Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

WordPad, Aplikasi Pengolah Kata Windows Resmi Pensiun

WordPad
Wordpad akhiri masanya setelah 28 tahun menemani | Foto: Bleeping Computer

Jakarta, Unbox.id – WordPad, salah satu aplikasi Microsoft Office yang ada di komputer Windows saat ini kabarnya akan segera mengakhiri masanya. Hal tersebut diungkapkan oleh Microsoft melalui situs resmi pada permulaan September tahun 2023 ini.

“Perangkat lunak WordPad tidak akan lagi mendapat pembaruan, dan tidak akan rilis di sistem operasi terbaru Windows.” Demikian yang mereka ungkapkan pada situs resminya. Ini menjadi akhir bagi perjalanan aplikasi tersebut sejak tahun 1995 silam.

Baca juga: Bikin Catatan Kuliah Jadi Lebih Menarik Dengan Aplikasi Notes Ini

Dengan kata lain, WordPad telah menemani sistem operasi Windows selama 28 tahun dan membantu banyak pengguna dalam berbagai tugas. Akan tetapi, untuk sistem operasi Windows 11 version OS build 22621.2134, Anda masih dapat menjumpainya.

WordPad Menemani Penggunanya Setelah 28 Tahun

Setelah penghapusan tersebut resmi mereka umumkan, Microsoft lebih menyarankan para penggunanya untuk beralih ke aplikasi Word. Sebab, banyak aplikasi pesaing yang lebih canggih, dan banyak pembaruan yang tersedia di aplikasi Microsoft Office Word.

Sejatinya, ada beberapa aplikasi pengolah kata yang bisa Anda gunakan di sistem operasi Windows selain Word. Di antaranya adalah Notepad, Notebook, Sticky Notes, maupun aplikasi online seperti Google Docs dan lain sebagainya.

Baca juga: Negeri Tiongkok Batasi Penggunaan Smartphone

WordPad sendiri telah mendapat banyak pembaruan sehingga tampilannya sangat mirip dengan Microsoft Office Word. Salah satu fitur unik yang ada di dalamnya adalah pengguna dapat menggambar langsung dengan aplikasi Paint yang terhubung ke lembar dokumen.

Update Aplikasi Windows Terbaru

Selain itu, ada aplikasi OneNote atau Notebook yang dapat Anda gunakan untuk menulis memo di dalam catatan yang terintegrasi. Anda bisa menghubungkannya di internet sehingga catatan Anda bisa terakses melalui aplikasi di Android.

OneNote merupakan aplikasi yang dapat Anda integrasikan dengan aplikasi lainnya di dalam komputer Anda. Anda dapat menghubungkan catatan OneNote ke dalam aplikasi Word, Excell, maupun aplikasi pengolah dokumen lainnya di Windows.

Terbaru, yakni aplikasi sederhana untuk menulis dokumen dalam format txt, yakni Notepad. Ia mendapatkan pembaruan penyimpanan otomatis dan pemulihan tab secara otomatis. Hal ini terungkap dari ulasan berita di situs teknologi, The Verge, pada Senin, 4 September 2023.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft dikenal bermitra dengan Meta untuk memperkenalkan headset VR. Namun sepertinya headset VR ini tidak sepenuhnya merupakan hasil langsung dari kolaborasi kedua...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft Research Asia baru saja meluncurkan alat AI eksperimental baru yang disebut VASA-1. AI ini dapat memodifikasi gambar seseorang serta file audio...

Tech Industry

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist...

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...