Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

TikTok dan YouTube Balapan dalam Waktu Tonton Rata-rata AS

TikTok vs YouTube
TikTok vs YouTube

Jakarta, Unbox.id – Siapa yang tak kenal dengan TikTok? Bahkan kini, perusahaan analisis aplikasi App Annie mencatat pengguna TikTok lebih banyak daripada pengguna YouTube.

Fakta bahwa tahun 2020, TikTok sempat menghadapi ancaman akan dilarang di AS, ternyata awal tahun ini secara resmi perintah eksekutif larangan itu telah dicabut.

Itu sebabnya, di AS aplikasi ByteDance mengambil alih YouTube pada Agustus tahun lalu, dan pada Juni 2021 penggunanya menonton lebih dari 24 jam konten per bulan, dibandingkan dengan 22 jam 40 menit di platform video Google.

Baca juga : Transfer Obrolan WhatsApp iPhone Ke Samsung Sudah Bisa

tiktok_vs_youtube_uk

tiktok_vs_youtube_uk

Sedangkan di Inggris, perbedaannya bahkan lebih mencolok. TikTok menyalip YouTube pada Mei tahun lalu. Bahkan penggunanya dilaporkan menonton hampir 26 jam konten sebulan, dan kurang dari 16 jam menonton di YouTube.

Lebih mengesankan, mengingat durasi maksimum tiga menit dari sebagian besar videonya, dibandingkan dengan format 10 menit yang disukai oleh banyak YouTuber.

Meski angka ini mungkin tidak mewakili pengguna ponsel secara keseluruhan, termasuk pengguna iOS dan pengguna aplikasi yang bernama asli Douyin di China, namun mereka menunjukkan kenaikan meteorik TikTok hanya dalam tahun yang singkat.

Baca juga : Windows 11 Akan Tersedia Mulai 5 Oktober

tiktok_vs_youtube_us

tiktok_vs_youtube_us

Namun dari hasil pengamatan, YouTube masih nomor satu dalam hal waktu yang dihabiskan untuk ponsel Android di antara “Aplikasi Sosial dan Hiburan” pada paruh pertama tahun ini. Sedangkan TikTok di nomor lima di belakang tiga aplikasi Facebook, WhatsApp, dan Instagram.

Menurut data App Annie, pengguna juga menghabiskan lebih banyak uang di YouTube daripada TikTok di iOS dan Android di seluruh dunia (tidak termasuk pengguna Android di China).

Kesimpulannya, YouTube masih unggul dalam waktu yang dihabiskan secara keseluruhan. Karena dua miliar penggunanya dibandingkan dengan TikTok yang sekitar 700 juta.

Jika Anda ingin tahu bagaimana tepatnya TikTok menemukan kesuksesan seperti itu, App Annie menganggap “Video pendek, konten otentik, dan streaming langsung” adalah alasannya.

Jadi, tidak mengherankan jika YouTube mencoba meniru format video pendek TikTok dengan meluncurkan YouTube Shorts-nya sendiri.(Eli/Eve)

 

Sumber dan foto : dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – TikTok telah merilis Notes, aplikasi berbagi foto sosial yang dibuat untuk bersaing dengan Instagram Meta. Dikutip dari Android Authority, TikTok Notes memiliki...

Tech Industry

Unbox.id – Layanan berbagi video YouTube kini lebih aktif memerangi AdBlocker. Salah satu cara untuk mencegah aktivitas pemblokiran iklan adalah dengan menyasar aplikasi pemblokir...

Tech Industry

Unbox.id – YouTube terus meningkatkan program monetisasi kontennya melalui video pendek. Dikutip Engadget, perusahaan mengumumkan bahwa lebih dari seperempat pembuat konten yang tergabung dalam...

Tech Industry

Unbox.id – Media sosial kini tidak hanya sekedar platform untuk berinteraksi tetapi juga menjadi alat penting bagi masyarakat dan pelaku industri untuk melakukan pemasaran...