Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Xiaomi Debutkan Kacamata Pintar Konseptual

Xiaomi-smart-glasses-5
Xiaomi-smart-glasses-5

Last updated on 20 September, 2021

Jakarta, Unbox.id – Terus berinovasi, Xiaomi mencoba membuat banyak hal, dan sekarang tampaknya perusahaan ini akan membuat sepasang kacamata pintar sebagai produk berikutnya.

Sayangnya hal ini masih sebatas “mungkin” karena perusahaan menyebutkan masih konseptual. Namun rasanya itu sangat bisa untuk menjadi kenyataan untuk masa depan.

Bahkan Xiaomi telah mengumumkan kacamata pintar itu disebut Xiaomi Smart Glasses.

Seorang juru bicara perusahaan memberitahu The Verge bahwa tidak ada rencana untuk benar-benar menjualnya. Namun Xiaomi telah memberikan detail yang cukup untuk membuat produk konsep tampak masuk akal, setidaknya untuk beberapa titik di masa depan.

Dari sudut pandang desain, Xiaomi belum sepenuhnya menyelesaikannya. Hal itu bagus karena akan tampak normal ketika dipadukan dengan busana dan mode biasa.

Meski masih “mungkin”, namun produk baru Xiaomi ini akan memiliki kemampuan yang lebih daripada sekedar sepasang kacamata pintar.

Karena di bocorannya, kacamata ini dapat menampilkan notifikasi di lensa, melakukan panggilan, menavigasi, mengambil foto, dan bahkan menerjemahkan teks secara real-time.

Menurut Xiaomi, kacamata pintar konsep ini memiliki bentuk yang relatif konvensional. Tidak seperti kacamata Stories Facebook dan Ray Ban yang baru saja diumumkan.

Baca juga : Spesifikasi Lengkap Vivo X70 Pro Plus Dan Keunggulannya

Micro LED

Xiaomi Kacamata Pintar

Xiaomi Kacamata Pintar

Kacamata ini sebenarnya memiliki tampilan yang dapat digunakan untuk fitur AR, dan akan menggunakan sistem micro LED monokrom untuk backlighting.

Dibenamkannya sistem ini karena kepadatan piksel yang lebih tinggi dan umur yang lebih lama, meski strukturnya lebih sederhana bila dibandingkan dengan OLED.

Sebagai penerus dari sistem OLED, Micro LED adalah teknologi tampilan self-emissive. Namun, sangat mahal dan belum digunakan di lebih dari segelintir produk komersial.

Meski demikian, Xiaomi tetap menggunakan MicroLED. Hal ini karena memungkinkan tampilan yang lebih ringkas, serta integrasi layar yang lebih mudah.

Apalagi kacamata pintar ini juga akan dilengkapi chip layar berukuran 2.4mm x 2.02mm. Berukuran sangat kecil bahkan bisa saja seukuran sebutir beras yang tentu sangat ringan dan memiliki kecerahan puncak 2 juta nits.

Xiaomi juga mengklaim bahwa kacamata tersebut akan menggunakan teknologi optical waveguide yang dapat membiaskan cahaya pada 180 derajat, untuk memastikan akurasi saat memancarkan cahaya ke mata kita.

Bahkan kacamata itu sendiri adalah perangkat Android independen yang tidak memerlukan koneksi telepon konstan. Namun di dalamnya dibenamkan prosesor Arm quad-core yang tidak ditentukan, modul Wi-Fi dan Bluetooth, baterai, dan kamera lima megapiksel, dengan hanya memiliki berat 51 gram.

Baca juga : Logitech Luncurkan Logi Dock Khusus Untuk Bekerja Dari Rumah

Konseptual

xiaomi

xiaomi

Kedengarannya cukup keren, tetapi saat ini juga terdengar lebih seperti daftar keinginan dari hal-hal yang ingin dimasukkan Xiaomi ke dalam kacamata pintar.

Tidak tahu kapan perusahaan ini akan benar-benar mewujudkannya, tetapi pengumuman itu menunjukkan bahwa mereka sedang memikirkannya.

Seperti yang disebutkan, kacamata ini tidak akan tersedia untuk umum dan bahkan mungkin tidak ada, jadi bisa saja kita melihat klaim Xiaomi dengan skeptis.

Namun, setelah melihat Facebook membuat pengumuman tepat sebelum acara iPhone Apple, maka demonstrasi konsep adalah indikator yang jelas bahwa Xiaomi ingin dianggap sebagai pemain di ruang AR. (Eli/Eve)

 

Sumber dan foto : dari berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Google

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru dikabarkan bahwa Google dapat bekerja pada ponsel lipat Pixel. Handset yang dimaksud memiliki kode nama “Passport”, yang seperti namanya mungkin...

Hardware

Jakarta, Unbox.id – Pada tahun 2018, Facebook meluncurkan perangkat panggilan video pertama mereka yang disebut Portal. Perusahaan kemudian menindaklanjuti dengan lebih banyak perangkat Portal...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Sony mengumumkan tentang pembaruan mereka untuk perangkat game Sony PS5 – yang dapat menambahkan SSD mereka sendiri ke konsol. Konsol Sony...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id – GoPro resmi mengumumkan peluncuran Hero 10 Black yang dilengkapi dengan 5.3K60 dan fitur seperti smartphone. Tentu saja perangkat yang satu ini...