Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Update ChromeOS Bakal Diperpanjang Hingga 10 Tahun

Chromeos
Google update ChromeOS perpanjang 10 tahun | foto: Phandroid

Jakarta, Unbox.id – Perangkat laptop Chromebook yang menggunakan sistem operasi buatan Google, yakni ChromeOS memiliki update pembaruan selama 5 hingga 8 tahun. Sekarang, Google mengungkapkan bahwa update akan mendapat perpanjangan hingga 10 tahun.

Sebagaimana informasi yang didapatkan dari berbagai sumber, salah satunya di laman Google Support baru-baru ini. Menurutnya, pembaruan perangkat lunak sistem operasi ChromeOS hanya akan berlaku pada Chromebook yang rilis dari tahun 2021.

Baca juga: Redmi Note 13 Series Akan Rilis Pada 21 September di Tiongkok

Sejatinya, perangkat laptop dengan ChromeOS yang rilis sebelum 2021 masih memiliki pembaruan software tambahan mulai 2 sampai 3 tahun, sesuai jenisnya. Untuk Pixelbook yang awalnya tersedia hingga 2024, mendapat perpanjangan hingga 2027.

ChromeOS Mendapatkan Perpanjangan hingga 10 Tahun

Kedepannya, perusahaan Google bekerjasama dengan vendor laptop Chromebook dalam memutuskan jatah perpanjangan tersebut. Kebijakan ini tentu saja harus mendapatkan persetujuan dengan mitra Google lainnya dalam pembuatan perangkat.

Karena, update perangkat lunak yang ada di ChromeOS sangat membutuhkan dukungan keamanan dari pembuat perangkat keras. Google sendiri tidak mengungkapkan model mana yang ingin mereka perpanjang 10 tahun software-nya.

Baca juga: Videonya Sampai 35 Juta Likes, Galaxy Z Flip5 Jadi HP Andalan Conten Creator Lystia Novilda

Google akan memberikan pemberitahuan khusus apabila perangkat lunak Chromebook milik penggunanya mendapatkan pembaruan. Sistem laptop akan memberikan informasi terkait pembaruan software terbaru yang sudah tersedia.

Komplain dari Lembaga Pendidikan Menjadi Alasan Utama

Google menetapkan kebijakan tersebut setelah menerima banyak komplain dari berbagai sekolah. Mereka mengeluhkan tentang update yang jangka waktunya terlalu pendek. Hal ini sangat mengganggu, terutama untuk memenuhi kebutuhan pendidikan.

Chromebook saat ini merupakan perangkat andalan yang ada di berbagai sekolah atau lembaga pendidikan lainnya. Sebab, Google sendiri juga pernah meluncurkan program khusus untuk mendukung kegiatan belajar mengajar menggunakan laptop.

Pembaruan perangkat lunak yang terlalu pendek membuat kegiatan pembelajaran di sekolah bisa terganggu. Untuk itu, Google memberi kebijakan baru untuk memperpanjang ‘masa hidup’ perangkat lunak ChromeOS.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Google Workspace mengumumkan sejumlah pembaruan fitur pada acara Google Cloud Next 2024. Seperti tema besar acara tahunan ini, kecerdasan buatan (AI) menjadi...

Apps & Games

Unbox.id – Google baru saja mengumumkan kabar baik untuk semua pengguna Android. Pengguna tablet atau ponsel Android kini dapat menggunakan fitur pengeditan foto di...

Tech Industry

Unbox.id – Google Cloud Next 2024 saat ini sedang diadakan di Las Vegas, AS. Acara ini merupakan kesempatan untuk memamerkan produk dan inovasi terbaru...

Tech Industry

Unbox.id – CEO perusahaan induk Google, Alphabet, Sundar Pichai pun mengucapkan selamat Idul Fitri melalui media sosial. Bos Google memposting tweet online tentang kebahagiaan...