Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Tips Produktif Pakai Galaxy Z Fold 5

Kamera Galaxy Z Fold 5_2b
Kamera Galaxy Z Fold 5. (Sumber: Android Idea)

Unbox.id – Samsung Galaxy Z Fold5 tidak hanya menawarkan desain layar lipat yang cantik. Bagi pengguna, Galaxy Z Fold 5 juga dapat mendukung beragam fungsi untuk menunjang produktivitas. Di mana pun mereka berada, pengguna selalu dapat melatih keterampilan mereka dengan ponsel layar lipat Samsung generasi baru ini. Tentu saja hal ini tidak lepas dari strategi Samsung untuk membantu meningkatkan produktivitas, meski dengan perangkat kompak seperti itu. Namun, untuk multitasking di ponsel mulai dari Rp 24,9 jutaan ini, pengguna perlu mengetahui fitur apa saja yang sesuai dengan kebutuhannya. Biar tak bingung, Unbox.id di sini menyediakan banyak gestur dan shortcut Galaxy Z Fold 5 untuk dicoba pengguna di Galaxy Z Fold 5 miliknya.

Drag and Drop

Kamera Galaxy Z Fold 5_1a

Kamera Galaxy Z Fold 5. (Sumber: Android Tech Central)

Galaxy Z Fold 5 mendukung multitasking dengan berbagai fiturnya. Salah satunya adalah drag dan drop. Fitur ini mungkin tampak sederhana, namun sangat berguna dalam menyelenggarakan acara.

Misalnya, jika Anda ingin mengirim banyak foto ke teman Anda melalui aplikasi perpesanan, Anda dapat menggunakan fitur drag and drop. Cara kerjanya: Anda dapat memilih sejumlah foto di Samsung Galaxy Z Fold5 lalu tekan dan tahan.

Dengan jari lain untuk membuka aplikasi WhatsApp di layar terbagi, Anda dapat menyeret foto yang dipilih dan menjatuhkannya langsung ke kontak yang ingin Anda kirimi foto tersebut.

Anda juga dapat menyalin dan menempelkan teks dan mengirimkannya ke rekan kerja. Misalnya, Anda dapat membuka teks dari skrip ChatGPT, dan menyalin teks dengan menyeret dan menahan teks. Kemudian, di sisi layar, buka aplikasi WhatsApp dan seret teks yang ingin Anda kirimkan ke kontak target.

Tidak hanya di WhatsApp, Anda juga bisa melakukan copy paste dengan cara menekan lama lalu memindahkannya ke pengolah kata lain.

Split Tabs di Browser

Untuk melakukan banyak tugas dari ponsel atau tablet, terkadang Anda perlu membuka lebih dari dua tab di browser. Nah, di perangkat Galaxy Z Fold5 ini, Samsung juga memberikan kemampuan split tab untuk membantu pengguna membuka beberapa tab browsing secara gratis.

Apa? Misalnya, untuk membuka browser Chrome, Anda ingin mengklik link tetapi tidak ingin menutup tab browser yang sedang Anda buka. Anda hanya perlu klik dan tahan link tersebut, lalu akan muncul popup.

Akan ada opsi Buka di jendela baru. Nantinya, link tersebut akan terbuka di jendela browser baru, sehingga Anda bisa membuka keduanya secara berdampingan.

Tentunya hal ini akan memudahkan pengguna yang ingin membuka dua tab atau lebih tanpa kembali lagi untuk meminimalkan jendela browser bukan?

Baca juga: Samsung Bantah Rumor Peluncuran Ponsel Layar Lipat Yang Murah

Menggunakan Menu Advanced Features

Galaxy Fold 5_3c

Galaxy Fold 5. (Sumber: Fone Express)

Pernah ingin membagi layar antara dua aplikasi, tetapi ternyata salah satu aplikasi tidak mendukung fitur layar terbagi? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan fitur-fitur canggih yang disebut juga fitur lanjutan di Galaxy Z Fold 5.

Fitur ini memungkinkan pengguna membuka semua aplikasi dalam layar terpisah. Artinya, di layar tersebut akan mampu membuka dua aplikasi atau lebih. Ambil contoh aplikasi Netflix. Karena untuk menonton film, Netflix tidak memperbolehkan pengguna membukanya bersamaan dengan aplikasi lain di layar yang sama.

Namun ada kalanya Anda ingin menulis review sebuah film, jadi Anda perlu membuka aplikasi Samsung Notes, misalnya. Jangan khawatir, semuanya bisa dilakukan dengan fitur-fitur canggih. Untuk melakukannya, cukup masuk ke Pengaturan, lalu gulir ke bawah dan temukan fitur bernama Fitur Lanjutan.

Dari sana Anda dapat menemukan menu Labs, pilih dan aktifkan menu Multi Window untuk semua aplikasi. Jika opsi ini berhasil, Anda dijamin bisa membuka Netflix dalam layar terpisah bersamaan dengan aplikasi lain.

Menu lab juga memungkinkan pengguna untuk melihat dalam mode layar penuh dan layar terpisah. Pengguna harus mengaktifkan fitur layar terbagi penuh di Labs.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Samsung telah meluncurkan pembaruan Android utama untuk ponsel cerdas dan tablet Samsung melalui pembaruan One UI. Pada Oktober 2023, Samsung meluncurkan One...

Tech Industry

Unbox.id – Samsung merupakan perusahaan teknologi dan elektronik raksasa asal Korea. Merek ini terkenal dengan beragam produk elektronik konsumen dan industri, termasuk perangkat multimedia...

Apple

Unbox.id – Tingkat kepuasan Samsung Galaxy S24 dinilai sangat tinggi, untuk pertama kalinya mengungguli iPhone 15. Data analisis ini ditemukan oleh grup situs rekomendasi...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Ada banyak HP Samsung dengan RAM 4 GB di pasaran, Anda bisa memilih sesuai keinginan. Harganya memang tidak bisa dibilang murah namun...