Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Terbaru! Eco Remote Samsung 2022 Menggunakan Gelombang Radio Untuk Mengisi Daya

eco remote control samsung

Jakarta, Unbox.id – CES selalu menjadi yang terdepan ketika menegaskan tentang pentingnya menjaga lingkungan dan selalu menekankan produk dan kemasan yang lebih ramah lingkungan. Setelah memperkenalkan Eco Remote yang memiliki tenaga surya untuk TV di 2021 kemaren, Samsung kembali dengan versi baru yang hadir dengan teknologi yang unik dan menarik.

Produk ini mirip seperti Eco Remote yang sudah dirilis sebelumnya, yang bisa diisi dengan energi surya. Namun, di produk ini, Samsung juga telah menambah kemampuan pemanenan RF yang memungkinkan remote mempertahankan daya-nya dengan “mengumpulkan gelombang radio router dan mengubahnya menjadi energi”.

Teknologi ini sangat menarik. Anda tidak akan melihat teknologi ini di kebanyakan gadget, karena teknologi ini hanya praktis untuk perangkat yang berdaya rendah dan remote termasuk dalam kategori ini. Selain itu, Eco Remote dapat diisi dayanya dari cahaya luar dan dalam ruangan atau melalui USB-C. Samsung mengatakan akan memperkenalkan model remote putih tahun ini, yang menurut perusahaan dimaksudkan untuk melengkapi TV “lifestyle” seperti The Frame, Serif, dan Sero dengan lebih baik.

Samsung memperkirakan bahwa dengan beralih ke remote bertenaga surya akan menghindari 99 juta baterai yang terbuang selama tujuh tahun. Samsung juga telah mengeksplorasi cara lain untuk mengisi daya baterai internal sendiri seperti “memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan saat remote diguncang” dan “menggunakan energi getaran yang dihasilkan saat mikrofon menangkap suara.” Namun, kali ini samsung menambahkan teknologi RF sebagai cara untuk menjaga agar remote dapat berfungsi kapan pun Anda membutuhkannya.

Baca juga: Terbaru! Taste the TV: Layar TV Yang Bisa Dicicipi di Jepang

Eco Remote Samsung 2021

Eco Remote Samsung

Tahun 2021 kemarin, selain TV 4K dan 8K QLED, Samsung juga telah merilis Eco Remote Control. Remote ini bisa mendukung pengisian dari tenaga surya dan adalah bagian dari upaya perusahaan yang menekankan teknologi yang lebih ramah lingkungan.

Samsung mengklaim bahwa remote ini akan “mengurangi berton-ton sampah plastik per tahun” dan akan bermanfaat bagi lingkungan. Eco Remote mirip dengan remote TV pada umumnya. Namun, di bagian belakangnya, ada tempat menyimpan fitur yang paling menonjol. Ada terlihat panel panjang tenaga surya yang dapat mengisi baterai.

Samsung Eco Remote memiliki berat hanya sebesar 31 gram saja dan memiliki bahan dari plastik. Perusahaan berkata bahwa sekitar 28 persen dari bahan remote berasal dari “recycled polyethylene terephthalate“. Samsung mengklaim bahwa baterai pada remote dapat digunakan hingga dua tahun sebelum diisi penuh kembali dan dapat tetap berfungsi selama sekitar tujuh tahun. (Mer/Eve)

 

Sumber : theverge.com, trendtech.id
Foto : dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Bocoran informasi mengenai Samsung Galaxy C55 5G telah terungkap di laman Konsol Google Play. Kehadiran smartphone ini juga akan menjadi langkah langsung...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah Joe Biden akan memberikan subsidi hingga $6,4 miliar atau sekitar Rs 103,5 triliun kepada Samsung. Menurut...

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Software

Unbox.id – Belum lama ini, Samsung meluncurkan fitur andalan dari smartphone seri Galaxy S24 terbarunya yakni Galaxy AI ke beberapa smartphone lawas. Seri Galaxy...