Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Viral Diblokir Kemenkominfo, Kenali Apa Itu PayPal

PayPal
PayPal adalah sistem aplikasi yang populer dikalangan masyarakat global.

Unbox.id – Kemenkominfo belum lama ini telah membuat viral jagad internet di mana telah memblokir berbagai situs yang populer di kalangan masyarakat Indonesia akibat belum terdaftarnya PSE. Beberapa situs-situs yang diblokir tersebut diantaranya adalah Epic Games, Steam, hingga aplikasi sistem ini yang penting untuk bertransaksi. Dari berbagai situs yang ada, PayPal menjadi salah satu yang fenomenal. Lantas apakah itu PayPal? Berikut informasinya.

 

Sejarah PayPal

PayPal_2

Aplikasi sistem pembayaran ini telah menjadi populer di seluruh dunia. (Sumber: KoinWorks)

Di era teknologi seperti sekarang ini, berbagai aplikasi telah hadir guna melengkapi segala aktivitas kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat di dalam kesehariannya. Salah satu aplikasi yang menjadi pilihannya adalah PayPal.

Dibuat oleh perusahaan pengembang teknologi yang berasal dari Amerika Serikat yaitu PayPal Inc di mana kantor utamanya berada di kota California. Aplikasi pembayaran ini sendiri memberikan layanan transkaksi seperti jasa transfer uang lewat perangkat surat elektronik. Apa yang dihadirkan oleh sistem pembayaran ini telah menggantikan cara metode lama seperti menggunakan surat atau wesel dalam mengirimkan uang tersebut.

Perusahaan ini pertama kali didirikan pada tahun 1998 dan awalnya nama sistem aplikasi pembayaran ini adalah Confinity. Setelah setahun didirikan, Confinity dibeli oleh perusahaan milik Elon Musk yaitu X.com dan barulah namanya diubah menjadi PayPal. Dan pada tahun 2002, aplikasi pembayaran ini telah merger dengan salah satu raksasa teknologi yaitu eBay.

Seiring dengan perkembangannya, aplikasi ini adalah salah satu pioneer di dalam aktivitas transaksi digital di dunia teknologi. Selain itu, sistem ini juga semakin populer di mana dapat digunakan untuk berbagai aktivitas transaksi dan terintegrasi dengan bank lokal hingga layanan kartu kredit di seluruh dunia.

Baca juga: Transaksi Kripto Menjadi Lebih Mudah Dan Aman

Kelebihan dan Kekurangan PayPal

PayPal_3

Sistem aplikasi ini mempunyai kelebihan dan kekurangan bagi para penggunanya. (Sumber: Simtech Development)

Hadir dengan layanan teknologi digital di bagian keuangan, PayPal telah menjadi salah satu aplikasi yang penting untuk bertransaksi secara virtual baik untuk transaksi di dalam negeri dan juga di luar negeri. Menjadi sangat populer, aplikasi ini memiliki beberapa kelebiihan yang membedakannya dengan sistem aplikasi sejenis lainnya.

Beberapa kelebihan dari sistem pembayaran online ini adalah seperti mudah digunakan oleh berbagai kalangan dan terdapat pengamanan ekstra demi mencegah tindakan penipuan. Selain itu apabila terjadi penipuan, sistem aplikasi ini juga dapat membantu mengembalikan uang penggunanya apabila telah selesai diproses.

Selain itu juga aplikasi inil dapat mengenskripsi informasi bank hingga kartu kredit agar proses transaksinya lebih aman. Menariknya, PayPal juga tidak ada biaya yang diperlukan saat mengirimkan transaksi uang tersebut.

Meskipun memiliki kelebihan, PayPal juga mempunyai beberapa kekurangan yang berada di dalam aplikasi sistemnya tersebut. Berbagai kekurangan dari PayPal adalah seperti contohnya dikenakkan biaya 1% untuk transaksi instan. Perlu diketahui jika layanan gratis sistem aplikasi ini membutuhkan beberapa hari dalam prosesnya.

Kekurangan lainnya adalah aplikasi ini terkenal sangat agresif terhadap akun-akun penggunanya. Hal ini bisa dilihat jika PayPal akan menahan dana dari para penggunanya sampai mereka memutuskan bahwa penggunanya tidak melanggar kesalahan dari ketentuan PayPal yang berlaku.

Baca juga: Sering Terdengar, Apa Itu Blockchain Dalam Cryptocurrency?

Cara Mendaftar PayPal

Bagi para pengguna internet dan penasaran terhadap sistem aplikasi pembayaran online apabila pemblokiran dari Kemenkominfo telah usai, para pengguna nantinya bisa mendaftar secara mudah di website PayPal.com. Setelahnya, isi data pribadi pengguna dan lanjutkan dengan memilih status rekening (pembeli online, penjual/freelancer, keduanya, atau tidak yakin).

Selanjutnya, isi nomor handphone dan lengkapi email para pengguna secara lengkap. Setelah mengisi data secara lengkap, klik “Setuju dan Buat Rekening”. Dan setelah pendaftaran selesai, pengguna bisa menambahkan kartu kredit ataupun kartu debit untuk bertransaksi.

 

 

Sumber: Dari berbagai sumber

Foto: KoinWorks, 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Unboxing

Last updated on 11 Agustus, 2022 Unbox.id – Kementrian Komunikasi dan Informatika (kominfo) per hari sabtu 30 juli 2022 telah melakukan pemblokiran terhadap beberapa...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) memblokir layanan PayPal bagi para pengguna yang ada di Indonesia dikarenakan belum terdaftarnya layanan...

Tech Industry

Unbox.id – Belum lama ini, para pengguna internet di Indonesia sedang ramai dan cukup dibuat gusar oleh adanya pemblokiran beberapa situs website yang dilakukan...

NFT

Jakarta, Unbox.id – Transaksi Kripto sekarang menjadi hal yang banyak dilakukan oleh orang-orang karena tren NFT semakin menjamur. NFT atau Non-Fungible Token sekarang menjadi...