Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

WhatsApp Luncurkan Fitur Pembayaran Digital di India

WhatsApp
Meta rilis fitur pembayaran di aplikasi WhatsAp | foto: HT Tech News

Jakarta, Unbox.id – Salah satu aplikasi perpesanan paling populer di dunia saat ini, WhatsApp telah merilis fitur pembayaran kartu kredit di India. Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan transaksi online/digital melalui aplikasi buatan Meta tersebut.

Peluncuran tersebut kabarnya merupakan upaya untuk menyaingi aplikasi pembayaran digital yang ada di India saat ini. Di atas kertas, 300 juta penduduk di negara tersebut mengeluarkan 180 miliar USD melalui transaksi pembayaran digital yang ada di sana (UPI) per bulan.

Baca juga: Samsung Luncurkan Smartphone Edisi Taktis untuk Militer

Dengan adanya fitur transaksi online di WhatsApp, Meta bisa memperkuat daya tarik pengguna untuk semakin banyak memanfaatkan bisnis mereka. Fitur ini tersedia dalam aplikasi khusus yang saat ini umum di kalangan wiraswasta, yakni WA Business.

WhatsApp Bisnis Menjadi Tonggak Baru Perkembangan Meta

Pengguna WhatsApp dapat melakukan transaksi pembayaran jika ingin berbelanja di salah satu akun bisnis milik seseorang/perusahaan. Layanan pembayaran yang ada di dalamnya untuk saat ini mulai dari Google Pay, PhonePe, maupun Paytm.

WhatsApp

tampilan fitur pembayaran di WA | foto: techthirsty

Akan tetapi, transaksi tersebut membutuhkan akses ke luar aplikasi. Artinya, pengguna harus keluar aplikasi terlebih dahulu untuk bertransaksi. Melansir informasi dari situs resmi WhatsApp, nantinya pengguna dapat bertransaksi langsung di dalam aplikasi.

Baca juga: Pilihan Aplikasi Kamera Untuk Foto Lebih Bagus

Fitur baru yang ada di WA tersebut menegaskan planning Mark Zuckerberg yang ingin menjadikan layanan WA Bisnis sebagai ‘tonggak baru’. Perusahaan ingin meningkatkan bisnis dan menaikkan marketing menggunakan fitur bisnis tersebut di aplikasi.

Persaingan dari Platform Lain di India

Juga dari berbagai sumber, perusahaan Meta mengatakan bahwa akses WA Pay akan tetap terbatas di India. Nantinya, akan ada metode pembayaran lain yang masuk ke dalam platform perpesanan tersebut, seperti perusahaan besar dan sebagainya.

Perusahaan memperkenalkan fitur transaksi pembayaran untuk pertama kalinya pada tahun 2020 silam dalam uji coba bersama UPI. Layanan tersebut mereka perluas lagi ke ratusan pengguna yang ada di India hingga tahun lalu.

Akan tetapi, aplikasi tersebut tentunya akan menghadapi persaingan yang semakin ketat dengan saingannya, seperti Google Pay. Tidak mau ketinggalan, platform pembayaran lain juga ikut andil dalam kompetisi ini seperti PhonePe, atau Paytm yang saat ini cukup dominan.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Meta meluncurkan versi beta dari alat pembuat gambar real-time bertenaga AI di WhatsApp. Sayangnya, hanya pengguna WhatsApp di AS yang akan mendapatkan...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft dikenal bermitra dengan Meta untuk memperkenalkan headset VR. Namun sepertinya headset VR ini tidak sepenuhnya merupakan hasil langsung dari kolaborasi kedua...

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Apple di Tiongkok mungkin tidak lagi dapat menemukan dan mengunduh aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store. Menurut Wall Street Journal...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...