Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Spotify Ungkap Desain Baru Aplikasi Mereka?

Desain baru Spotify_1dsby
Spotify hadirkan desain baru yang menarik dan juga menambah daya tarik dalam penggunaan produknya. (Sumber: Liputan6.com)

Unbox.id – Spotify meluncurkan desain aplikasi barunya selama acara Stream On 2023 belum lama ini. Dalam acara tersebut, Spotify memperlihatkan pratinjau tampilan baru, mulai dari konten video podcast, video musik, hingga buku audio di platform mereka.

Menurut perusahaan, perubahan ini akan memudahkan pengguna menemukan hal-hal baru untuk dilihat dan didengar.

Dengan halaman yang bergulir secara vertikal, desain baru Spotify mengingatkan pada aplikasi lain, seperti YouTube, Instagram, dan TikTok. Melalui perubahan yang dilakukan, platform tersebut mungkin ingin mengubah aplikasi dari pemutar musik sederhana.

Kehadiran Desain Baru di Spotify

Dulu, Spotify telah memperkenalkan berbagai fitur seperti podcast, buku audio, dan lainnya untuk menjadikannya tempat bagi banyak pembuat konten.

Selama bertahun-tahun, Spotify juga bekerja untuk menempatkan musik, podcast, dan lainnya secara berdampingan untuk menarik lebih banyak pengguna.

Dalam keterangannya yang dikutip The Verge pada Minggu (11 Maret 2023), CEO Spotify Daniel Ek berharap bisa memiliki lebih dari 50 juta kreator konten audio di platform tersebut. Hadirnya desain aplikasi Spotify yang baru akan memberikan pengguna pilihan konten yang lebih luas dari berbagai genre.

Seperti sebelumnya, pengguna akan menemukan banyak sampul album musik dan daftar putar di bagian atas layar beranda. Namun apa bedanya, di bagian bawah aplikasi Spotify, pengguna bisa melihat podcast video yang diputar secara otomatis dalam pratinjau.

Baca juga: YouTube Music Akan Hadirkan Podcast, Siap Tantang Spotify!

Menampilkan Konten Yang Beragam Pada Homescreen

Desain baru spotify_2dsby

Pada desain baru di Spotify, para penggunanya bisa melihat beragam konten-konten menarik di bagian homescreennya. (Sumber: Uzone.id)

Tidak hanya itu, antarmuka baru ini juga akan menampilkan gambar yang bagus seperti konten aplikasi Instagram. Tampilan baru ini dimaksudkan agar pengguna dapat melihat lebih banyak rekomendasi daftar putar.

Jika pengguna mengklik opsi “Musik” atau “Podcast & Acara”, mereka akan dibawa ke halaman gulir vertikal yang mirip dengan TikTok. Pratinjau yang muncul juga dapat memilih untuk memungkinkan pengguna menjelajahi lebih banyak konten.

Menurut Spotify, konten ini akan dipersonalisasi berdasarkan kebiasaan pengguna saat mengakses atau mendengarkan musik yang mungkin mereka sukai. Melalui pembaruan ini, Spotify juga memperkenalkannya sebagai fitur yang dapat mempererat hubungan antara artis dan penggemar.

Spotify Juga Kembangkan Video Podcast Lebih Jauh

Selain itu, di Stream On 2023, Global Podcast Studio Director Julie McNamara juga meluncurkan podcast video yang diharapkan dapat menarik pendengar yang lebih muda. Menurut McNamara, podcast video adalah salah satu konten podcast yang paling cepat berkembang, jadi dia berharap pertumbuhan ini akan terus berlanjut.

“Saat ini kami memiliki 70.000 pembuat video di platform ini dan masih banyak lagi yang akan datang,” katanya, seperti dikutip dari The Verge. Sekarang, Spotify juga mencoba menghadirkan lebih banyak podcast video ke platform.

Karena itu, katanya, siapa pun yang berlangganan Spotify sebagai podcaster dapat langsung memposting podcast video, fitur yang sebelumnya hanya tersedia untuk pengguna Anchor.

Baca juga: Informasi Cara Gunakan Spotify Di Windows 10

Kontradiksi Tampilan Baru Dari Spotify

Desain baru spotify_3dsby

Ada kontradiksi yang dirasakan bagi para penggunanya dalam melihat ragam konten-konten yang ditampilkan itu. (Sumber: DetikInet)

Meskipun perubahan ini memberi pengguna pilihan konten yang lebih luas, desain baru Spotify mungkin membuat sebagian pengguna kewalahan yang hanya ingin mendengarkan musik.

Spotify adalah platform streaming musik terbesar, tetapi mereka ingin terus meningkatkan kualitasnya dengan berbagai jenis konten. Di sisi lain, sebagian besar pengguna mungkin terbiasa menjelajahi hal-hal yang belum tentu mereka sukai di halaman utama aplikasi Spotify.

Namun dengan update ini, pengguna akan diperkenalkan dengan hal-hal baru yang bisa sesuai dengan konten yang sering mereka kunjungi.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Spotify adalah layanan streaming musik dan podcast terpopuler saat ini. Layanan streaming ini memiliki jutaan judul lagu dari berbagai artis/musisi serta banyak...

Tech Industry

Unbox.id – Spotify akan menjadi perusahaan teknologi yang menerapkan kecerdasan buatan (AI) pada layanan streaming-nya. Ini bukan pertama kalinya Spotify mengacaukan AI, karena raksasa...

Apps & Games

Unbox.id – Spotify dilaporkan akan menaikkan harga berlangganan untuk layanan premiumnya setelah mempertahankan harga yang sama selama bertahun-tahun. Tanpa ragu, Spotify akan menggandakan harga...

Apple

Unbox.id – Belakangan ini, iPhone SE 4 sedang ramai diberitakan. Kabar terkini menunjukkan bahwa Samsung telah menolak tawaran Apple untuk memproduksi panel OLED untuk...