Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Youtube Larang Konten Musik AI

YouTube Music AI_1a
YouTube Music AI. (Sumber: Interesting Engineering)

Unbox.id – YouTube akan melarang konten musik AI yang meniru manusia, terutama cover musik dan video musik. Larangan ini tidak hanya berlaku pada konten baru, tetapi juga akan menghapus konten yang sudah ada dari platform. Dalam beberapa bulan mendatang, YouTube berencana menghilangkan tren konten AI yang meniru manusia. Tujuannya adalah untuk melindungi kepentingan mitra industri musik dan menyelesaikan masalah hak cipta. Pengguna yang ingin mempertahankan konten AI mereka harus mendapatkan persetujuan dari pihak ketiga. Selain itu, pengguna tidak boleh mengungkapkan pendapatnya dan mengajukan permintaan melalui sistem permintaan privasi YouTube.

YouTube Kabarnya Akan Pertimbangkan Banyak Faktor

YouTube Music AI_2b

YouTube Music AI. (Sumber: Social Samosa)

Diberitakan GizChina, YouTube juga akan mempertimbangkan berbagai faktor. Misalnya, jika konten tersebut dimaksudkan untuk menjadi lucu atau lucu, orang yang meminta penghapusan dapat dengan mudah mengidentifikasinya.

Selain itu, kreator yang menggunakan alat AI untuk berkreasi harus menunjukkan bahwa video dan kontennya merupakan hasil tautan. Jika tidak, mereka mungkin dilarang dari Program Mitra YouTube. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan memberikan informasi yang jelas kepada pengguna tentang sifat konten yang mereka lihat.

Keputusan YouTube untuk bekerja sama dengan label rekaman, termasuk Universal Music Group (UMG), mencerminkan upaya untuk memberi penghargaan kepada label dan artis atas cover musik yang dihasilkan AI.

Meskipun hal ini dapat memberikan perlindungan bagi mitra industri musik, larangan terhadap konten AI juga menimbulkan kekhawatiran mengenai kebebasan berekspresi artistik dan kreativitas pembuat konten.

Jadi Timbulkan Banyak Perdebatan

Kritik terhadap tindakan keras ini mencakup kekhawatiran bahwa pembuat konten yang mengandalkan konten AI untuk ekspresi artistik dan hiburan akan sangat terkena dampaknya. Ada juga yang berpendapat bahwa kebijakan ini dapat menimbulkan ketidakpastian dalam pembuatan konten di platform YouTube.

Secara umum, keputusan YouTube untuk menerapkan aturannya sendiri terhadap konten AI menciptakan diskusi yang lebih mendalam tentang transparansi, keberlanjutan, dan dampaknya terhadap ekosistem pembuat konten.

Kemitraan dengan label rekaman dan peran YouTube dalam membuat pedoman dan aturan baru untuk konten AI menciptakan lanskap hak cipta dan pembuatan konten digital baru yang menarik.

Efek Kemitraan Dengan Label Rekaman

Kemitraan dengan Universal Music Group dan tindakan tegas terhadap konten AI menunjukkan upaya platform ini untuk menyeimbangkan kepentingan pembuat konten, pemilik hak cipta, dan komunitas YouTube secara keseluruhan.

Tantangan yang dihadapi terkait dengan sulitnya pengelolaan hak cipta pada konten berbasis AI. Pada saat yang sama, inovasi didasarkan pada kemungkinan perkembangan teknologi yang dapat meningkatkan industri musik dan produksi konten secara umum.

Proses permintaan privasi YouTube adalah kunci untuk menentukan masa depan konten AI terkait karakter, dan proses ini menyoroti perlunya analisis yang cermat untuk memahami maksud dan dampak konten ini. Dengan dunia produksi konten digital yang terus berubah, tantangan dan inovasi ini mengarah pada diskusi mendalam tentang masa depan ekspresi artistik, hak cipta, dan kekayaan intelektual di era digital.

Pembuat konten, label rekaman, dan perusahaan teknologi harus mampu beradaptasi dengan perubahan ini dan mempertimbangkan dampaknya terhadap kreativitas, inovasi, dan kekayaan intelektual. Keputusan YouTube untuk melarang konten AI yang meniru manusia menciptakan hubungan menarik antara teknologi, undang-undang hak cipta, dan kreativitas.

Seiring dengan perkembangan yang terus berlanjut, penting untuk terus memantau dampak kebijakan ini terhadap pengguna YouTube secara keseluruhan dan bagaimana keputusan ini dapat membentuk tren masa depan dalam industri produksi konten.

Baca juga: YouTube Hadirkan Laman Baru Khusus Berita

Uji Coba Fitur Baru Berbasis AI

YouTube_3c

YouTube. (Sumber: Tech Crunch)

Meski memiliki potensi konten yang disempurnakan dengan AI, platform distribusi video ini terus mendorong inovasi kecerdasan buatan pada fitur-fiturnya.

Baru-baru ini, dilaporkan bahwa YouTube menguji dua fitur bertenaga AI sebagai bagian dari upayanya untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dan meningkatkan pengalaman di platform. Fitur pertama yang diuji YouTube adalah kemampuan menandai topik di kolom komentar.

Oleh karena itu, AI bertanggung jawab untuk menerima dan memilah konten berdasarkan topik atau topik yang relevan.

Setelah selesai, pembuat konten juga akan memiliki opsi untuk menyesuaikan fitur tersebut dengan menghapus perkataan seseorang tentang topik tersebut. Selain itu, fitur ini terbatas pada komentar yang diposting, kecuali komentar yang diblokir atau diaudit.

GizmoChina melaporkan bahwa fitur YouTube saat ini sedang diuji hanya dengan beberapa video berbahasa Inggris. Bagian kedua adalah chatbot AI, yang dirancang untuk berinteraksi dengan pemirsa selama pemutaran video.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...

Tech Industry

Unbox.id – Layanan berbagi video YouTube kini lebih aktif memerangi AdBlocker. Salah satu cara untuk mencegah aktivitas pemblokiran iklan adalah dengan menyasar aplikasi pemblokir...

Tech Industry

Unbox.id – Chatbot AI yang diproduksi perusahaan Elon Musk kini mampu “memahami” gambar, mulai dari diagram hingga tabel berisi informasi. Hal tersebut diungkapkan xAI...

Tech Industry

Unbox.id – Elon Musk, CEO Tesla dan pemilik platform media sosial X, kembali menjadi perbincangan setelah mengutarakan pandangannya tentang kecerdasan buatan (AI). Dalam wawancara...