Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Youtube Luncurkan Youtube Create Pesaing Capcut

Youtube Create_1a
Youtube Create. (Sumber: Techverse Asia)

Last updated on 5 Oktober, 2023

Unbox.id – YouTube resmi memperkenalkan YouTube Create, sebuah aplikasi yang menyediakan serangkaian alat gratis untuk membuat video dan terhubung langsung dengan pembuat YouTube. Mengutip Tech Crunch, YouTube berkonsultasi dengan 3.000 pembuat konten untuk mengembangkan aplikasi baru ini dan merancangnya berdasarkan masukan mereka. Untuk menggunakan alat ini, pembuat konten dapat menambahkan klipnya dan kemudian memilih dari berbagai alat pengeditan untuk mulai membuat videonya.

Dengan aplikasi ini, mereka dapat melakukan banyak hal berbeda, mulai dari melihat pratinjau, memotong klip, hingga membuat video. Tidak hanya itu, mereka juga menambahkan ribuan stiker, GIF, dan banyak efek bawaan. Menariknya, aplikasi ini akan memberikan akses ke perpustakaan lagu-lagu bebas royalti YouTube. Dengan cara ini, pembuat konten dapat memonetisasi videonya tanpa mengkhawatirkan hak cipta.

Dapat Membersihkan Noise Juga

Youtube Create_2b

Youtube Create. (Sumber: Liputan6.com)

Selain itu, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mencocokkan irama lagu dengan video musik agar semuanya tetap sinkron, mirip dengan fungsi yang ditemukan di TikTok.

YouTube Create juga dapat menghilangkan gangguan audio yang mengganggu, termasuk secara otomatis membuat teks untuk ditambahkan ke video dan mengekspor produk akhir ke saluran pembuatnya.

Sebagai informasi, ide peluncuran aplikasi pembuatan konten tersendiri juga didukung oleh perusahaan lain seperti ByteDance. Meski TikTok memiliki banyak fitur, pembuat konten akan memilih aplikasi ByteDance lain, khususnya CapCut, sebagai alat pengeditan videonya.

Aplikasi ini hanya tersedia dalam versi beta untuk Android di delapan negara, yaitu AS, Jerman, Prancis, Inggris, india, India, Korea Selatan, dan Singapura. YouTube akan terus mengembangkan aplikasi dengan lebih banyak fitur dan menyediakannya bagi lebih banyak pembuat konten seiring berjalannya waktu.

Cara Matikan Rekomendasi Video YouTube

Video Youtube_3c

Video Youtube. (Sumber: Cashify)

Masih berkaitan dengan YouTube, algoritma YouTube terkadang menyarankan video jelek untuk kita tonton. Dan biasanya, jika Anda sudah menonton suatu video, YouTube akan terus merekomendasikan video serupa di halaman utama Anda.

Izinkan saya memberi tahu Anda, ini adalah hasil pengembangan para peneliti psikologi, peneliti data, dan programmer yang berupaya membuat beranda YouTube semenarik mungkin, seperti dikutip panduan Wired.

Namun sistem algoritma ini dapat memungkinkan pengguna untuk menonton video selama mungkin. Terkadang video yang disarankan yang disediakan berisi informasi menyesatkan atau tindakan berbahaya.

Penerapan metode ini disenangi sebagian orang. Namun, jika Anda ingin lebih mengontrol cara Anda menghabiskan waktu di YouTube, Anda sebenarnya dapat menghindari algoritma ini.

Untungnya, Google telah membuat pembaruan yang tidak akan menyarankan video apa pun di beranda. Oleh karena itu, ketika pengguna mematikan riwayat penayangan YouTube, mereka tidak akan menerima rekomendasi video.

Cara Jeda Riwayat Tontonan

  • Buka halaman “Aktivitas Google Saya”. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengontrol jenis informasi yang disimpan Google tentang kamu, termasuk situs web yang kamu kunjungi, lokasi, dan riwayat tontonan kamu.
  • Klik “Riwayat YouTube” kamu.
  • Kamu akan ditanya apakah kamu ingin menjeda riwayat kamu.
  • Klik tombol Jeda.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membuka halaman beranda aplikasi YouTube tanpa kembali ke video yang disarankan. Namun, pengguna akan menerima notifikasi dari YouTube yang meminta untuk mengaktifkan kembali fitur riwayat tontonan.

Anda juga dapat memilih untuk menghapus seluruh riwayat tontonan YouTuber tersebut. Namun, tindakan ini bersifat opsional.

Baca juga: Cara Download Video Youtube Tanpa Instal Aplikasi

Skibidi Toilet Jadi Konten Paling Diminati Anak-Anak di YouTube

Sebelumnya, perusahaan keamanan siber Kaspersky mengungkapkan serial animasi Skibidi Toilet di YouTube menjadi tren terpopuler di kalangan anak-anak pada tahun 2023 antara bulan Juni dan Agustus.

Menurut penelitian Kaspersky Safe Kids yang dilakukan pada musim panas 2023, tiga aplikasi terpopuler di Android adalah YouTube (30%), TikTok (17%) dan WhatsApp (15%). Sedangkan Instagram menduduki peringkat ke-4 (9%). Menariknya, YouTube Kids hanya menerima 2,5% dan tidak memiliki jangkauan yang signifikan di kalangan anak-anak.

Di YouTube, konten anak-anak yang paling banyak dicari adalah saluran dan vlogger yang merekam video hiburan, tantangan, atau gaya hidup sebesar 21%. Kategori “lainnya” mencapai 21% dan sering kali berisi meme dan cerita yang tidak sesuai dengan kategori lain. Blogger video game berada di posisi ketiga dengan 15% permintaan.

Berikutnya, kategori lain yang menduduki peringkat teratas adalah musik (13%), film, anime, acara TV (12%), dan game (9%).

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Layanan berbagi video YouTube kini lebih aktif memerangi AdBlocker. Salah satu cara untuk mencegah aktivitas pemblokiran iklan adalah dengan menyasar aplikasi pemblokir...

Apps & Games

Unbox.id – Pada Januari 2024, layanan YouTube Premium dan Musik memiliki lebih dari 100 juta pelanggan, termasuk uji coba gratis. Ini mewakili peningkatan 20...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini, aplikasi pengeditan video yang ada di smartphone dan desktop, yakni Capcut, merilis fitur terbaru. Dengan fitur terbaru ini, pengguna...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Jika Anda membuat video YouTube, Anda pasti tahu betapa sulitnya mengomentari komentar, namun fitur baru ini membuat pengelolaan komentar tersebut jauh...