Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

YouTube Hadirkan Laman Baru Khusus Berita

Youtube Platform_1a
Youtube Platform. (Sumber: The Verge)

Unbox.id – YouTube meluncurkan pembaruan yang memudahkan pengguna menonton berita terkini dan membantu penerbit berita membuat video pendek. Tech Crunch melaporkan, YouTube memperkenalkan situs menonton berita yang kaya. Oleh karena itu, halaman ini akan mengumpulkan konten dari berbagai sumber media atau penerbit resmi. Selain itu, perusahaan streaming video ini juga telah meluncurkan “Program Inovasi Berita Singkat.” Program ini akan memberikan dukungan finansial dan lainnya kepada media berita yang membuat video pendek di platform tersebut. Pertama, aplikasi streaming video ini bermitra dengan lebih dari 30 organisasi di 10 negara, sekaligus menyediakan total USD 1,6 juta atau setara Rp 25,3 juta, untuk mendanai upaya mereka. “Selama tahun depan, pakar YouTube akan bekerja sama dengan agensi media termasuk Univision di AS, AFP di Prancis, dan Mediacorp di Singapura mengenai strategi konten Shorts dan praktik terbaik produksi video,” kata YouTube dalam postingan blognya.

Membantu Penerbit Berita

Youtube Platform_2b

Youtube Platform. (Sumber: Freedough)

YouTube mengatakan tujuan program ini adalah membantu penerbit berita yang ingin mengembangkan konten berdurasi pendek namun tidak memiliki sumber daya untuk melakukannya.

Dalam postingan blognya, YouTube juga mengungkapkan bahwa halaman tontonan berita akan menampilkan konten dari sumber berita berupa video on-demand, live stream, podcast, dan video pendek di YouTube.

Dengan cara ini, pemirsa dapat menjelajahi kejadian terkini dari berbagai sumber dan sudut pandang. Selain mendukung berbagai format, pengguna juga memiliki opsi untuk melihat berita lebih detail atau menonton video pendek.

Situs pemantauan baru akan diluncurkan untuk pengguna seluler di sekitar 40 negara. YouTube juga berencana meluncurkan versi desktop dan TV dari fitur ini di masa mendatang. Perusahaan milik Google ini yakin bahwa pembaruan pada pengalaman berita ini akan membantu pemirsa mengakses opini yang lebih beragam dan dapat dipercaya tentang berita tertentu.

YouTube Luncurkan Fitur-Fitur AI Generatif untuk Membantu Kreator Konten

Sebelumnya, pada 21 September 2023, YouTube memperkenalkan 5 alat AI sintetis yang dapat digunakan pengguna untuk membuat konten. Mengutip Mashable, inilah alat AI yang akan diperkenalkan YouTube. Dream Screen akan diluncurkan pada tahun 2024. Alat ini memungkinkan pembuat konten menemukan latar belakang video mereka hanya dengan memasukkan ide visual.

YouTube memamerkan kemampuan Dream Screen selama acara Made on YouTube. Ini lebih bersih dibandingkan beberapa alat pembuatan video AI lainnya. Namun, gambarnya masih terlihat sangat dihasilkan oleh AI. YouTube Create adalah aplikasi baru dan akan tersedia di Google Play Store untuk pengguna Android. Versi iOS akan dirilis pada tahun 2024.

Ini pada dasarnya adalah jawaban YouTube terhadap CapCut, alat pengeditan video seluler populer dari salah satu pesaing terbesar perusahaan, TikTok. Menurut YouTube, aplikasi pengeditan baru ini tidak hanya untuk video pendek di YouTube Shorts, tetapi juga untuk video berdurasi panjang.

Baca juga: Sekarang Bisa Jual Beli Produk Saat Streaming Di Youtube

Menemukan Musik dengan AI Sampai Lakukan Sulih Suara

Youtube Studio_3c1

Youtube Studio. (Sumber: Social Pilot)

Berbicara tentang musik untuk pembuat konten, alat YouTube baru yang didukung AI akan membantu YouTuber menemukan lagu yang sempurna untuk konten mereka. Mulai tahun depan, pembuat konten dapat menelusuri musik di YouTube Studio dengan mendeskripsikan videonya atau jenis musik yang dicari.

Mereka bahkan dapat menentukan durasi lagu dan membagikan artis atau genre musik. Alat AI kemudian akan menyarankan “jalur yang tepat dengan harga yang tepat.” YouTube juga memasukkan AI untuk membantu pembuat konten lebih memahami konten apa yang akan dibuat. Dengan fitur ini, pembuat konten akan diberi saran ide video berdasarkan apa yang sudah ditonton oleh pemirsanya.

Alat baru lainnya bagi pembuat konten yang akan hadir di YouTube tahun depan adalah suara yang dihasilkan AI dengan bantuan Aloud. Hanya dengan satu klik, alat ini secara otomatis menerjemahkan video dari pembuat konten ke berbagai bahasa.

Opsi bahasa kemudian diintegrasikan langsung ke dalam pengaturan video sehingga pemirsa tidak perlu mencari unduhan berbeda dari video yang sama dengan subtitle yang tepat.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Layanan berbagi video YouTube kini lebih aktif memerangi AdBlocker. Salah satu cara untuk mencegah aktivitas pemblokiran iklan adalah dengan menyasar aplikasi pemblokir...

Apps & Games

Unbox.id – Pada Januari 2024, layanan YouTube Premium dan Musik memiliki lebih dari 100 juta pelanggan, termasuk uji coba gratis. Ini mewakili peningkatan 20...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Jika Anda membuat video YouTube, Anda pasti tahu betapa sulitnya mengomentari komentar, namun fitur baru ini membuat pengelolaan komentar tersebut jauh...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Kabar yang sedikit tidak menyenangkan bagi Anda yang menikmati layanan Youtube berbayar alias premium. Pengguna lama layanan berbayar platform berbagi video...