Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Sekarang Bisa Jual Beli Produk Saat Streaming di Youtube

Fitur Baru YouTube_1a
Fitur Baru YouTube. (Sumber: Tech News Inside)

Unbox.id – YouTube baru saja meluncurkan fitur baru untuk mempermudah jual beli produk di aplikasinya. Fitur ini memungkinkan pembuat konten untuk menampilkan produk dalam videonya. Seperti yang dilaporkan ZDNet, pembuat konten kini dapat menambahkan stempel waktu produk ke video mereka. Dengan begitu, tombol beli akan muncul ketika barang sedang dibicarakan. YouTube mengungkapkan bahwa fitur baru ini dapat meningkatkan keterlibatan dengan produk yang diberi tag dan meningkatkan pendapatan bagi para pembuat konten. Saat menguji fitur ini pada September lalu, YouTube mengatakan video yang diberi tag waktu menghasilkan interaksi dua kali lebih banyak dibandingkan video tanpa stempel waktu.

Jual Beli Produk di Youtube

Fitur Baru YouTube_2b

Fitur Baru YouTube. (Sumber: YouTube Corp)

Bagaimana dengan para pembuat konten yang ingin menguji fitur baru ini:

  • Buka tab “Tag Products” di YouTube Studio.
  • Cari produk yang ingin dipromosikan, klik “Add timestamps” di pojok kanan atas.
  • Pilih kapan waktu promosi dimunculkan.

Dalam beberapa minggu mendatang, pembuat konten akan melihat tautan afiliasi mana yang menghasilkan pendapatan paling banyak. Untuk mengakses informasi ini, lakukan ini:

  • Buka tab “Analytics” di YouTube Studio.
  • Klik “Revenue”, lalu “Affiliate program” untuk menemukan metrik seperti pesanan, klik, dan tayangan.

Selain itu, YouTube memungkinkan pembuat konten menambahkan tautan afiliasi secara massal ke perpustakaan video berdasarkan produk yang ditambahkan dalam deskripsi. Dengan cara ini, mereka bisa memperoleh penghasilan dari konten lama yang masih dilihat.

Untuk memberi tag secara massal, buka “Belanja” di YouTube Studio dan klik video yang ingin Anda beri tag.

YouTube Minta Pengguna Nonaktifkan Adblock dan Aplikasi Sejenis

Sebelumnya, YouTube mulai menindak pengguna yang menggunakan ekstensi Adblock atau aplikasi serupa di platform berbagi video tersebut.

Beberapa YouTuber menggunakan Adblock, dan yang lainnya mendapati penayangan mereka terhenti pada awalnya, diikuti dengan pesan pop-up yang berbunyi: “Pemblokir iklan tidak diizinkan di YouTube.”

YouTube berpendapat bahwa pelarangan Adblock dan lainnya adalah untuk mendukung pembuat konten dan mereka dapat mendukungnya dengan berlangganan YouTube Premium.

“Jika Anda memblokir iklan YouTube, Anda melanggar persyaratan layanan YouTube. Jika Anda menggunakan pemblokir iklan, kami akan meminta Anda mengizinkan iklan di YouTube atau berlangganan YouTube Premium.” tulis YouTube di halaman bantuan.

“Jika Anda terus menggunakan pemblokir iklan, kami mungkin memblokir pemutaran video Anda,” kata YouTube. Dengan ini, pengguna tidak bisa menonton video. Bukan akun YouTube yang diblokir.

Namun, pengguna yang tidak ingin berlangganan YouTube Premium atau belum menonaktifkan pemblokiran iklan dapat mengklik ikon [X] di jendela kanan atas pop-up notifikasi.

Baca juga: Platform Digital Youtube Music Rilis Fitur Baru!

Pengguna Microsoft Edge Kena Blokir YouTube karena Menggunakan Mode Strict

Microsoft Edge_3c

Microsoft Edge. (Sumber: The Times of India)

Selain itu, belum lama ini, YouTube dilaporkan telah memblokir pengguna Microsoft Edge yang menggunakan pengaturan privasi online “Strict” pada browser mereka.

Di sini, pengaturan privasi online “Strict” pada peramban Edge tidak sama dengan menggunakan pemblokir iklan. Pengaturan ini pada dasarnya memblokir pelacak, yang membuat website tidak memiliki banyak informasi pengguna.

Hal ini mirip dari kampanye anti adblock Google yang memungkinkan YouTube mendeteksi pengguna yang menggunakan pemblokir iklan, dan menolak untuk menampilkan konten apapun kepada mereka.

Jadi, ketika Google gagal mendapatkan data pribadimu, YouTube tidak dapat menayangkan iklan yang ditargetkan oleh pengiklan. Oleh karena itu, pengguna browser Edge yang telah mengaktifkan fitur “Ketat” akan dianggap sebagai pengguna yang diblokir.

Namun sepertinya Google masih mengembangkan kemampuan ini. Pasalnya menurut laporan GizChina, beberapa pengguna masih bisa menonton video di YouTube meski mengaktifkan mode “Strict” di Edge mereka.

Jika Anda telah mengaktifkan pengaturan “Ketat” di Microsoft Edge dan Anda diblokir oleh YouTube, satu-satunya cara untuk membuka blokir adalah dengan menyesuaikan pengaturan. Anda dapat menggunakan mode “Seimbang” dan menikmati video YouTube lagi. Memang mode ini memberikan perlindungan privasi namun tidak memblokir pelacak.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Aplikasi YouTube Music di iOS mengalami masalah saat dibuka. Beberapa pengguna mengeluhkan bug yang menyebabkan aplikasi menampilkan layar hitam, sehingga pengguna tidak...

Tech Industry

Unbox.id – Layanan berbagi video YouTube kini lebih aktif memerangi AdBlocker. Salah satu cara untuk mencegah aktivitas pemblokiran iklan adalah dengan menyasar aplikasi pemblokir...

Apps & Games

Unbox.id – Pada Januari 2024, layanan YouTube Premium dan Musik memiliki lebih dari 100 juta pelanggan, termasuk uji coba gratis. Ini mewakili peningkatan 20...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Jika Anda membuat video YouTube, Anda pasti tahu betapa sulitnya mengomentari komentar, namun fitur baru ini membuat pengelolaan komentar tersebut jauh...