Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Tips dan Trik Untuk Memotret Kembang Api Menggunakan Ponsel

Kamera Ponsel_1
Ketahui tips dan trik dalam menggunakan kamera ponsel untuk memfoto kembang api. (Sumber: Slime.id)

Unbox.id – Orang-orang dapat merayakan tahun baru yang lewat dengan mengabadikan kembang api yang indah. Ini termasuk menggunakan peralatan perekam apa pun jika Anda tidak memiliki kamera DSLR atau kamera mirrorless. Ya, perkembangan teknologi kamera saat ini memungkinkan kita untuk mengambil gambar berkualitas dengan kamera ponsel kita. Apalagi masing-masing produsen ponsel juga berlomba-lomba memasarkan ponsel kamera terbaiknya. Jadi bagaimana cara mengambil foto kembang api dengan ponsel Anda yang tidak mengecewakan? Berikut tipsnya.

Matikan Fitur LED Flash dan Pastikan Memori Ponsel Cukup

Saat memotret kembang api, fungsi LED Flash sama sekali tidak berguna. Untuk melakukan ini, harap nonaktifkan fitur ini di pengaturan kamera ponsel Anda.

Karena Anda tidak menggunakan lampu kilat pada malam hari, gambar mungkin buram. Jadi untuk menghindarinya, ingatlah untuk mengaktifkan stabilisasi gambar di kamera ponsel Anda. Jika ponsel Anda tidak memilikinya, Anda harus mengandalkan stabilitas tangan saat memotret.

Sebelum pergi ke lokasi pemotretan, pastikan memori ponsel Anda cukup besar untuk menyimpan foto-foto kembang api dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Seperti yang kita ketahui bersama, momen tahun baru seringkali digunakan untuk berkumpul dan menjadi ajang mengabadikan momen, seperti video yang akan memakan banyak ruang penyimpanan.

Jadi pastikan Anda menyiapkan ruang ekstra untuk menyimpan foto kembang api. Jika perlu, transfer dulu foto dan video lama dari ponsel Anda ke laptop Anda.

Gunakan Mode Manual

Kamera Ponsel_2

Penggunaan mode manual pada perangkat kamera ponselnya jadi salah satu cara ketika memfotonya. (Sumber: Teknovidia)

Beberapa kamera ponsel dilengkapi dengan mode manual dimana semua pengaturan bisa dilakukan sendiri. Jika Anda baru mengenalnya, coba atur ISO kamera Anda ke 400 saat memotret kembang api.

Dengan angka ISO ini, Anda dapat meminimalkan munculnya noise pada bidikan malam hari. Selain itu, gunakan kecepatan rana lambat 5 detik agar lensa kamera dapat secara akurat menangkap percikan api dari kembang api.

Untuk hasil foto yang tajam, pastikan tangan Anda stabil saat memegang kamera dan gunakan fitur ‘More Burst Images’ untuk mengambil beberapa foto sekaligus, sehingga Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai untuk Anda.

Baca juga: Kenal Lebih Jauh Tentang VPN Dan Bagaimana Cara Gunakannya?

Gunakan Tripod

Kini, aksesoris tripod tak hanya eksklusif untuk kamera DSLR atau mirrorless, tapi juga yang didesain khusus untuk ponsel. Nah, Anda bisa memilih tripod yang kompatibel dengan ponsel untuk memotret kembang api.

Memiliki tripod akan sangat berguna, terutama bagi Anda yang tangannya rentan sakit saat memotret dalam waktu lama dengan pengaturan manual.

Tripod akan menjaga kamera tetap stabil, jadi Anda tidak perlu khawatir saat rana kamera terbuka cukup lama untuk menangkap cahaya. Fungsi lainnya juga ditujukan untuk meminimalkan keburaman pada gambar.

Jangan Gunakan Kamera Aplikasi Medsos/Chat

Aplikasi chatting seperti WhatsApp dan jejaring sosial (Instagram) seringkali dilengkapi dengan fungsi kamera untuk mengambil gambar langsung tanpa membuka aplikasi kamera di ponsel. Jika hanya untuk berbagi momen mungkin tidak apa-apa, tetapi untuk fotografi yang serius tidak.

Memotret langsung melalui Instagram dapat mengganggu momen karena proses unggah yang memakan waktu, sehingga Anda bisa kehilangan kesempatan untuk mendapatkan bidikan kembang api terbaik.

Kamera ponsel memiliki sensor yang jauh lebih canggih daripada yang ada di aplikasi obrolan atau jejaring sosial, jadi kami lebih merekomendasikan kamera ini untuk fotografi kembang api.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Unbox.id – Navigasi gerakan adalah cara untuk mengontrol ponsel Android. Cara ini pertama kali diperkenalkan Google sejak Android 10 diluncurkan pada tahun 2019. Meski...

Artikel

Unbox.id – Saat ini, smartphone telah menjadi perangkat kebutuhan pokok yang membantu banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Pengguna mengandalkan smartphone untuk berkomunikasi, mengakses informasi,...

Apps & Games

Last updated on 6 Juni, 2024 Jakarta, Unbox.id — Aplikasi perpesanan WhatsApp atau WA sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat di Indonesia. Banyaknya...

Artikel

Unbox.id – Baterai smartphone merupakan bagian yang perlu mendapat perhatian khusus. Alasannya karena komponen ini memegang peranan yang sangat penting agar smartphone dapat digunakan....