Social Media

YouTube Course Masuk, EdTech Ketar-Ketir!

Unbox.id – YouTube Course baru saja launching di India. Pertanda besar kalau raksasa streaming video ini bakalan masuk ke sektor pendidikan. Tentu saja, course mereka sajikan bakalan GRATIS! hal tersebut mendulang decak kagum sekaligus ketakutan bagi beberapa pihak terutama EdTech.

India jadi pilot project YouTube Courses pertama kalinya. Bahkan course dari YouTube sendiri bakalan mirip dengan YouTube biasa. Tentu saja beberapa hal seperti iklan bakalan tetap ada. Namun, iklan ini bakalan tak ada apabila membeli paket khusus course.

Menariknya, program baru dari Google ini menjawab keluh kesah orang tua dan orang dewasa yang tidak bisa mengakses beragam skill dan harus membayar puluhan juta hanya untuk dapatkan sertifikat bahkan pekerjaan dari sebuah bootcamp.

Adapun berlangganan paket supaya bisa mengakses materi belajar yang tersedia di EdTech tersebut. Jika tidak maka hanya terbatas oleh kuota bahkan tidak bisa mengakses sama sekali.

Terobosan Baru Bagi Pendidikan di India

Terobosan baru ini berikan solusi bagi masyarakat India untuk meningkatkan skill dan kemampuan mereka. Bahkan mereka sendiri masih dalam tahap beta pasca pengumuman YouTube Course tersebut. Malah, potensi dari proyek ini begitu besar, karena bisa menyedot para content creator pendidikan.

Skema course ini masih dalam tahap uji coba, namun Techcrunch membocorkan kalau dalam konferensi itu mereka bakal monetize konten pengajaran para guru ataupun mereka yang bergabung dengan program tersebut. Bahkan ada paket berlangganan untuk sekedar hilangkan iklan saja.

Sebuah terobosan menarik sekaligus solusi mana ilmu itu sebenarnya gratis dan bisa kita akses namun harga yang mereka dapatkan itu tidak seperti yang mereka bayangkan. Terkadang saja, untuk membeli paket saja harus berutang dulu dan harga yang mereka dapatkan tentang ilmu-nya itu sangat mahal alias tidak terjangkau.

Bahkan konten ajaran oleh guru dan YouTube sebagai platform bakal beri pilihan menarik buat penonton. Yaitu, konten ini nantinya berbayar atau gratis. Sampai ada kolom interaksi tanya jawab bagi pengguna seperti murid yang bertanya soal materi yang mereka jelaskan.

Hal tersebut menjadikan YouTube semakin besar dan malah memudahkan bagi pengguna terutama yang tidak berkantong tebal untuk mengakses materi pendidikan apapun.

Indonesia Kebagian  Tahun 2024?

Masih bahas soal YouTube Course, kabar gembira-nya bakal masuk 2024 mendatang. Hal tersebut berdasarkan pantauan dari akun Instagram bernama @ecommurz, mereka dapatkan info kalau YouTube Course sendiri bakalan masuk ke Indonesia pada tahun 2024 dan uji coba pada pengguna terbatas tahun depan atau 2023.

Sebuah peluang besar sekaligus ketakutan bagi EdTech Indonesia yang memasuki masa paceklik setelah bulan madu mereka saat pandemi kemarin mendulang pemasukan besar.

Sumber: TechCrunch

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Layanan berbagi video YouTube kini lebih aktif memerangi AdBlocker. Salah satu cara untuk mencegah aktivitas pemblokiran iklan adalah dengan menyasar aplikasi pemblokir...

Apps & Games

Unbox.id – Pada Januari 2024, layanan YouTube Premium dan Musik memiliki lebih dari 100 juta pelanggan, termasuk uji coba gratis. Ini mewakili peningkatan 20...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Jika Anda membuat video YouTube, Anda pasti tahu betapa sulitnya mengomentari komentar, namun fitur baru ini membuat pengelolaan komentar tersebut jauh...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Kabar yang sedikit tidak menyenangkan bagi Anda yang menikmati layanan Youtube berbayar alias premium. Pengguna lama layanan berbayar platform berbagi video...

Copyright © 2023 RMN

Exit mobile version