Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Tampilan Antarmuka Android Kian Menarik Dengan Skin One UI Dari Samsung

Last updated on 11 November, 2018

Unbox.id – Rincian tentang ponsel foldable Samsung mungkin telah menyita perhatian publik di Samsung Developer Conference, tetapi Samsung memiliki beberapa berita lain untuk diperlihatkan. Yakni, perusahaan memberitahukan tentang skin Android baru untuk ponsel mereka ke depannya. Skin baru ini disebut One UI dan terlepas dari aspek visual yang manis, skin ini mampu membuat penggunaan ponsel anda yang sedikit lebih mudah.

Melihat tampilan One UI selama di Samsung Developer Conference, dapat dikonfirmasi bahwa tampilan keseluruhan tampak sangat bersih. Tapi itu tidak cukup untuk menyamai level yang sama dengan Android, tetapi dibandingkan dengan Samsung Experience, itu jauh lebih mendasar, yang merupakan sisi positifnya.

Dalam One UI, Samsung tampaknya memprioritaskan kemampuan dalam menggunakan ponsel anda dengan satu tangan. Sebagian besar aplikasi Samsung memiliki sebagian besar kontrolnya di bagian bawah layar interface pengguna, dengan informasi lain bisa anda temukan di bagian atas. Misalnya, ketika anda membuka aplikasi Seting, sepertiga bagian atas layar interface hanya mengatakan “Setting,” dan memberikan sebuah tombol kecil untuk mengaktifkan pencarian aplikasi. Scroll ke bawah, dan aplikasi akan mulai menggunakan ruang itu – tetapi keuntungannya adalah mudah untuk mengetuk item dengan satu tangan. Aplikasi lain menampilkan tata letak yang serupa, termasuk aplikasi Clock dan Photo.

One UI juga memiliki “Dark Mode”, yang memberikan latar belakang hitam untuk mempermudah membaca elemen di layar dalam kegelapan tanpa menyakiti mata anda. Berbicara tentang warna latar belakang, Samsung juga membuat pengalaman antara perangkat lunak dan perangkat keras sedikit lebih seragam dengan aspek pencocokan warna dari interface dengan warna ponsel itu sendiri. Jadi, misalnya, jika anda membeli ponsel yang berwarna ungu, anda akan menemukan berbagai elemen interface pengguna yang berwarna ungu juga.

Perubahan lain pada perangkat lunak yang pintar. Misalnya, di aplikasi Pesan, aplikasi akan dibagi menjadi dua bagian – bagian pratinjau dan “area interaksi.” Dengan dua bagian ini, anda akan bisa memilih pesan apa yang ingin anda baca, yang akan muncul di melihat area tanpa membuka layar baru.

Meskipun awalnya tidak begitu jelas, Samsung menegaskan bahwa One UI memang ditujukan untuk menjadi penerus Samsung Experience, yang merupakan penerus TouchWiz. Sudah jelas bahwa Samsung telah menempatkan banyak pengerjaan dalam menciptakan layar interface yang bersih sejak zaman TouchWiz.

Samsung One UI akan tersedia untuk Galaxy S9, S9 Plus, dan Note 9 pada awal Januari ini, dan mungkin akan muncul di ponsel Samsung lainnya di waktu mendatang.

Baca Juga – Google Akan Tambahkan Dukungan Android Dalam Perangkat Foldable

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Bocoran informasi mengenai Samsung Galaxy C55 5G telah terungkap di laman Konsol Google Play. Kehadiran smartphone ini juga akan menjadi langkah langsung...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah Joe Biden akan memberikan subsidi hingga $6,4 miliar atau sekitar Rs 103,5 triliun kepada Samsung. Menurut...

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Software

Unbox.id – Belum lama ini, Samsung meluncurkan fitur andalan dari smartphone seri Galaxy S24 terbarunya yakni Galaxy AI ke beberapa smartphone lawas. Seri Galaxy...