Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Yahoo Setuju Membayar Ganti Rugi Sebesar $ 50 Juta

Last updated on 28 Oktober, 2018

Unbox.id – Dilansir dari Associated Press, hari rabu (24/10) Yahoo telah menyetujui untuk membayar kerugian sebesar $ 50 juta yang disebabkan karena kejadian pembobolan keamanan Yahoo pada 3 juta akun pengguna pada tahun 2013 lalu.

Selama menerima persetujuan pengadilan federal pada bulan berikutnya, persyaratan penyelesaian gugatan kelompok juga akan memberikan dua tahun layanan monitoring bebas bagi akun pengguna yang telah di retas yang berbasis di US dan Israel, yang diyakini sebagai akun pengguna terbanyak yang diretas.

Informasi yang dicuri dari akun pengguna tersebut berupa nama pengguna, alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, kata sandi, serta pertanyaan dan jawaban keamanan.

Seakan itu masih belum cukup, Yahoo membutuhkan waktu selama tiga tahun untuk mengungkapkan detail pencurian data tersebut, dan lingkup sebenarnya dari peristiwa itu tidak diungkapkan dengan benar.

Hal-hal sulit seakan terus datang, waktu penebusan itu datang setelah Verizon setuju untuk membeli perusahaan web ini dalam sebuah kesepakatan senilai $ 4,8 miliar. Masalah yang terkait dengan kejadian peretasan akun pengguna ini memaksa Yahoo untuk mengurangi angka tersebut sebesar $ 350 juta.

Penyelesaian masalah ini akan rampung dalam minggu ini di pengadilan distrik federal di San Jose, California, yang mencakup sekitar satu miliar akun yang dimiliki dan di-estimasi ada 200 juta pengguna dari US dan Israel dari tahun 2012 hingga 2016.  Verizon setuju untuk membayar setengah dari ganti rugi ini, sementara itu Altaba akan membayar sisanya.

Ganti rugi untuk pengguna yang diretas

Jika pengadilan menyetujui kesepakatan tersebut, pengguna yang terkena dampak ini dapat mengajukan klaim atas dana sebesar $ 50 juta.

“Biaya ini mencakup hal-hal seperti pencurian identitas, pengembalian pajak tertunda atau masalah lain yang terkait dengan memiliki informasi pribadi yang dicuri selama Yahoo dibobol,” kata AP.

Misalnya, pemegang akun Yahoo yang kehilangan akses terhadap akun nya dapat mengklaim hingga 15 jam waktu lamanya, dan selama kehilangan akses tersebut akan dikenakan biaya $ 25 per jam dan apabila kehilangan hingga 15 jam, pengguna mendapat ganti rugi sebesar $ 375.

Selain itu, bagi pengguna Yahoo yang berlangganan hingga $ 50 per tahun untuk akun email premium dapat mengklaim pengembalian sebesar 25 persen.

Persetujuan akhir dari penyelesaian yang diusulkan ini akan dipertimbangkan selama persidangan di Northern District of California pada tanggal 29 November 2018.

Baca Juga – Tumblr Berjanji Perbaiki Bug Terkait Masalah Data Pengguna

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur AS (CISA) mengungkapkan bahwa peretas yang didukung oleh pemerintah Rusia menggunakan akses ke sistem email Microsoft untuk...

Tech Industry

Unbox.id – Pencuri SIM atau pencuri nomor ponsel (kartu SIM) kini telah menyesuaikan serangannya untuk mencuri nomor telepon target dengan mentransfernya ke kartu eSIM...

Tech Industry

Unbox.id – IMF atau Dana Moneter Internasional baru saja mengungkap bahwa mereka menjadi korban peretasan komputer yang dilakukan orang tak dikenal. Berkat aksinya tersebut,...

Tech Industry

Unbox.id – 380.000 data pengguna Biznet bocor di dark web. Data yang bocor berupa nama, email, NIK, NPWP, nomor ponsel, alamat, dll. Terkait informasi...