Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

YouTube Kini Hadirkan Fitur Corrections Untuk Koreksi Konten

YouTube Kini Hadirkan Fitur Corrections Untuk Koreksi Konten (sumber: searchenginejournal.com)
YouTube Kini Hadirkan Fitur Corrections Untuk Koreksi Konten (sumber: searchenginejournal.com)

Jakarta, Unbox.id – YouTube adalah merupakan situs video terbesar di dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna bulanan. Sudah banyak orang yang berkarya melalui platform ini dan bahkan tak jarang yang akhirnya menjadi terkenal dan mendapatkan pengasilan.

Kabar baiknya, baru-baru ini, YouTube merilis fitur baru mereka yakni memungkinkan pengguna untuk dapat mengoreksi konten mereka.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan para konten kreator untuk untuk memperbaiki kesalahan dalam deskripsi video yang mereka unggah. Hal ini bisa berupa kesalahan ketik, salah pengucapan pada video, ataupun informasi lain apa pun yang mungkin ingin diperbaiki atau diperbarui oleh para konten  kreator dalam videonya.

Di YouTube sendiri, biasanya konten video yang diunggah sudah harus bersifat final dan tak ada kesalahan. Pasalnya, jika terdapat kesalahan, Anda harus memperbaikinya dan mengunggah kembali konten tersebut. Hal itu tentu merepotkan dan membuat pengguna menjadi kehilangan semua komentar, suka, terhadap video tersebut.

Baca juga: Youtube Akan Hadirkan Fitur NFT Untuk Para Kreator

Biasanya beberapa konten kreator yang mungkin tidak teliti ketika mengedit, dan menyadari bahwa terdapat kesalahan dalam videonya, mereka cenderung untuk memberikan informasi tambahan terkait kesalahan tersebut melalui deksripsi maupun komentar yang di pin.

Oleh karena itu, dengan hadirnya fitur Corrections ini memungkinkan pengguna untuk lebih mudah melakukan koreksi pada video mereka dengan lebih jelas. Pengguna akan dapat melakukan koreksi bahkan setelah rekaman video sudah diunggah ke channel mereka, dan tentunya tidak mengharuskan video untuk dihapus.

Fitur Corrections YouTube (sumber: theverge.com)

Fitur Corrections YouTube (sumber: theverge.com)

Fitur Corrections ini akan muncul sebagai kartu info pada sudut kanan atas video pada stempel waktu yang relevan. Pengguna dapat menekan pemberitahuan tersebut untuk menambahkan catatan koreksi ke dalam deskripsi video.

Di sisi lain layar, para penonton dapat klik kartu dan kemudian akan muncul catatan tentang catatab koreksi yang telah dibuat oleh konten kreator mengenai video tersebut. Google telah memberikan panduan lengkap tentang cara menggunakan fitur baru ini dalam dokumen dukungan.

YouTube sendiri menghadirkan fitur tersebut setelah mendapat masukan dari para konten kreator. Bagi para konten kreator yang memenuhi syarat akan dapat segera memiliki akses untuk fitur ini pada akhir Juni nanti. Fitur ini tidak akan tersedia bagi pengguna yang mendapat teguran di channelnya atau ditandai sebagai tidak pantas untuk sebagian penonton.

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Untuk Slow Motion Video Android

Fitur ini tentu menjadi kabar baik dan tentunya akan sangat berguna bagi para konten kreator karena para pengguna dapat memilih untuk mengedit ulang video mereka di dalam platform atau pun dengan mengunggahnya kembali.

Meskipun fitur ini bukanlah sebuah solusi yang sempurna, setidaknya ini akan membantu membuat penonton memahami secara jelas ketika konten kreator memberikan klarifikasi terkait video tersebut dengan benar.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: theverge.com, searchenginejournal.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Kabar baik datang untuk para pengguna smartwatch besutan Apple yakni Apple Watch. Hal tersebut berkat hadirnya aplikasi yang bernama WatchTube dimana...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Platform media sosial yang paling digandrungi anak muda saat ini, Instagram telah menghadirkan fitur Reels yang menambah popularitasnya di tengah masyarakat....

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – YouTube dikabarkan akan menghadirkan fitur NFT atau nonfungible token bagi para kreator di platformnya. Hal tersebut diungkapkan oleh CEO YouTube, Susan...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Hadirnya platform video pendek rupanya membuka peluang bagi banyak orang untuk menjadi konten kreator dan bahkan mendapatkan penghasilan dari hal tersebut....