Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

WhatsApp Rilis Fitur Pintasan Untuk Obrolan AI

AI WhatsApp_1a
AI WhatsApp. (Sumber: Techverse)

Unbox.idWhatsApp meluncurkan fitur pintasan untuk membuka chat AI (kecerdasan buatan) dari tab Chat. WABetaInfo melaporkan, “Setelah menginstal pembaruan beta WhatsApp terbaru untuk Android 2.23.24.26, tersedia di Google Play Store, kami menemukan bahwa WhatsApp memperkenalkan pintasan baru untuk membuka obrolan AI,” lapor WABetaInfo.

Tombol Baru Yang Terletak di Tab Obrolan

AI WhatsApp_2b

AI WhatsApp. (Sumber: Media Tech Idea)

Menurut laporan, ada tombol baru di tab Obrolan, tepat di atas ikon untuk memulai obrolan baru. Dengan tombol ini, chat berbasis AI bisa dibuka dengan cepat, seperti dikutip News18. Dengan memperkenalkan pintasan khusus, pengguna dapat mengakses obrolan yang didukung AI langsung dari tab Obrolan tanpa membuka daftar kontak.

“Kami percaya bahwa proses ini secara signifikan mengurangi waktu dan upaya yang diperlukan untuk memulai diskusi ini. Selain itu, menempatkan pintasan yang menonjol pada tab Obrolan membuat pengguna menyadari fitur tersebut dan mengintegrasikan interaksi yang dibantu AI ke dalam penggunaan rutin aplikasi obrolan mereka,” jelas waBetaInfo.

Fitur baru saat ini hanya tersedia untuk penguji beta terpilih yang telah menginstal pembaruan WhatsApp beta terbaru di Google Play Store. Dikabarkan akan diluncurkan ke pengguna di seluruh dunia dalam beberapa minggu mendatang.

Pada saat yang sama, WhatsApp juga telah merencanakan kedatangan fitur-fitur baru lainnya di platform tersebut. Misalnya, WhatsApp berencana memperkenalkan iklan. Ada juga fitur verifikasi email untuk meningkatkan keamanan pengguna.

WhatsApp Akan Tampilkan Iklan dan Sistem Berlangganan

Selain itu, topik periklanan di WhatsApp mengemuka ketika media Brasil mewawancarai CEO WhatsApp Will Cathcart. Berbicara tentang Folha De S. Paulo dari Android Police, WhatsApp masih belum berencana menampilkan iklan di kotak masuk dan membatasi pengalaman pengguna saat mengobrol.

Namun, Cathcart mengatakan ada cara lain untuk menampilkan iklan di aplikasi perpesanan dengan Meta. Salah satunya ada di Channel atau Status. Misalnya saluran, di mana administrator dapat membayar biaya berlangganan atau pemegang akun ingin mempromosikan saluran tersebut. Tapi tidak, kami tidak akan memasang iklan di kotak masuk,” kata Cathcart.

Selain itu, Meta akan menambahkan fitur baru ke WhatsApp yang memungkinkan pengguna memverifikasi akun mereka dengan email. Hal ini bertujuan untuk menambah keamanan akun pengguna, mengutip GSM Arena.

Saat ini pembaruan tersebut hanya tersedia untuk pengguna WhatsApp Beta. WhatsApp beta baru untuk iOS (23.23.1.77) baru-baru ini diperbarui oleh program beta TestFlight dan versi serupa untuk Android (2.23.24.10).

Fitur standar yang sudah diterapkan di banyak aplikasi lain ini akhirnya tersedia dalam jumlah besar untuk WhatsApp di Android dan iOS.

Baca juga: Backup WhatsApp Di Android Akan Makan Kuota Penyimpanan Google

Akun WhatsApp Semakin Aman Dengan Fitur Baru

WhatsApp Mod_3c

WhatsApp Mod. (Sumber: Pixel Tech)

Diberitakan Beebom, halaman alamat email di WhatsApp sederhana, hanya ada opsi untuk memasukkan alamat email. Setelah menambahkan email, pengguna harus memeriksa konfirmasi email. Dengan cara ini, pengguna dapat mengakses dan memulihkan akun mereka.

Seperti yang diketahui, pengguna juga bisa memilih apakah akan menggunakan fitur ini atau tidak. Namun perlu diingat, konfirmasi email ini tidak menggantikan nomor telepon. Nomor telepon tetap diperlukan untuk mengakses akun WhatsApp di perangkat pengguna.

Selain menyediakan verifikasi email, WhatsApp juga memperkenalkan fitur verifikasi perangkat terlebih dahulu. Mengacu pada Inferse, otentikasi perangkat dirancang untuk mencegah serangan pengambilalihan akun (ATO). Selain itu, dengan fitur baru WhatsApp ini, pengguna akan mendapat peringatan jika mencoba mentransfer akun WhatsApp ke perangkat lain.

Dengan kata lain, tujuannya adalah untuk mencegah penyerang menggunakan malware untuk mencuri kunci otentikasi WhatsApp dan menghapus akun yang terpengaruh. WhatsApp mengatakan verifikasi perangkat telah diluncurkan ke semua pengguna Android dan diluncurkan ke pengguna iOS.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Dalam wawancara eksklusif baru-baru ini, CEO OpenAI Sam Altman menjelaskan GPT-4 baru secara mendetail dan mengisyaratkan rencana masa depan untuk GPT-5. Altman...

Tech Industry

Unbox.id – Google telah merilis fitur baru untuk meningkatkan kemampuan chatbot AI miliknya, Gemini AI. Fitur tersebut diharapkan disebut Memori dan akan membantu Gemini...

Tech Industry

Unbox.id – Kecerdasan buatan (AI) dinilai telah menghantam pasar kerja global seperti tsunami. Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva mengatakan AI kemungkinan...

Software

Jakarta, Unbox.id — Samsung baru saja meluncurkan pembaruan OneUI 6.1 untuk seri Galaxy S21 di India, yang menambahkan fitur Galaxy AI ke ponselnya. Kini...