Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Tips Membeli Smartphone Terjangkau Dengan Fitur Berkelas

Smartphone (sumber: medcom.id)
Smartphone (sumber: medcom.id)

Jakarta, Unbox.id – Smartphone entry-level atau low end selama ini dikenal sebagai kelas smartphone dengan harga yang terjangkau dan bersahabat. Mereka hadir untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti browsing, chatting, media sosial dan aktivitas ringan lainnya. Untuk itu, biasanya smartphone kelas entry-level memiliki spesifikasi yang standar dan tidak menonjol.

Kendati demikian, saat ini produsen smartphone sudah berlomba-lomba untuk memberikan spesifikasi mumpuni namun dengan harga yang tetap sesuai kantong pengguna di segmen entry-level.

Baca juga: Penyebab dan Cara Atasi Smartphone Panas

Bagi Anda pecinta smartphone terjangkau namun tetap ingin memiliki fitur berkualitas, berikut adalah beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat mencari smartphone yang diinginkan.

Perhatikan kualitas kamera

Kamera smartphone (sumber: androidauthority.com)

Kamera smartphone (sumber: androidauthority.com)

Smartphone kelas entry-level jarang dipilih para pecinta fotografi atau pembuat konten di media sosial. Hal tersebut berkat resolusi kamera yang terbatas dimana hal tersebut memengaruhi detail dan ketajaman hasil akhirnya. Hal ini menyebabkan kamera tidak maksimal dalam mengambil gambar untuk foto maupun video.

Selain itu, efek filter tambahan yang ditawarkan juga terbatas. Hal tersebut menyebabkan pengguna tidak leluasa untuk mempercantik fotonya. Sebaiknya pengguna memperhatikan resolusi kamera yang lebih tinggi agar dapat menangkap momen lebih jernih serta fitur bawaan yang dapat menunjang kreativitas.

Perhatikan jenis layar dan resolusi

Layar yang disematkan pada smartphone low-end saat ini bisa dibilang sudah termasuk cukup pada kelasnya dimana rata-rata sudah beresolusi HD+ atau beresolusi 720p. Namun terkadang, hal tersebut kurang cukup karena membuatnya kurang nyaman untuk menikmati konten hiburan seperti layanan streaming.

Untuk pengguna yang ingin maksimal dalam menikmati konten multimedia, seharusnya smartphone yang digunakan sudah memiliki layar minimal FHD+ atau beresolusi 1080p. Ini pun juga sudah menjadi standar baru, di mana para pabrikan smartphone berlomba-lomba menghadirkan perangkat dengan fitur tersebut.

Perhatikan kapasitas baterai

Baterai smartphone (sumber: techhx.com)

Baterai smartphone (sumber: techhx.com)

Baterai menjadi faktor yang penting dalam memilih sebuah smartphone. Bahkan, selain chipset, dan RAM dan memori internal yang disematkan, Anda akan selalu mempertimbangkan mengenai kapasitas baterai saat membeli sebuah smartphone yang diinginkan.

Bukan tanpa alasan, dengan kapasitas baterai yang besar, pengguna dapat melakukan aktivitas sepanjang hari tanpa perlu khawatir kehabisan daya. Dalam hal ini, kapasitas baterai 5.000 mAh saat ini menjadi sebuah ukuran minimal dan paling tepat untuk mendukung aktivitas pengguna seharian.

Baca juga: 5 Smartphone Dengan Kamera Malam Terbaik

Tak hanya itu, belakangan ini sejumlah produsen smartphone juga berlomba-lomba untuk menyelipkan fitur lain terkait dengan dukungan baterai yang disematkan yakni seperti Power Saving Mode dan juga kemampuan fast charging yang semakin memberikan efisiensi waktu dalam pengisian baterai.

Perhatikan desain dan material

Smartphone design (sumber: selular.id)

Smartphone design (sumber: selular.id)

Dari segi desain dan material, segmen smartphone kelas ini juga memiliki banyak variasi pada modelnya. Selera dalam desain smartphone pun memang subjektif tergantung karakteristik pengguna masing-masing. Namun, desain body yang elegan dan premium tentu akan lebih mencuri perhatian sehingga kesan smartphone entry-level terasa lebih berkelas walaupun dengan harga yang terjangkau.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: medcom.id, selular.id, techhx.com, androidauthority.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk melarang penjualan ponsel pintar kepada anak-anak di bawah 16 tahun. Hal ini dilakukan untuk memerangi kecanduan smartphone...

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Vivo akan mengumumkan ponsel pintar terbaru model T3x dengan konektivitas 5G. Ponsel 5G baru yang ramah anggaran, pada 17 April di...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Ponsel pintar memiliki kemampuan pengisian cepat yang luar biasa, apalagi mengingat dinamika pekerjaan dan aktivitas sehari-hari lainnya yang mengharuskan kita untuk selalu...