Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Tips Ampuh Hemat Baterai Ponsel Android

Android Smartphone Battery_1a
Android Smartphone Battery. (Sumber: Gizbot)

Unbox.id – Di era dimana segala sesuatunya bergerak sangat cepat, telepon seluler telah menjadi alat komunikasi, informasi, dan hiburan yang tak tergantikan. Namun, penggunaan yang berlebihan sering kali menyebabkan baterai cepat habis, sehingga menimbulkan kekhawatiran akan kehilangan daya saat dibutuhkan. Bagi pengguna Android, berikut lima strategi penting untuk memperpanjang masa pakai baterai dan menghindari kehabisan baterai di tengah hari, seperti dikutip GizChina.

Aktifkan Baterai Adaptif

Android Smartphone Battery_2b

Android Smartphone Battery. (Sumber: Computer World)

Cara menghemat baterai di Android yang pertama adalah dengan menggunakan fitur Adaptive Battery. Ini adalah alat hebat yang membantu mempelajari kebiasaan penggunaan untuk mengoptimalkan penggunaan baterai.

Fitur ini mengidentifikasi aplikasi yang sering digunakan, memprioritaskan daya pada aplikasi tersebut, dan Membatasi berjalan di latar belakang. berfungsi untuk aplikasi yang jarang digunakan.

Aktifkan fitur ini dengan melakukan hal berikut:

  • Buka aplikasi Pengaturan pada perangkat Android.
  • Gulir ke bawah dan cari opsi “Baterai” atau “Perawatan baterai & perangkat”.
  • Cari opsi “Baterai Adaptif” atau sejenisnya dan aktifkan.

Penting untuk diperhatikan bahwa langkah-langkah ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada perangkat dan versi Android. Ingatlah untuk mengikuti petunjuk penggunaan perangkat Anda.

Dengan mengaktifkan Baterai Adaptif, perangkat Android Anda akan menggunakan pembelajaran mesin untuk mengoptimalkan penggunaan baterai. Hal ini tidak hanya meningkatkan masa pakai baterai secara keseluruhan, namun juga memastikan daya baterai disalurkan ke aplikasi-aplikasi yang benar-benar penting.

Dengan menerapkan strategi ini, Anda dapat memaksimalkan kinerja baterai ponsel Android dan menjaga perangkat Anda tetap aktif sepanjang waktu.

Cegah Aplikasi Boros Baterai

Beberapa aplikasi bisa menjadi penyebab utama terkurasnya baterai, terutama saat berjalan di latar belakang. Untuk mengidentifikasi aplikasi yang boros baterai, buka Setelan > Baterai dan centang bagian “Penggunaan baterai”.

Daftar ini menampilkan aplikasi yang paling banyak mengonsumsi daya. Anda dapat membatasi aktivitas latar belakang aplikasi ini atau, jika memungkinkan, beralih ke alternatif yang lebih hemat energi.

Dengan langkah ini, Anda akan melihat penurunan konsumsi baterai. Pastikan untuk hanya mengatur penggunaan baterai di latar belakang untuk aplikasi penting. Layanan lokasi memang penting tetapi dapat menyebabkan baterai terkuras. Agar lebih efisien, alihkan ke mode “Presisi tinggi” hanya bila diperlukan, seperti saat menggunakan aplikasi navigasi.

Untuk tugas sehari-hari, pertimbangkan untuk menggunakan mode “Hemat baterai” untuk membatasi pembaruan lokasi pada beberapa aplikasi yang memerlukannya. Jika layanan lokasi tidak mutlak diperlukan, matikan layanan lokasi di ponsel cerdas Anda untuk memperpanjang masa pakai baterai secara signifikan.

Baca juga: Android 14 Bisa Deteksi Tangkapan Layar Yang Diambil

Gunakan Dark Mode

Android Dark Mode_3c

Android Dark Mode. (Sumber: Digital Trends)

Penggunaan mode gelap dapat memperpanjang masa pakai baterai ponsel cerdas secara signifikan, terutama yang memiliki layar OLED. Perlu diketahui bahwa layar OLED hanya akan menerangi piksel berwarna, artinya piksel tersebut tidak akan menyala saat layar menampilkan warna hitam.

Ini berbeda dengan layar LCD yang selalu menyala dan menampilkan warna hitam meskipun dalam mode gelap. Saat menggunakan mode gelap, layar OLED memerlukan lebih sedikit piksel untuk menyala, sehingga konsumsi daya lebih rendah.

Sebuah penelitian di Universitas Purdue menemukan bahwa Beralih ke mode gelap dapat menghemat hingga 39% baterai kehidupan. pada ponsel pintar OLED. Mode gelap juga dapat memberikan dampak positif pada layar LCD, meskipun penghematannya tidak sebesar pada layar OLED. Pasalnya, layar LCD tetap harus menerangi seluruh layar, meski dalam mode gelap.

Namun, berkurangnya kontras antara teks dan latar belakang dapat mengurangi ketegangan mata sehingga membantu Anda lebih mudah membaca dalam kondisi minim cahaya. Beberapa faktor tambahan yang memengaruhi efektivitas mode gelap dalam menghemat baterai meliputi kecerahan layar, jenis aplikasi yang digunakan, dan masa pakai baterai.

Layar Semakin cerah, semakin banyak energi yang dikonsumsi. dan aplikasi dengan komponen berwarna terang dapat mengurangi efektivitas mode gelap.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Browser ponsel Android seringkali menyimpan file yang tidak diperlukan. Saat menjelajahi situs web, browser mengambil banyak data dari situs web yang dikunjungi....

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple saat ini menghadapi tuntutan hukum dari Departemen Kehakiman AS. Perusahaan tersebut dituduh beroperasi secara monopoli dan menghindari persaingan. Dalam gugatannya, Departemen...

Tech Industry

Unbox.id – Android 15 dikabarkan memiliki fitur penting yang memungkinkan pengguna melacak ponsel yang hilang meski dalam keadaan mati. Seorang pengembang Android mengungkapkan di...