Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

TikTok Jadi Media Sosial dengan Pertumbuhan Tercepat

TikTok Application_1a
TikTok Application. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Pew Research Center telah merilis survei terbarunya mengenai penggunaan media sosial oleh orang dewasa di Amerika Serikat. Meskipun YouTube (khususnya) dan Facebook tetap mendominasi sejak survei terbaru pada tahun 2021, TikTok adalah platform dengan pertumbuhan tercepat, dengan lebih dari sepertiga orang dewasa kini mengaku menggunakan aplikasi ini. Sekadar informasi, seperti dikutip Engadget, survei tersebut mencakup 5.733 orang dewasa Amerika antara 19 Mei hingga 5 September 2023. YouTube menjadi platform yang paling banyak digunakan, dengan 83% responden dilaporkan menggunakan platform ini. Sementara itu, 68% orang yang disurvei mengatakan mereka menggunakan Facebook.

YouTube Jadi Platform Yang Sering Digunakan

YouTube_2b

YouTube. (Sumber: TelecomTalk)

YouTube adalah platform yang paling banyak digunakan, dengan 83% responden mengatakan mereka pernah menggunakannya. Sementara itu, 68% responden menyatakan mereka menggunakan Facebook.

Kedua platform ini merupakan satu-satunya platform yang digunakan oleh mayoritas orang, tanpa memandang usia.

Namun, kesenjangan antar kelompok usia tetap ada, terutama di kalangan pengguna YouTube: misalnya, 93% dari kelompok usia 18-29 tahun mengatakan bahwa mereka menggunakan platform video Google, sementara 60% dari mereka yang berusia 18-29 tahun mengatakan bahwa mereka menggunakan platform video Google. Yang lebih tua mengatakan hal yang sama. Facebook hanya memiliki perbedaan 9% antara dua kelompok demografi serupa.

Instagram menempati posisi ketiga secara keseluruhan karena 47% responden mengatakan mereka menggunakannya. Diikuti oleh Pinterest (35%), TikTok (33%), LinkedIn (30%), WhatsApp (29%), dan Snapchat (27%).

Pertumbuhan TikTok Paling Signifikan

Pertumbuhan terbesar terjadi pada TikTok, di mana platform milik ByteDance ini tumbuh 12 poin, naik 21% dibandingkan dua tahun lalu. Langkah TikTok sejauh ini merupakan yang terbesar dibandingkan platform mana pun dalam daftar.

Berikutnya adalah Reddit dan X, masing-masing sebesar 22%. Saat penyelidikan ini berlangsung, Elon Musk mengubah nama Twitter meskipun kontroversi mengenai API platform tersebut terjadi saat penyelidikan sedang berlangsung.

Platform lain memiliki perbedaan mencolok antar kelompok umur termasuk Instagram (78% peserta survei berusia 29 tahun ke bawah menggunakannya, dibandingkan dengan 15% peserta berusia 65 tahun ke atas).

Berikutnya adalah Snapchat (65 % menggunakannya untuk mereka yang berusia di bawah 30 tahun, 4% untuk mereka yang berusia di bawah 30 tahun, dan mereka yang berusia 65 tahun ke atas).

Demografi Kelompok Usia 40 hingga 49 tahun mencakup Generasi Milenial dan semua generasi kecuali Milenial termuda menunjukkan minat yang sangat tinggi terhadap LinkedIn (40%), WhatsApp (38%), dan Facebook (75%).

Baca juga: Bocoran Ungkap TikTok Uji Coba Fitur Unggah Video 30 Menit

X Populer di Kalangan Orang Dewasa

X Twitter_2b

X Twitter. (Sumber: Eureka Digital)

Di negara-negara teratas lainnya berdasarkan demografi, Pew melaporkan bahwa TikTok sangat populer di kalangan pengguna Hispanik, dengan 49% mengaku menggunakannya (menurut laporan tersebut, perempuan menggunakannya dalam jumlah yang sangat tinggi.

Angka tersebut 15% lebih tinggi dibandingkan laki-laki). X lebih sering terjadi pada orang dewasa. dengan pendapatan rumah tangga tahunan minimal $100.000.

Sementara itu, LinkedIn memiliki persentase responden yang memiliki setidaknya gelar sarjana lebih tinggi (25 poin lebih tinggi dibandingkan mereka yang memiliki gelar sarjana dan 43% lebih tinggi dibandingkan mereka yang memiliki ijazah sekolah menengah atas). Hal ini mungkin tidak mengherankan, mengingat fokus LinkedIn pada profesionalisme.

Twitter adalah platform media sosial yang memungkinkan penggunanya berbagi pemikiran, berita, dan informasi dalam bentuk pesan singkat yang disebut “tweets”. Tweet memiliki batasan karakter, biasanya dibatasi hingga 280 karakter per pesan.

Pengguna Twitter dapat mengikuti akun lain untuk melihat pembaruan di beranda mereka, dan juga dapat “menyukai” atau “me-retweet” untuk berbagi konten yang mereka anggap menarik.

Twitter Banyak digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk berbagi berita, opini, dan jaringan. sosial dan mempromosikan acara atau produk. Pada dasarnya, Twitter menyediakan platform komunikasi yang cepat dan terbuka, memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam percakapan global mengenai berbagai topik.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Presiden AS Joe Biden dilaporkan telah menyetujui peraturan baru yang dapat mengancam kehadiran TikTok di negaranya. Sebab, dengan aturan baru ini, AS...

Apps & Games

Unbox.id – TikTok telah merilis Notes, aplikasi berbagi foto sosial yang dibuat untuk bersaing dengan Instagram Meta. Dikutip dari Android Authority, TikTok Notes memiliki...

Tech Industry

Unbox.id – YouTube terus meningkatkan program monetisasi kontennya melalui video pendek. Dikutip Engadget, perusahaan mengumumkan bahwa lebih dari seperempat pembuat konten yang tergabung dalam...

Tech Industry

Unbox.id – Media sosial kini tidak hanya sekedar platform untuk berinteraksi tetapi juga menjadi alat penting bagi masyarakat dan pelaku industri untuk melakukan pemasaran...