Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Tips Membersihkan Laptop dengan Aman dan Benar

membersihkan laptop
cara membersihkan laptop dengan benar dan aman | foto: the spruce

Jakarta, Unbox.id – Beberapa orang memiliki masalah dengan membersihkan laptop yang berdebu dan takut untuk membuka bagian dalamnya. Sebenarnya, ada berbagai cara dengan variasi masing-masing perangkat, di mana itu semua mudah untuk Anda lakukan.

Membersihkan laptop pada bagian luar maupun dalam sangat penting. Setidaknya Anda harus melakukan itu sepekan sekali atau jika perangkat sudah tampak berdebu. Sebab, debu yang menempel tentunya dapat menyebabkan kerusakan.

Baca juga: Ketahui Beberapa Jenis Keyboard Komputer dan Fungsinya

Hal pertama yang harus Anda pahami sebelum membersihkan laptop di bagian dalamnya adalah cara membuka komponen. Ketahui tipe keyboard yang Anda pakai sehari-hari, apakah merupakan satu rangkaian permanen atau bongkar pasang.

Cara Membersihkan Laptop Pada Bagian Dalam

Biasanya, keyboard pada perangkat laptop memiliki rangkaian permanen, di mana setiap tombol tidak dapat Anda bongkar. Berbeda dengan keyboard PC yang dapat Anda lepas setiap tombolnya. Kebanyakan perangkat mengaitkan baut keyboard pada bagian bawah.

Namun, tanpa melepas keyboard pun, sebenarnya Anda cukup dengan meniup serta membersihkan dari celah tombol untuk menghilangkan debu. Biasanya, outlet tempat servis laptop menyediakan pembersih khusus untuk menghilangkan debu di bawah tombol.

Menghilangkan debu pada bagian dalam perangkat laptop | foto: How to Geek

Baca juga: Cara Cepat Hubungkan Komputer ke Dual Monitor

Selanjutnya, bagian penting yang harus Anda bersihkan dari debu adalah kipas. Perhatikan di mana letak kipas pada perangkat, bersihkan baling-baling dengan sikat pembersih khusus. Atau, Anda bisa membersihkannya memakai cotton buds secara lembut.

Bersihkan Bagian Luar dengan Cairan

Kemudian untuk bagian luar, Anda bisa membuat perangkat terlihat seperti baru dengan cairan khusus. Biasanya cairan ini tersedia di marketplace bersama sikat pembersih. Jika tidak, Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer atau alkohol untuk mengusap layar.

Usap layar secara perlahan menggunakan kain dari debu yang terlihat. Setelah itu, basahi sedikit menggunakan cairan pembersih, lalu lap perlahan dengan bagian kain yang tidak berdebu. Anda dapat melihat layar perangkat begitu bersih dan berkilau.

Membersihkan sisi samping, atas, dan bawah juga penting. Lakukan cara yang sama untuk menghilangkan debu-debu. Pastikan tidak menyemprot cairan ke bagian dalam mesin agar tidak terjadi konsleting.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hardware

Jakarta, Unbox.id — AOOSTAR belum lama ini telah meluncurkan perangkat komputer personal (PC) andalan baru di Tiongkok. Perangkat komputasi dengan fitur canggih tersebut memiliki...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Meizu baru saja meluncurkan keyboard mekanik terbarunya yang bekerja sama dengan IQUNIX, diberi nama PANDAER x IQUNIX Platinum Unicorn MOD. Keyboard...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Keychron baru-baru ini meluncurkan iterasi terbarunya, keyboard mekanis low-profile K1 Max di pasar Cina. Produk ini sudah tersedia di beberapa situs...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Asus semakin memperluas kehadirannya di India dengan investasi baru dan peluncuran produk. Menyusul pengumuman turnamen e-sports ROG All-Women Valorant baru-baru ini,...