Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Windows 7 dan 8 Tidak Dapat Gunakan Chrome Terbaru Bulan Depan

Windows 8_1_1_1
Windows 7 dan Windows 8 dikabarkan tidak dapat digunakan di varian Chrome tertentu di bulan depan. (Sumber: Gamebrott)

Unbox.id – Operasi lawas yang biasa digunakan seperti Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1 akan sirna dalam hitungan hari. Ketiga sistem operasi yang dimiliki oleh Microsoft pada tahun 2009, 2012, dan 2013 itu, tidak akan bisa lagi menjalankan peramban (browser) Google Chrome versi terbaru dimulai pada bulan depan. Lantas, Chrome versi apa yang akan menjadi terakhir untuk bisa digunakan lebih lanjut untuk varian Windows versi lawasnya? Berikut informasinya secara lengkap.

Chrome 109 Jadi Chrome Terakhir Buat Windows Lawas

Google Chrome 109_1

Para penggunanya perlu mengetahui bahwa Chrome 109 jadi Chrome jerakhir buat Windows lawas. (Sumber: Voonze)

Perlu diketahui, dalam laman dukungan Google, perusahaan menyatakan bahwa Chrome 109 adalah versi Chrome terakhir yang bisa berjalan di perangkat dengan Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1.

Google juga sudah dijadwalkan merilis versi baru Chrome 110 pada 7 Februari 2023 mendatang. Karena itu, ini menjadi versi Google Chrome pertama yang mengharuskan perangkat menjalankan sistem operasi minimal Windows 10 atau yang lebih baru.

Google mengatakan, perangkat Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1 tetap dapat menggunakan Google Chrome 109 untuk browsing sebagai versi terakhir yang dapat didukung. Namun, tiga sistem operasi lawas ini tidak akan lagi bisa mendapatkan Chrome versi terbaru, yaitu versi 110 dan selanjutnya, termasuk pembaruan keamanan dari Google.

Baca juga: Mengganggu? Ini Cara Matikan Notifikasi WhatsApp Di Windows 10

Memberikan Dampak Yang Cukup Besar

Windows 7 8_1

Nonaktifnya varian Windows versi lawas ini tentu berikan dampak yang cukup besar dalam skala global. (Sumber: KISS FM Medan)

Penghentian dukungan Google Chrome versi terbaru ini tampaknya akan berdampak pada pengguna dengan jumlah yang bisa dibilang tidak sedikit. Dampkanya ini dikabarkan akan terasa kepada para penggunanya secara langsung di seluruh dunia.

Sebab, meski terbilang OS lawas, Windows 7 dilaporkan masih menjadi OS yang banyak dipakai pengguna. Pada 2021 lalu, Windows 7 ditaksir masih terpasang di 100 juta perangkat.

Kemudian survei yang dilakukan melalui software Landsweeper pada Oktober 2022 terhadap 27 juta perangkat Windows juga menunjukkan ada lebih banyak PC yang masih menjalankan sistem operasi Windows XP, Windows 7 atau Windows 8 ketimbang Windows 11.

Karena itu, Google menghimbau pengguna Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1 untuk segera melakukan upgrade OS ke Windows 10 atau versi terbaru Windows 11 agar dapat tetap bisa menikmati Google Chrome dengan fitur serta keamanan paling update untuk di kemudian harinya.

Baca juga: Ketahui Cara Instal Update Windows 11 Versi 22H2

Penetapan Tanggal Nonaktif Dari Google

Pihak Google sudah menetapkan dan mengumumkan penghentian dukungan Google Chrome versi terbarunya untuk Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1 ini sejalan dengan penghentian dukungan yang dilakukan oleh Microsoft untuk ketiga OS lawas itu.

Selain dukungan pembaruan sistem dan keamanan, Microsoft juga akan menyetop dukungan peramban (browser) Edge 109, yaitu versi terakhir Edge untuk Windows 7 dan Windows 8.

Secara teknis, tentu browser itu masih akan tetap bisa berfungsi dengan normal. Namun, baik Edge ataupun Chrome tidak akan menerima pembaruan keamanan atau fitur baru.

Dukungan lain-Nya yang ikut disetop dari Windows 7 dan Windows 8 yaitu WebView2 – alat yang memungkinkan pengembang menyematkan konten berbasis web ke dalam aplikasi. Dukungan untuk WebView2 ini akan disetop per 10 Januari nanti dalam waktu dekatnya ini.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist...

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...