Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Tim Cook Sebut Soal AI, Apa Itu?

Tim Cook AI_1a
Tim Cook AI. (Sumber: Computer World)

Unbox.id – CEO Apple Tim Cook baru-baru ini mengirimkan pesan ke Wall Street. Ia yakin tahun ini Apple akan melakukan inovasi dalam hal penciptaan AI. Komentar terbaru Cook tentang AI muncul saat rapat pemegang saham tahunan Apple. Mengutip 9to5Mac, pertemuan tersebut menampilkan laporan mengenai AI dan etikanya. Ini adalah godaan kedua CEO Apple AI yang meninggalkan perusahaan bulan ini. Sekadar informasi, beberapa pekan lalu, Tim Cook berjanji akan memberikan pengumuman terkait AI milik Apple pada akhir tahun ini. Pengumuman kemungkinan besar akan dilakukan pada konferensi pengembang WWDC pada bulan Juni. Saat itu, perusahaan akan mengungkap sistem operasi barunya, iOS 18. Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, iOS 18 akan fokus pada AI. Sementara itu, pada musim gugur yang lalu, Apple sempat menyebut AI ketika memperkenalkan fitur prediksi teks dan koreksi otomatis baru ke platformnya. Namun pertanyaannya adalah: Apakah Cook benar-benar fokus pada upaya AI tahun ini, atau apakah ia bermaksud agar Apple membuat terobosan lebih lanjut dalam teknologi AI-nya tahun ini?

Apa Itu AI?

Artificial Intellegence_2b

AI (Kecerdasan Buatan) adalah bidang ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan sistem yang mampu melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia.

Tujuan utama AI adalah untuk menciptakan mesin atau program komputer yang dapat melakukan tugas-tugas seperti pengenalan pola, pengambilan keputusan, pemrosesan bahasa alami, dan perencanaan secara mandiri.

Apple juga dikatakan sedang mempertimbangkan untuk mendesain ulang berbagai sistem menu dan aplikasi bawaan. di iOS 18, termasuk Safari.

Mau Saingi ChatGPT?

Sementara itu, investor mendapat pesan dari Cook bahwa mereka perlu memandang saham secara positif. Selain itu, kemarin ada informasi proyek kendaraan listrik Apple Car dihentikan dan perusahaan akan fokus pada AI.

Tidak menutup kemungkinan Apple kini mulai fokus mengembangkan AI-nya dan bersaing dengan ChatGPT dan OpenAI. Gemini dari Google.

Selain itu, Apple akan memiliki akses tingkat sistem ke platformnya, yang dipandang berpotensi “memperkuat” pengalaman ekosistem Apple. Belum lagi chipset silikonnya dirancang sesuai dengan kebutuhan perangkat yang ditenagainya.

Siri Bakal Pakai AI Generatif Biar Lebih Pintar?

iOS 18 dikabarkan hadir dengan dukungan fitur AI umum untuk Siri, Pintasan, Pesan, Apple Music, Pages, dan lainnya. Dalam laporan pendapatan bulan Februari 2024, CEO Apple Tim Cook mengatakan perusahaan sedang mengembangkan AI umum dan akan mengungkapkannya tahun ini.

Sementara itu, Mark Gurman dari Bloomberg menyatakan bahwa AI umum akan meningkatkan Siri dan Pesan dengan menjawab pertanyaan dan melengkapi kalimat.

Sebaliknya, Wayne Ma dari The Information mengatakan bahwa Apple telah mengembangkan model bahasa luas di Siri yang memungkinkan pengguna mengotomatiskan tugas-tugas kompleks. Fitur ini juga akan melibatkan integrasi lebih dalam dengan Pintasan.

AI Generatif semakin populer sejak OpenAI merilis ChatGPT pada tahun 2022. Google dan Microsoft juga telah merilis alat serupa. Fitur AI umum di iOS 18 bisa jadi menjadi fitur eksklusif di iPhone 16, di mana ponsel tersebut akan memiliki mesin saraf.

Perubahan Drastis di iOS 18

iOS 18_2b

iOS 18. (Sumber: Pune News)

Apple yakin iOS 18 berpotensi menjadi pembaruan perangkat lunak terbesar dalam sejarah iPhone. Demikian yang dikatakan Mark Gurman dari Bloomberg. “Saya memahami bahwa sistem operasi baru ini dianggap oleh perusahaan sebagai salah satu pembaruan iOS terbesar dalam sejarah perusahaan,” katanya.

Tampaknya iOS 18 dan iPadOS 18 akan memiliki elemen penting Desain yang terinspirasi oleh VisionOS. Misalnya saja seperti dilansir The Verifier, Apple TV di iPadOS 18 diklaim akan dilengkapi dengan bilah navigasi transparan seperti yang diperkenalkan di TVOS 17.2 versi 2023.

Desain menu cukup mirip. hadir VisionOS, sistem operasi baru yang berjalan pada headset realitas campuran Vision Pro Apple. Apple juga dikatakan sedang mempertimbangkan untuk mendesain ulang berbagai sistem menu dan aplikasi bawaan di iOS 18, termasuk Safari.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Elon Musk, CEO Tesla dan pemilik platform media sosial X, kembali menjadi perbincangan setelah mengutarakan pandangannya tentang kecerdasan buatan (AI). Dalam wawancara...

Apps & Games

Unbox.id – Google Workspace mengumumkan sejumlah pembaruan fitur pada acara Google Cloud Next 2024. Seperti tema besar acara tahunan ini, kecerdasan buatan (AI) menjadi...

Apps & Games

Unbox.id – Google baru saja mengumumkan kabar baik untuk semua pengguna Android. Pengguna tablet atau ponsel Android kini dapat menggunakan fitur pengeditan foto di...

Tech Industry

Unbox.id – Google Cloud Next 2024 saat ini sedang diadakan di Las Vegas, AS. Acara ini merupakan kesempatan untuk memamerkan produk dan inovasi terbaru...