Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Teknologi Flex Hinge Pada Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 Membuatnya Lebih Tangguh!

samsung galaxy fold 5

Unbox.id  –  Samsung Galaxy Z Series yaitu Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 yang baru diperkenalkan akhir bulan Juli 2023 lalu di Korea, menawarkan inovasi terbaru. Salah satu kunci sukses Galaxy Z Series adalah form factor yang dapat dilipat secara seamless dan mampu diletakkan secara stabil di berbagai kondisi pelipatan. Inovasi tersebut memperluas cara pengguna dalam memakai smartphone dan menawarkan pengalaman baru dan juga adanya teknologi Flex Hinge.

“Lini smartphone foldable ini mampu berevolusi di tiap generasinya dengan desain yang semakin fungsional dan stylish tanpa menghilangkan durabilitas yang esensial bagi perangkat lipat,” ujar Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia di Jakarta belum lama ini.

Meskipun perangkat ini tidak menampilkan peningkatan besar dalam spesifikasi, mereka berhasil menarik perhatian yang signifikan karena fitur yang menarik, yaitu Waterdrop Hinge, atau seperti yang disebut Samsung, “Flex Hinge” atau biasa disebut “tanpa celah” saat handphone dibuka.

Galaxy-Z-Series dilengkapi dengan teknologi Flex Hinge

Teknologi hinge terdepan yang mendukung ketahanan desain pada perangkat

Sampai saat ini, Samsung telah menghadirkan empat generasi perangkat lipat. Selama itu juga, Samsung konsisten menyematkan teknologi dan inovasi terdepan yang menjadikan Galaxy Z Series lini smartphone foldable paling unggul di industri. Salah satunya adalah Hideaway Hinge revolusioner yang pertama kali diperkenalkan di Galaxy Z Flip dan terus dikembangkan sampai Galaxy Z Flip4 yang menegaskan posisi Samsung sebagai pionir teknologi foldable.

Flex Hinge merupakan pengembangan yang cukup inovatif dalam ranah desain smartphone yang dapat dilipat. Saat Anda melipat ponsel, engsel membentuk rongga yang ramping seperti tetesan air atau tetesan air mata, sehingga mengatasi celah yang agak menjengkelkan yang biasanya dikaitkan dengan engsel tradisional.

Engsel ini tidak hanya meningkatkan daya tarik estetika ponsel tetapi juga meningkatkan daya tahannya, melindungi komponen internal dan layar yang dapat dilipat dari penggunaan sehari-hari. Tidak seperti engsel sumbu tunggal pada umumnya, Waterdrop Hinge dapat dilenturkan di berbagai dimensi, sehingga memberikan tampilan yang ramping dan ramping pada ponsel.

Galaxy Z Flip 5

Flex Hinge berhasil mengatasi masalah celah yang biasa terjadi pada engsel berbentuk U yang lebih tua, yang dapat memungkinkan debu dan serpihan masuk dan merusak layar internal. Namun demikian, engsel baru ini menawarkan desain tanpa batas yang memberikan perlindungan yang lebih baik untuk perangkat.Selain itu, engsel ini juga mengatasi masalah kusut yang mereka hadapi pada perangkat lipat sebelumnya. Ini mengurangi tekanan pada layar, menghasilkan pengalaman yang lebih halus dan bebas kusut.

Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 lebih ramping dari pendahulunya sehingga lebih ringkas dan portabel. Flex Hinge juga memungkinkan ponsel lipat Samsung untuk disesuaikan pada sudut yang berbeda, membuka aplikasi perangkat lunak dan fitur baru untuk dijelajahi pengguna.

Menurut Samsung, pengguna mungkin akan merasakan sedikit rasa longgar saat membuka dan menutup perangkat dan kadang-kadang mendengar atau merasakan suara berisik selama pengoperasian. Karakteristik ini bukanlah cacat, melainkan fitur yang melekat pada gerakan yang lebih baik dan lebih halus yang difasilitasi oleh engsel baru.ng ramping dan ramping pada ponsel.

Galaxy Z Fold 5

Manfaat Samsung Flex Hinge

Desain Lebih Ramping dengan Portabilitas yang Lebih Besar: Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 memiliki desain yang lebih ramping dan lebih portabel, berkat teknologi engsel baru. Z Flip5 lebih tipis dari Z Flip4, berukuran 15.1mm saat dilipat (vs. 17.1mm untuk Flip4). Demikian pula, Z Fold5 lebih ramping dari Z Fold4, dengan ketebalan terlipat 13.4mm (vs. 15.8mm untuk Fold4).

Engsel yang telah diperbarui berkontribusi pada faktor bentuk yang lebih ringkas dan nyaman untuk kedua perangkat.

  • Gerakan yang Lebih Baik: Teknologi engsel Flex memberikan gerakan yang lebih halus dan lebih baik dibandingkan dengan model sebelumnya di seri Z. Hal ini dapat menyebabkan engsel terasa sedikit lebih longgar saat membuka dan menutup perangkat.
  • Mengurangi Celah saat Ditutup: Teknologi engsel baru memungkinkan layar untuk menutup sepenuhnya, secara virtual menghilangkan celah di antara dua bagian perangkat.
  • Mode Lentur: Mode Flex dirancang untuk berfungsi dalam rentang standar 75 hingga 115 derajat. Mengoperasikan engsel di luar kisaran ini dapat memengaruhi kemampuannya untuk menahan sudutnya dengan aman.
  • Mengurangi Ukuran Lipatan: Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 memiliki desain engsel baru yang mungkin membuat lipatan pada layarnya tampak sedikit lebih besar dibandingkan dengan model sebelumnya. Namun demikian, penutup dan aksesori pihak ketiga dapat memengaruhi rentang gerak, jadi Anda harus berhati-hati ketika menggunakannya untuk menghindari kekuatan yang berlebihan saat membuka atau menutup perangkat.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id  –  Hari Raya Idul Fitri kerap menjadi momen kumpul keluarga sekaligus menjalin silaturahmi dengan teman dan kerabat. Di momen-momen kumpul keluarga ini...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id  –  Saat Bulan Ramadan, salah satu aktivitas rutin keluarga adalah mempersiapkan makanan untuk sahur dan berbuka. Makanan untuk sahur dan berbuka sebaiknya...

Tech Industry

Unbox.id – Samsung Electronics Indonesia resmi memperkenalkan program baru bernama SmartExchange. Melalui program ini, Samsung membuka peluang bagi masyarakat untuk membuang atau menjual produk...

Hardware

Jakarta, Unbox.id  –  Keberadaan chipset dalam sebuah smartphone menjadi salah satu kunci yang menentukan performa dan efisiensi perangkat. Untuk itu, Samsung Electronics Co, Ltd...