Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Wow, Pengguna Aktif di Spotify Tembus 500 Juta!

Spotify app_1s
Telah diketahui bahwa pengguna aplikasi Spotify di seluruh dunia telah menginjak 500 juta pengguna. (Sumber: TechArena)

Unbox.id – Layanan streaming Spotify mengumumkan bahwa mereka memiliki lebih dari setengah miliar pengguna aktif bulanan per 31 Maret 2023. Dalam laporan kuartal pertama 2023, Spotify mengatakan selama periode ini memiliki tepat 515 juta pengguna, meningkat 22%. tahun ke tahun, atau 5 persen pada kuartal sebelumnya. Perusahaan menyebut pertumbuhan jumlah pengguna aplikasi streaming musik ini telah melampaui ekspektasi mereka yakni 15 juta. Situs web resmi juga mengatakan pertumbuhan pengguna didorong oleh pasar yang masih berkembang, serta pasar maju dan pengguna dari segala usia. CEO Spotify Daniel Ek, dikutip The Verge, mengatakan pada Kamis (27 April 2023), bahwa hasil tersebut merupakan pertumbuhan pengguna terbesar kedua dalam sejarah layanan tersebut.

Pelanggan Premium Tercatat Mencapai 210 Juta

Spotify App_2s

Dari total 500 juta, lebih dari 200 juta pengguna adalah pengguna Premium. (Sumber; CNET)

Sedangkan untuk pelanggan Premium atau berbayar tercatat mencapai 210 juta, meningkat 15% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, di mana pasar Eropa dan Amerika Latin menghasilkan pertumbuhan tertinggi.

Terlepas dari segalanya, layanan streaming membukukan kerugian operasional bersih sebesar 156 juta euro untuk kuartal tersebut. Mengutip Engadget, ini jauh lebih tinggi dari kerugian €6 juta yang diderita pada kuartal pertama tahun 2022, meski lebih baik dari kerugian Spotify sebesar €270 pada kuartal sebelumnya.

Laporan jumlah pengguna Spotify terbaru ini mengikuti beberapa pemotongan terbaru perusahaan. Pada akhir Januari 2023, Spotify mengumumkan akan memberhentikan 6% tenaga kerja globalnya, yang diperkirakan mencapai hampir 600 pekerja.

Spotify Live Tutup

Spotify juga mengumumkan penutupan sejumlah proyek sampingan, termasuk Spotify Live yang mirip dengan Clubhouse, permainan musik bergaya Wordle, Heardle. Menurut Daniel Ek, dalam laporan pendapatan terbarunya, prioritas utama Spotify untuk tahun 2023 adalah “kecepatan dan efisiensi”.

Sebelumnya, dalam keterangan yang diterima The Verge pada Selasa (4 April 2023), juru bicara perusahaan Gayle Gaviola Moreau memastikan bahwa Spotify akan segera menghentikan aplikasi Spotify Live.

Menurutnya, Spotify Live tidak mengizinkannya untuk terus eksis sebagai aplikasi mandiri. Sementara itu, Spotify mengatakan akan terus menawarkan fitur audio langsung terbatas di aplikasi Spotify utama, seperti pesta mendengarkan.

Fitur ini memungkinkan penggemar top untuk terhubung dengan artis favorit mereka di ruang virtual. “Sementara aplikasi Spotify Live ditutup sepenuhnya, kami akan terus berinvestasi, berinovasi, dan menguji format baru untuk pembuat dan pendengar di seluruh dunia,” kata Gaviola Moreau.

Gaviola menambahkan bahwa Spotify telah mengamati penggunaan berbagai fitur di aplikasinya. Fitur ini akan terus dikembangkan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna. “Kami telah melihat hasil yang menjanjikan dalam kasus penggunaan grup pendengar yang berfokus pada artis, yang akan terus kami jelajahi untuk memfasilitasi interaksi langsung artis-penggemar,” katanya.

Baca juga: Cara Kontrol Spotify Di Oppo Reno8 T 5G

Komang Jadi Lagu Paling Banyak Diputar

Komang Spotify_3s

Komang jadi artis Indonesia populer pada saat ini dan bahkan pecahkan rekor lagu paling banyak diputar dalam sehari di Indonesia. (Sumber: Head Topics)

Sementara di Indonesia, penyanyi berusia 28 tahun asal Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Raim Laode memecahkan rekor pada 2023 dengan lagu Komang. Lagu tentang cinta Raim Laode kepada istrinya menjadi lagu yang paling banyak diputar dalam 24 jam di Spotify Indonesia pada 3 April 2023.

Single baru ini sukses luar biasa dibandingkan rilisan sebelumnya, seperti lagu Hati-hati di Jalan oleh Tulus dan Sekilas Kita oleh Joji. Melalui siaran pers resmi Spotify yang diterima pada Jumat, 7 April 2023, Raim Laode mengungkapkan rasa senangnya.

“Saya sangat senang melihat lagu ini diterima dengan baik oleh pendengar. Ketika lagu ini keluar pada Agustus 2022, saya tidak menyangka akan menjadi viral,” ujarnya. Raim Laode melanjutkan: “Pencapaian ini membuktikan bahwa tidak ada yang mustahil. Ini memperkuat keyakinan saya bahwa terkadang mimpi menjadi kenyataan pada waktu yang paling tidak terduga.”

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Spotify adalah layanan streaming musik dan podcast terpopuler saat ini. Layanan streaming ini memiliki jutaan judul lagu dari berbagai artis/musisi serta banyak...

Apps & Games

Unbox.id – Spotify akan menjadi perusahaan teknologi yang menerapkan kecerdasan buatan (AI) pada layanan streaming-nya. Ini bukan pertama kalinya Spotify mengacaukan AI, karena raksasa...

Apps & Games

Unbox.id – Spotify dilaporkan akan menaikkan harga berlangganan untuk layanan premiumnya setelah mempertahankan harga yang sama selama bertahun-tahun. Tanpa ragu, Spotify akan menggandakan harga...

Apple

Unbox.id – Belakangan ini, iPhone SE 4 sedang ramai diberitakan. Kabar terkini menunjukkan bahwa Samsung telah menolak tawaran Apple untuk memproduksi panel OLED untuk...