Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

TWS Bermasalah? Berikut Tips dan Saran yang Bisa Anda Coba

TWS Devialet Gemini II_2b
TWS Devialet Gemini II. (Sumber: Yanko Design)

Last updated on 23 Oktober, 2023

Jakarta, Unbox.id – Teknologi True Wireless Stereo (TWS) atau perangkat audio nirkabel saat ini telah berkembang sangat pesat dengan berbagai variasi dan merek. Pengguna dapat menikmati musik atau menerima panggilan tanpa terikat oleh kabel.

Namun, terkadang kita mengalami gangguan suara saat menggunakan TWS. Dalam artikel ini Unbox akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi gangguan suara di perangkat audio nirkabel tersebut. Berikut ini ulasannya, simak sampai akhir, ya.

1 Pastikan koneksi TWS stabil

Gangguan suara pada TWS sering kali muncul karena koneksi yang kurang stabil antara earphone dengan perangkat sumber suara, seperti smartphone. Pastikan earphone terhubung dengan perangkat secara sempurna dan tidak ada penghalang di antaranya.

Baca juga: Model Laptop Acer Nitro V 15 Rilis di Indonesia

Penghalang tersebut seperti dinding atau benda logam. Jarak terlalu jauh antara earphone dan perangkat juga dapat menyebabkan gangguan suara. Cobalah untuk mendekatkan kedua perangkat atau mencoba perangkat dengan sinyal nirkabel yang lebih kuat.

2 Bersihkan earphone secara teratur

Gangguan suara juga bisa disebabkan oleh kotoran atau serpihan yang menempel pada bagian dalam earphone. Selalu pastikan untuk membersihkan earphone dengan lap yang lembut dan aman, terutama pada bagian gril dan speaker. 

Hindari penggunaan air atau deterjen yang keras, karena dapat merusak komponen elektronik di dalam earphone.

3. Periksa daya baterai TWS

Baterai yang melemah dapat menyebabkan gangguan suara di earphone. Pastikan earphone benar-benar terisi daya dan bertahan dalam waktu yang lama selama digunakan. Jika earphone memiliki tombol battery check, cek persentase daya baterai secara teratur untuk memastikan kondisinya.

Baca juga: Android 14 Kembali Hadirkan Fitur Widget di Layar Kunci

4 Perbarui firmware atau perangkat lunak

Beberapa gangguan suara pada TWS bisa diatasi dengan mengupdate firmware atau perangkat lunak. Periksa apakah ada pembaruan yang tersedia untuk perangkat TWS Anda dan ikuti petunjuk yang tersedia oleh produsen. 

Pembaruan firmware dapat memperbaiki bug atau masalah yang dapat menyebabkan gangguan suara.

5 Coba gunakan earphone dengan in-ear fit yang sesuai

Gangguan suara di TWS juga dapat disebabkan oleh kurangnya penyumbatan suara dari lingkungan sekitar. Ini dapat di perbaiki dengan menggunakan earphone yang memiliki fit yang tepat di telinga Anda. 

Cobalah berbagai ukuran eartips yang tersedia dalam paket earphone Anda untuk menemukan yang paling nyaman dan menyumbat suara dengan baik.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat mengatasi gangguan suara pada TWS Anda dan memastikan pengalaman mendengarkan musik atau menerima panggilan yang lebih baik.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Open earTWS saat ini sedang menjadi tren dikalangan pengguna. Hal ini tidak lepas dari kebutuhan untuk mendengarkan musik saat melakukan multitasking. Misalnya...

Hardware

Unbox.id – Perangkat audio Bose dilengkapi dengan Headphone Bose Ultra Open yang inovatif. Perangkat ini memungkinkan penggunanya menikmati musik sambil melakukan aktivitas tanpa kehilangan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Noise telah meluncurkan perangkat audio TWS (True Wireless Stereo) Buds N1. Menurut berbagai sumber, ini adalah perangkat audio yang meluncur di...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – OpenRock baru saja meluncurkan dua model baru headphone True Wireless Streo di pasar Indonesia, OpenRock Pro dan OpenRock S.TWS OpenRock Pro dan...