Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Tips Beberapa Cara Tambah Kapasitas Memori Internal Ponsel

Memori Internal Ponsel_1a
Ada beberapa cara untuk bisa menambah memori internal ponsel yang bisa menambah daya penggunaan ponselnya. (Sumber: Esportsku)

Unbox.id – Sebelumnya memori internal ponsel 16GB dan 32GB, kini smartphone dibekali memori internal yang jauh lebih besar, bahkan hingga 1TB seperti iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Namun dengan bertambahnya memori internal pada smartphone, bukan berarti setiap orang memiliki ponsel dengan memori internal hingga 1TB. Berdasarkan penjualan ponsel di Indonesia, smartphone dengan memori internal 64 GB dan 128 GB menjadi yang paling banyak diminati. Meski kapasitas memorinya besar, terkadang penuh karena banyak file yang tersimpan di ponsel. Penurunan jumlah memori internal ini bukan tanpa alasan. Selain banyak pengguna yang menginstal aplikasi dan game, beberapa produsen juga meniadakan slot microSD yang sebelumnya berfungsi sebagai tempat menambah memori ketika memori internal sudah penuh.

Pindah Aplikasi ke SD Card

Memori Internal Ponsel_2b

Penggunaan SD Card jadi salah satu bagian untuk menambah memori di perangkat ponselnya. (Sumber: Brilio)

Jika kinerja ponsel cerdas Anda melambat dan memori internal tampaknya penuh, Anda harus memeriksa apakah kapasitas memori internal ponsel Anda mulai kelebihan beban.

Jika terlalu penuh, Anda dapat memindahkan beberapa aplikasi dari memori internal ke memori eksternal kartu memori. Tentunya ini hanya berlaku untuk ponsel yang memiliki slot kartu memori eksternal.

Sebelum pindah, Anda juga harus memastikan bahwa kartu memori yang digunakan cukup besar dibandingkan dengan memori internal untuk memungkinkan lebih banyak ruang. Anda dapat memindahkan aplikasi berat seperti Facebook, Youtube ke kartu memori dengan masuk ke pengaturan aplikasi dan pilih Kelola aplikasi. Anda kemudian dapat memilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan.

Jendela baru akan muncul di ponsel Android Anda, klik “Pindahkan ke kartu SD”. Anda akan dapat melihat aplikasi mana yang terpasang di penyimpanan internal dan mana yang ada di kartu memori eksternal.

Pilih Aplikasi Sesuai Kebutuhan

Jika memori internal ponsel cerdas Anda kecil, sebaiknya jangan menginstal aplikasi yang memakan banyak ruang seperti aplikasi VR atau game dengan grafik berat.

Jika Anda adalah pengguna aktif media sosial, pilih aplikasi jejaring sosial yang benar-benar Anda gunakan setiap hari. Karena ada beberapa pemilik ponsel yang mengunduh berbagai aplikasi jejaring sosial tetapi hanya menggunakan satu atau dua aplikasi.

Bagi Anda yang menyukai game, sebaiknya Anda juga memilih game dengan kapasitas kecil. Ada banyak sekali mini game yang cukup seru untuk dimainkan dan cukup menyenangkan. Namun tentunya game-game tersebut biasanya memiliki grafik yang standar.

Pindahkan Foto dan Video Lama

Foto dan video menjadi salah satu penyebab memori internal smartphone Anda penuh. Apalagi smartphone jaman sekarang dilengkapi dengan kamera dengan spesifikasi yang mumpuni, sehingga kita sering mengambil gambar dan mengabadikan momen tanpa sengaja menguras memori.

Anda dapat mulai mengatur foto dan video di ponsel Anda dan mentransfernya ke laptop atau hard drive eksternal. Dengan cara ini, memori internal ponsel akan dibebaskan kembali dan foto serta video Anda akan selalu tersimpan tanpa harus menghapusnya.

Baca juga: List Smartphone Yang Akan Dirilis Di Tahun 2023 Ini

Dengarkan Musik Dengan Streaming

Memori Internal Ponsel_3c

Mendengarkan ponsel lewat streaming jadi salah satu cara membuat memori internal ponsel jadi tidak terlalu berat. (Sumber: ZDNET)

File musik juga bisa mengisi memori internal smartphone. Untungnya, ada beberapa cara untuk tetap mendengarkan musik favorit Anda.

Anda bisa mendengarkan musik melalui aplikasi streaming seperti Spotify, Google Play Music, dan lainnya. Tentu saja, keuntungan dari streaming adalah Anda dapat memutar lagu yang Anda inginkan tanpa harus mengunduh file musik apa pun.

Ini secara signifikan akan membebaskan memori internal ponsel cerdas Anda. Tapi untuk melanjutkan streaming dengan nyaman, pastikan Anda terkoneksi dengan internet yang stabil ya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Perayaan May Day saat ini sedang berlangsung di Tiongkok. Setelah beberapa waktu lalu merayakan hari libur, ada spekulasi bahwa beberapa smartphone...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id — Pada bulan lalu, Xiaomi telah merilis produk terbaru ponsel cerdas seri Civi 4 Pro di Negeri Tirai Bambu, China. Perangkat sub-flagship...

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id — Salah satu brand produsen perangkat ponsel cerdas asal Tiongkok, Meizu, hingga saat ini masih terus berinovasi dengan mengeluarkan produk andalannya. Beberapa...

Artikel

Unbox.id – Musim hujan yang tidak menentu dapat menyebabkan sebagian orang kehilangan rutinitas bahkan kegembiraannya. Misalnya koneksi internet ke ponsel yang Anda gunakan tiba-tiba...