan lebih dari 4TB RAM, serta lebih dari 1.000 inti CPU untuk memberi daya pada bot musik Discord ini. Tentu saja ini cukup menjadi gambaran betapa populernya layanan tersebut.

Saat ini tim bot Rythm sedang mengerjakan sesuatu yang baru di ruang musik, dan akan ada beberapa bentuk koneksi ke Discord, tetapi mereka belum siap untuk berbicara lebih banyak tentang proyek baru ini.

Dalam satu kesempatan Yoav juga mengungkapkan bahwa ketika Rhythm menerima surat penghentian, maka ia yakin, semua bot musik juga akan mendapatkan surat dari YouTube dan ditutup.

YouTube

YouTube

Sebagai pengguna Discord, Yoav mengatakan sulit untuk membayangkannya tanpa bot musik. Tentu saja penghentian layanan ini menjadi sebuah akhir yang menyedihkan dari bagi semua orang di platform tersebut.

Meskipun bot musik mungkin terasa seperti bagian inti dari Discord, mereka telah diaktifkan oleh pihak ketiga selama bertahun-tahun. Itu sebabnya Discord dapat menghindari pengawasan atau tindakan hukum dari perusahaan seperti YouTube.

Baca juga : Twitter Luncurkan Aturan Baru Label Akun “Good Bot”

MASA DEPAN PENGGUNA YOUTUBE DI DISCORD

Penutupan Groovy dan Rythm akan memaksa banyak pengguna Discord mencari alternatif lain. Jadi, pengembang bot kecil, mereka juga akan mengalami hal sama, jika mencoba mengisi celah dari bot raksasa yang telah dihentikan.

Menjembatani hal ini, tampaknya YouTube dan Discord sedang mengerjakan beberapa bentuk alternatif.

Kabarnya bahkan Discord telah menguji fitur pesta sosial pada layanannya selama 10 bulan terakhir, dan memungkinkan pengguna Discord untuk membentuk pesta menonton YouTube.

Ini tak serta merta dapat menjadi pengganti langsung bot musik di Discord, tetapi jika fitur tersebut diluncurkan secara resmi, maka itu akan menjadi cara resmi untuk menonton konten YouTube di dalam Discord.

Dari Google, yang notabene telah mengakuisisi YouTube, dan Discord tak memberikan komentar tentang penutupan Rhythm. (Eli/Eve)

 

Sumber dan foto : dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Banjir merupakan salah satu jenis bencana alam yang sulit diprediksi. Namun kini Google dapat memprediksi bencana tersebut secara akurat. Google baru saja...

Tech Industry

Unbox.id – Google telah memperbarui fitur Penjelajahan Aman default di Chrome untuk memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap situs jahat. Hingga saat ini, fitur...

Tech Industry

Unbox.id – Seorang mantan insinyur Google baru-baru ini ditangkap di California karena mencuri lebih dari 500 file berisi rahasia dagang terkait kecerdasan buatan (AI)....

Software

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp merilis fitur ‘Status’ pada awal tahun 2017, dan mirip dengan Snapchat atau Instagram Stories. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi...