Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Siri Bakal Semakin Pintar dengan AI Generatif

Siri AI Generatif_1a
Siri AI Generatif. (Sumber: Tech World)

Unbox.id – Apple baru-baru ini dikabarkan sedang melakukan negosiasi intens dengan OpenAI untuk menghadirkan teknologi kecerdasan buatan (AI) milik perusahaan tersebut ke iPhone. Menurut laporan New York Times, Apple juga akan menjalani perombakan besar-besaran pada asisten digitalnya, khususnya Siri.

Integrasikan Sistem AI

Siri AI Generatif_2b

Siri AI Generatif. (Sumber: Gadget Inside)

Diketahui, perusahaan yang bermarkas di Cupertino tersebut akan mengintegrasikan teknologi AI canggih – mirip ChatGPT – ke dalam Siri baru. Rumor ini bertepatan dengan pengumuman bahwa OpenAI sedang mengembangkan asisten suara pertamanya.

Jika benar, hal ini akan semakin menciptakan persaingan di bidang AI. Sumber anonim di Apple mengungkapkan bahwa para eksekutif terkesan dengan kemampuan ChatGPT. Kekaguman ini memotivasi mereka untuk mempercepat pengembangan Siri dan melengkapi asisten digital dengan AI yang mampu menciptakan hal serupa.

Jika terealisasi, peningkatan ini dapat meningkatkan kemampuan Siri secara signifikan. Tentunya pengguna dapat menggunakan Siri untuk berbagai tugas seperti ChatGPT dan Gemini.

Ya, Siri kemungkinan besar memiliki kemampuan untuk menghasilkan teks kreatif, menerjemahkan bahasa, atau menulis email hanya dengan menggunakan kata kunci. Selain itu, Siri juga dinilai lebih pintar, fleksibel, dan intuitif saat berinteraksi dengan pengguna iPhone.

Siri Belum Pernah Dapat Update Besar Sejak 2011

Bagi banyak pengguna iPhone, Siri memiliki keterbatasan dalam mempertahankan percakapan dan memahami konteks. Hal ini tentu saja sangat berbeda dengan AI, seperti ChatGPT dan Google Gemini.

Hal ini wajar saja, karena sejak diperkenalkan pada tahun 2011, Siri belum pernah mendapatkan update besar-besaran.

Informasi, mendesain ulang Siri adalah salah satunya. Inisiatif perusahaan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan AI. Hal itu semakin diperkuat saat Apple mengumumkan lini baru iPad awal pekan lalu.

Rencananya Apple akan mengungkap misteri kekuatan AI-nya di WWDC 2024 pada 10 Juni mendatang. Beberapa inovasi, termasuk Siri, akan diperkenalkan perusahaan pada acara tersebut.

Apple dan OpenAI Berkolaborasi Hadirkan Chatbot Canggih di iOS 18!

Rencana Apple untuk menghadirkan AI chatbot ChatGPT ke iPhone melalui pembaruan iOS 18 tampaknya menjadi kenyataan dengan bantuan OpenAI.

Benar, Apple dan OpenAI dikatakan sedang dalam diskusi hangat untuk mengintegrasikan teknologi AI chatbot ke dalam produk mereka. Informasi ini dikonfirmasi oleh laporan dari reporter Bloomberg Mark Gurman. “Apple sedang menyelesaikan kesepakatan dengan OpenAI,” Bloomberg melaporkan mengutip Engadget.

Mark Gurman berkata: “Apple dan OpenAI sedang membicarakan beberapa fitur AI umum, seperti chatbots, yang akan diperkenalkan dengan iOS 18 tahun ini. tahun.”

Sayangnya, karakteristik tersebut belum diketahui. Namun berdasarkan informasi yang beredar saat ini, beberapa aplikasi iOS akan terintegrasi dengan AI. Beberapa aplikasi tersebut antara lain Safari dan Message. Aplikasi default iOS mungkin hadir dengan fitur tersebut untuk meringkas konten di layar hanya dengan menggunakan kata kunci.

Baca juga: Sam Altman Bantah Rumor Peluncuran Mesin Pencari OpenAI

Siap Tandingi Gemini

Chat AI Gemini_1a

Chat AI Gemini. (Sumber: ZDNET)

Selain itu, perusahaan yang berbasis di Cupertino ini ingin merombak secara mendasar asisten virtualnya, khususnya Siri. Siri dikatakan akan tampil lebih pintar berkat teknologi AI ini.

Pada saat yang sama, OpenAI dikatakan sedang mengembangkan asisten digitalnya sendiri dan belum jelas apakah hal ini terkait dengan perkembangan Siri atau tidak.

Selain OpenAI, raksasa teknologi ini juga sedang berdiskusi dengan Google untuk menghadirkan fitur AI canggih Gemini ke iPhone. Sejauh ini, belum ada laporan lain mengenai kemitraan antara Apple dan Google ini. Tentunya akan ada informasi lebih lanjut mengenai rencana AI Apple pada 10 Juni di WWDC 2024.

Untuk berita-berita menarik lainnya, anda dapat pantengin Unbox.id untuk baca berita terbarunya dari kami!

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google telah merilis fitur baru untuk meningkatkan kemampuan chatbot AI miliknya, Gemini AI. Fitur tersebut diharapkan disebut Memori dan akan membantu Gemini...

Tech Industry

Unbox.id – Kecerdasan buatan (AI) dinilai telah menghantam pasar kerja global seperti tsunami. Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva mengatakan AI kemungkinan...

Software

Jakarta, Unbox.id — Samsung baru saja meluncurkan pembaruan OneUI 6.1 untuk seri Galaxy S21 di India, yang menambahkan fitur Galaxy AI ke ponselnya. Kini...

Tech Industry

Unbox.id – OpenAI akhirnya meluncurkan model baru GPT-4, khususnya GPT-4o, yang memiliki peningkatan besar dalam kecepatan dan pengenalan teks, gambar, dan audio. Dalam pengumuman...