Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Youtube Akan Hadirkan Fitur NFT Untuk Para Kreator

Youtube Akan Hadirkan Fitur NFT Untuk Para Kreator (sumber: techcrunch.com)
Youtube Akan Hadirkan Fitur NFT Untuk Para Kreator (sumber: techcrunch.com)

Jakarta, Unbox.id – YouTube dikabarkan akan menghadirkan fitur NFT atau nonfungible token bagi para kreator di platformnya. Hal tersebut diungkapkan oleh CEO YouTube, Susan Wojcicki, bahwa mereka akan merambah NFT sebagai sumber pendapatan lain bagi pembuat konten di masa yang akan datang.

Susan selaku CEO YouTube juga mengungkapkan bahwa, mereka selalu fokus untuk memperluas ekosistem YouTube guna membantu para konten kreator memanfaatkan teknologi yang baru, termasuk hal-hal seperti NFT, sembari terus memperkuat dan meningkatkan pengalaman para konten kreator konten dan penggemar di YouTube.

Rencananya, YouTube akan berinvestasi pada sejumlah sektor seperti gym, belanja, dan berencana untuk mendukung para konten kreator. Selain NFT, Susan menatakan bahwa mereka melihat Web3 sebagai sumber inspirasi dan peluang dengan organisasi otonom terdesentralisasi atau decentralized autonomous organizations/DAO.

Baca juga: 6 Aplikasi Edit Foto Terbaik 2022

NFT merupakan sebuah aset atau token digital berbentuk kode yang disimpan di blockchain dalam bentuk smart contract. NFT juga merupakan token yang merepresentasikan kepemilikan unik. Segala item yang unik dan tak bisa dipertukarkan dapat ‘ditandai’ di dunia NFT, mulai dari karya seni, barang koleksi, hingga properti. Benda-benda itu merupakan sebuah benda unik karena tidak dapat digantikan dengan apa pun. Para pemiliknya juga disebut sebagai kolektor NFT.

Sebenarnya, YouTube memang sudah memiliki sejumlah cara yang memungkinkan para konten kreator untuk menampilkan NFT mereka masing-masing jika diinginkan.

Fitur tersebut yakni merch shelf yang berada di sisi bawah video tempat para kreator dapat menampilkan berbagai produk mereka seperti pakaian, koleksi, boneka, cd atau piringan hitam, dan sebagainya.

Dengan begitu, YouTube layak bermitra dengan platform NFT dan mengintegrasikan teknologi dompet kripto untuk memungkinkan para konten kreator dapat menampilkan NFT. Sejumlah konten kreator  YouTube juga tercatat telah membuat videonya menjadi NFT dan menjualnya.

Menyusul Twitter, Facebook, dan Tiktok

Menyusul Twitter, Facebook, dan Tiktok (sumber: dexerto.com)

Menyusul Twitter, Facebook, dan Tiktok (sumber: dexerto.com)

Tak heran jika YouTube tengah mempertimbangkan untuk memperluas fiturnya ke NFT. Sebab, sejumlah platform media sosial telah lebih dulu melakukan hal serupa. Seperti misalnya Twitter, yang sudah meluncurkan fitur NFT pertamanya dengan menambahkan dukungan untuk NFT Profile Pictures. Fitur ini memungkinkan para kreator mengatur NFT mereka sebagai foto profil berbentuk heksagonal yang ketika diklik memungkinkan orang lain untuk mempelajari lebih lanjut.

Baca juga: 6 Aplikasi Untuk Nonton TV Online di Android

Selain itu, Facebook pada pekan lalu juga dikabarkan tengah melakukan uji coba untuk memungkinkan para konten kreator dapat membuat dan menjual NFT di patform Facebook dan Instagram. Saat ini pihaknya sedang melakukan uji coba kepada para konten kreator terpilih di Amerika Serikat. Sementara itu, TikTok juga sudah lebih dulu mengumumkan koleksi NFT yang dibuat oleh beberapa konten kreator platform tersebut.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: techcrunch.com, dexerto.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – X, alias Twitter, telah memperluas dukungan untuk keamanan login kata sandi, menjadikan opsi tersebut tersedia bagi pengguna di seluruh dunia, selama mereka...

Tech Industry

Last updated on 8 April, 2024 Unbox.id – X, platform media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter dan kini dimiliki oleh Elon Musk, menawarkan...

Tech Industry

Unbox.id – YouTube terus meningkatkan program monetisasi kontennya melalui video pendek. Dikutip Engadget, perusahaan mengumumkan bahwa lebih dari seperempat pembuat konten yang tergabung dalam...

Tech Industry

Last updated on 31 Maret, 2024 Unbox.id – Elon Musk telah membuat chatbot AI Grok perusahaannya, Grok, tersedia bagi banyak orang yang membayar langganan...