Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Snapdragon X Elite, Chipset Berbasis ARM Terbaru Qualcomm untuk Laptop

Snapdragon X Elite
Qualcomm Snapdragon X Elite | foto: SamMobile

Jakarta, Unbox.id – Chip seluler Snapdragon8 Gen 3 yang baru dirancang untuk memberi daya pada smartphone dan tablet Android andalan terbaru. Meski demikian, Qualcomm tidak lupa untuk merancang chip khusus kelas atas untuk Windows pada laptop ARM, yakni Snapdragon X Elite.

Produk terbaru Qualcomm tersebut adalah Snapdragon X Elite, sebagaimana tertulis di laman GSM Arena, Rabu 25 Oktober 2023. Qualcomm berharap dapat memperoleh pangsa pasar chipset PC yang lebih besar dengan SoC terbarunya.

Baca juga: Gapai.id Ingin Permudah Orang Indonesia Dapat Pekerjaan di Luar Negeri

Dengan mengeluarkan produk ini, perusahaan akan bertaruh  pada kinerja dan efisiensi.  Snapdragon X Elite dibuat dengan node proses 4nm dan dilengkapi 12 core Oryon berkinerja tinggi yang memiliki clock 3,8 GHz dengan peningkatan single dan dual-core hingga 4,3 GHz. 

Qualcomm Snapdragon X Elite dan Keunggulannya

Qualcomm menyatakan bahwa CPU barunya menyamai CPU Intel generasi ke-13 yang bersaing dalam hal kinerja multi-thread dan menghabiskan daya 68% lebih sedikit. Ada perbandingan antara chip M2 berbasis ARM milik Apple dengan SnapdragonX Elite.

Di mana chip milik Qualcomm tersebut di klaim memiliki kinerja multi-thread puncak 50% lebih cepat. Pada aspek grafis, X Elite memiliki GPU Adreno terintegrasi dengan rating 4,6 TFLOPs dengan dukungan DirectX 12 API. 

Baca juga: Elon Musk Ungkap 2 Paket Langganan Baru untuk X

Chip ini dapat menangani hingga 3x monitor UHD eksternal pada 60Hz. Editor video dapat memanfaatkan unit pemrosesan video (VPU) Adreno yang mendukung encode dan decode 4K60 10-bit untuk file H.264, HEVC (H.265) dan AV1. 

Informasi Lainnya

Qualcomm juga menambahkan NPU Hexagon dengan operasi 45 Tera per detik (TOPs) yang unggul dalam tugas-tugas AI Generatif. SnapdragonX Elite dapat menangani lebih dari 13 miliar parameter yang berjalan di perangkat dan menghasilkan 30 token per detik. 

Chip ini mendukung RAM LPDDR5x dengan bandwidth memori hingga 136 GB/s dan total cache 42MB bersama penyimpanan PCIe Gen4 atau UFS 4.0. Dari segi konektivitas, X Elite mendapatkan Sistem FastConnect 7800 dengan dukungan Wi-Fi 7 dan Bluetooth 5. 

X Elite mendukung pemutaran audio lossless berkat Qualcomm Aqstic DAC dan juga lengkap prosesor sinyal gambar (ISP) Qualcomm Spectra. Terdapat dukungan kamera ganda hingga 36MP dan pengambilan video 4K HDR.

Sumber: GSM Arena

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Huawei

Jakarta, Unbox.id — Huawei telah meluncurkan seri Pura 70 sebagai penerus Kirin 9000s. Chip baru ini telah teruji dengan benchmark dan beban kerja di...

Tech Industry

Unbox.id – Qualcomm telah mengumumkan model terbaru dalam lini Snapdragon X Series untuk laptop. Kali ini perusahaan meluncurkan Snapdragon X Plus. Menurut Qualcomm, Snapdragon...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft dikenal bermitra dengan Meta untuk memperkenalkan headset VR. Namun sepertinya headset VR ini tidak sepenuhnya merupakan hasil langsung dari kolaborasi kedua...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft Research Asia baru saja meluncurkan alat AI eksperimental baru yang disebut VASA-1. AI ini dapat memodifikasi gambar seseorang serta file audio...