Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Tips Merawat Baterai Tablet Agar Tidak Cepat Rusak

Advan VX Lite_2vx
Spek pada tablet dari Advan ini memiliki ketahanan baterai yang cocok untuk bermain game di platformnya. (Sumber: Head Topics)

Last updated on 22 November, 2023

Jakarta, Unbox.id – Baterai yang awet merupakan salah satu faktor pendukung kenyamanan saat beraktivitas dengan gadget. Salah satunya dalam penggunaan tablet, baik untuk kegiatan perkantoran, pembelajaran, maupun kegiatan pembuatan konten.

Menjaga penyimpanan daya tablet agar tetap awet bukan hanya soal kapasitasnya. Akan tetapi juga memastikan bahwa baterai tetap efisien dalam jangka panjang. Berikut adalah beberapa tips berguna untuk menjaga kapasitas daya pada tablet Anda tetap awet.

Hindari Overcharging pada Baterai

Tips pertama untuk menjaga kesehatan penyimpanan daya pada perangkat tablet Anda adalah mengawasi pengisian daya. Jangan biarkan tablet Anda terus terhubung ke charger setelah ia terisi penuh. Ini dapat mempengaruhi kesehatan penyimpanan daya dan juga ponsel.

Baca juga: Dimensity 8300 Hadir dengan Berbagai Keunggulan

Selalu gunakan charger dan kabel yang berasal dari bawaan tablet alias original. Anda dapat membeli charger buatan langsung dari produsen. Penggunaan charger yang tidak cocok dapat merusak penyimpanan daya dan perangkat secara keseluruhan.

Pilih Pengaturan Layar yang Optimal

Untuk mengoptimalkan penggunaan baterai tablet dengan kegiatan Anda, penting untuk menyesuaikan pencahayaan dan intensitas penggunaannya. Pastikan untuk tidak memakai pencahayaan yang terlalu terang jika berada di ruangan yang gelap.

Baca juga: Oppo Pad 2 Rilis di Indonesia, Cek Spesifikasinya!

Selain itu, batasi waktu penggunaan tablet, sebab penggunaan yang terlalu lama dapat mempengaruhi kesehatan perangkat. Jauhi tablet Anda dari suhu ekstrem, baik panas maupun dingin. Suhu ekstrem dapat merusak sel daya dan performa secara keseluruhan.

Jangan Biarkan Baterai Habis Total

Hindari menjalankan baterai tablet hingga benar-benar habis. Sebaiknya, isi ulang daya saat tingkat daya mencapai sekitar 20-30%. Ini membantu mencegah siklus pengisian daya penuh yang terlalu sering, yang dapat memengaruhi kesehatan baterai.

Matikan fitur yang tidak diperlukan seperti Bluetooth, GPS, dan Wi-Fi saat tidak terpakai. Fitur ini dapat menguras daya baterai secara signifikan dan mempercepat siklus pengisian daya. Demikian beberapa tips yang dapat Anda perhatikan.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Vivo akan mengumumkan ponsel pintar terbaru model T3x dengan konektivitas 5G. Ponsel 5G baru yang ramah anggaran, pada 17 April di...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id — Brand ponsel pintar Poco baru-baru ini mengonfirmasi akan meluncurkan Poco X6 Neo pada 13 Maret di pasar India. Ponsel cerdas yang...

Software

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp merilis fitur ‘Status’ pada awal tahun 2017, dan mirip dengan Snapchat atau Instagram Stories. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi...

Huawei

Jakarta, Unbox.id — Huawei akan memperluas seri Nova 12 dengan memperkenalkan model baru, Huawei Nova 12i. Seri yang pertama kali meluncur di China tahun...