Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Tersesat Akibat Google Maps, SOS iPhone 14 Selamatkan Orang

Google Maps_1_1
Ada kisah di mana sistem SOS milik iPhone 14 menyematkan wanita yang tersesat karena arah Google Maps. (Sumber: Allconnect)

Last updated on 6 Februari, 2023

Unbox.id – Sekali lagi dikabarkan bahwa fitur SOS via satelit di iPhone 14 telah menyelamatkan nyawa para penggunanya. Kali ini muncul kisah tentang dua wanita yang berada di Kanada. Menurut Times Colonist, kedua wanita itu sedang dalam perjalanan pulang dari perjalanan di Alberta ketika mereka tersesat di dekat McBride, sebuah desa kecil di British Columbia. Bagaimana kisahnya? Mari simak kisah informasinya berikut ini.

Akibat Mengikuti Arahan Google Maps

Para perempuan tersebut harus menggunakan Google Maps untuk mencari jalur alternatif dengan mobil karena jalan utama ditutup akibat kecelakaan tersebut. Dikutip dari 9to5mac, Selasa (31/1/2023), Google Maps mengarahkan mereka menyusuri jalan kecil di Holmes Forest. Sayangnya, setelah beberapa kali badai salju, jalan tersebut hanya dibersihkan sebagian.

Kedua wanita itu, yang tidak mengetahui kondisinya, berhasil berjalan sekitar 20 kilometer sebelum menabrak “dinding salju” dan terjebak di sana. Karena mereka berada di jalur hutan, tidak ada penerimaan telepon seluler. Untungnya, salah satunya memiliki iPhone 14 dan berpikir untuk menggunakan panggilan darurat satelit.

Mereka kemudian mengirimkan pesan dan lokasinya ke pusat panggilan Apple, di mana polisi menghubungi Northern911 di Kanada, yang kemudian mengaktifkan panggilan darurat di British Columbia. Layanan darurat juga menerima paket informasi yang menyertakan koordinat GPS.

Tim pencarian dan penyelamatan (SAR) dikerahkan termasuk Royal Canadian Mounted Police, Tim SAR Pencarian British Columbia dan Tim SAR Lembah Robson. Kedua orang Kanada itu kemudian ditemukan menggunakan koordinat GPS.

Baca juga: Cara Atasi Google Maps Error Pada Smartphone Anda

Mengurangi Waktu Pencarian

Mobil wanita itu kemudian ditarik keluar dari salju. Polisi juga membantu mereka berbalik untuk kembali ke jalan utama. Kepala Direktur British Columbia SAR Dwight Yochim percaya ini adalah pertama kalinya fitur tersebut digunakan di wilayahnya.

“Jika mereka tidak memiliki itu, akhirnya keluarga atau kantor mereka akan berkata, ‘Hei, mereka tidak terlihat,’ jadi area pencarian dimulai dari tempat mereka terakhir terlihat dan dimulai.” Jaraknya bisa ratusan kilometer.”

“Ini adalah pengubah permainan. Teknologi ini benar-benar dapat membantu kami menyelamatkan nyawa dan mempersingkat waktu yang diperlukan.” Yochim memperkirakan timnya melakukan 1.700 hingga 1.800 pencarian setiap tahun. Fungsi SOS darurat iPhone 14 juga harus dapat mengurangi jumlahnya secara signifikan.

“Jika kita tahu persis di mana targetnya, yang harus kita lakukan hanyalah masuk dan menyelamatkan mereka,” kata Yochim.

Baca juga: Cara Hapus Riwayat Pencarian Google Di Komputer

Fitur iPhone 14 Bikin Polisi Terkesan

iphone 14_1_2_1

Sistem dari iPhone 14 cukup memukau dan dipuji oleh pihak keamanan setempat. (Sumber: Publica)

Tim mengirimkan empat orang relawan untuk melakukan pencarian di area Nimiuk Point langsung ke koordinat GPS yang disediakan oleh pusat tanggap darurat Apple. “Sebuah tim pencari sukarelawan menemukan seorang pria dewasa dan membawanya ke Kotzebue. Tidak ada korban luka yang dilaporkan kepada tentara,” kata laporan kementerian tersebut.

Apa yang memotivasi pria itu untuk tetap tinggal tidak jelas. Namun, kegagalan mekanis dan kemacetan mobil salju adalah kemungkinan yang paling mungkin terjadi. Sementara itu, polisi negara bagian mengaku terkesan dengan fitur SOS satelit iPhone 14.

Tim penyelamat yang terlibat dalam operasi tersebut “terkesan dengan keakuratan dan kelengkapan informasi yang terkandung dalam peringatan awal” menggunakan fungsi SOS darurat melalui satelit.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Bootloop di iPhone merupakan salah satu hal yang paling menyebalkan. Banyak pengguna yang panik saat menghadapi masalah ini. Mengutip GizChina, bootloop merupakan...

Tech Industry

Unbox.id – Aplikasi YouTube Music di iOS mengalami masalah saat dibuka. Beberapa pengguna mengeluhkan bug yang menyebabkan aplikasi menampilkan layar hitam, sehingga pengguna tidak...

Tech Industry

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist...

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...