Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Xiaomi Debutkan Kacamata Pintar Konseptual

Xiaomi-smart-glasses-5
Xiaomi-smart-glasses-5

Last updated on 20 September, 2021

Jakarta, Unbox.id – Terus berinovasi, Xiaomi mencoba membuat banyak hal, dan sekarang tampaknya perusahaan ini akan membuat sepasang kacamata pintar sebagai produk berikutnya.

Sayangnya hal ini masih sebatas “mungkin” karena perusahaan menyebutkan masih konseptual. Namun rasanya itu sangat bisa untuk menjadi kenyataan untuk masa depan.

Bahkan Xiaomi telah mengumumkan kacamata pintar itu disebut Xiaomi Smart Glasses.

Seorang juru bicara perusahaan memberitahu The Verge bahwa tidak ada rencana untuk benar-benar menjualnya. Namun Xiaomi telah memberikan detail yang cukup untuk membuat produk konsep tampak masuk akal, setidaknya untuk beberapa titik di masa depan.

Dari sudut pandang desain, Xiaomi belum sepenuhnya menyelesaikannya. Hal itu bagus karena akan tampak normal ketika dipadukan dengan busana dan mode biasa.

Meski masih “mungkin”, namun produk baru Xiaomi ini akan memiliki kemampuan yang lebih daripada sekedar sepasang kacamata pintar.

Karena di bocorannya, kacamata ini dapat menampilkan notifikasi di lensa, melakukan panggilan, menavigasi, mengambil foto, dan bahkan menerjemahkan teks secara real-time.

Menurut Xiaomi, kacamata pintar konsep ini memiliki bentuk yang relatif konvensional. Tidak seperti kacamata Stories Facebook dan Ray Ban yang baru saja diumumkan.

Baca juga : Spesifikasi Lengkap Vivo X70 Pro Plus Dan Keunggulannya

Micro LED

Xiaomi Kacamata Pintar

Xiaomi Kacamata Pintar

Kacamata ini sebenarnya memiliki tampilan yang dapat digunakan untuk fitur AR, dan akan menggunakan sistem micro LED monokrom untuk backlighting.

Dibenamkannya sistem ini karena kepadatan piksel yang lebih tinggi dan umur yang lebih lama, meski strukturnya lebih sederhana bila dibandingkan dengan OLED.

Sebagai penerus dari sistem OLED, Micro LED adalah teknologi tampilan self-emissive. Namun, sangat mahal dan belum digunakan di lebih dari segelintir produk komersial.

Meski demikian, Xiaomi tetap menggunakan MicroLED. Hal ini karena memungkinkan tampilan yang lebih ringkas, serta integrasi layar yang lebih mudah.

Apalagi kacamata pintar ini juga akan dilengkapi chip layar berukuran 2.4mm x 2.02mm. Berukuran sangat kecil bahkan bisa saja seukuran sebutir beras yang tentu sangat ringan dan memiliki kecerahan puncak 2 juta nits.

Xiaomi juga mengklaim bahwa kacamata tersebut akan menggunakan teknologi optical waveguide yang dapat membiaskan cahaya pada 180 derajat, untuk memastikan akurasi saat memancarkan cahaya ke mata kita.

Bahkan kacamata itu sendiri adalah perangkat Android independen yang tidak memerlukan koneksi telepon konstan. Namun di dalamnya dibenamkan prosesor Arm quad-core yang tidak ditentukan, modul Wi-Fi dan Bluetooth, baterai, dan kamera lima megapiksel, dengan hanya memiliki berat 51 gram.

Baca juga : Logitech Luncurkan Logi Dock Khusus Untuk Bekerja Dari Rumah

Konseptual

xiaomi

xiaomi

Kedengarannya cukup keren, tetapi saat ini juga terdengar lebih seperti daftar keinginan dari hal-hal yang ingin dimasukkan Xiaomi ke dalam kacamata pintar.

Tidak tahu kapan perusahaan ini akan benar-benar mewujudkannya, tetapi pengumuman itu menunjukkan bahwa mereka sedang memikirkannya.

Seperti yang disebutkan, kacamata ini tidak akan tersedia untuk umum dan bahkan mungkin tidak ada, jadi bisa saja kita melihat klaim Xiaomi dengan skeptis.

Namun, setelah melihat Facebook membuat pengumuman tepat sebelum acara iPhone Apple, maka demonstrasi konsep adalah indikator yang jelas bahwa Xiaomi ingin dianggap sebagai pemain di ruang AR. (Eli/Eve)

 

Sumber dan foto : dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Xiaomi Indonesia menyediakan produk smartphone di semua segmen mulai dari harga terjangkau hingga kelas atas. Popularitasnya di Indonesia sudah tidak perlu diragukan...

Tech Industry

Unbox.id – Xiaomi 14 diluncurkan di MWC 2024 dan langsung diluncurkan di pasar global, termasuk Indonesia pada awal April lalu. Meski Xiaomi 14 baru...

Software

Unbox.id – Xiaomi terus meluncurkan HyperOS secara bertahap ke perangkat yang lebih tua. Hal ini disambut baik oleh pengguna karena beberapa perangkat lama seperti...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Xiaomi baru-baru ini meluncurkan Xiaomi TV S Mini LED di pasar Cina. Varian TV 75 inci kini telah tersedia di negara...